5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPL

David Raya terbaru

Arsenal masih bersaing memperebutkan gelar juara English Premier League (EPL) 2023/2024. Namun, salah satu pemain mereka sudah memastikan gelar individu. Ia adalah David Raya, penjaga gawang utama Arsenal. Raya sudah dipastikan menjadi peraih Golden Glove alias kiper dengan clean sheet terbanyak di EPL musim ini.

Kepastian itu didapat pada pekan ke-36 EPL 2023/2024. Raya pun meraih gelar pertamanya bersama Arsenal. Pria asal Spanyol itu menjadi kiper Arsenal kelima yang pernah membuat clean sheet terbanyak dalam 1 musim EPL.

Inilah kelima kiper Arsenal yang membuat clean sheet terbanyak dalam 1 musim EPL.

1. David Seaman membuat clean sheet terbanyak di EPL 1993/1994 dan 1998/1999

5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLDavid Seaman (arsenal.com)

David Seaman adalah salah satu kiper terbaik yang pernah membela Arsenal. Seaman berseragam The Gunners pada 1990–2003 dan selalu menjadi andalan di bawah mistar. Performa apik Seaman pun menghasilkan 12 trofi bagi Arsenal. Itu termasuk 3 gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris dan 1 Piala Winners. Trofi Piala Winners menjadi satu-satunya trofi Eropa The Gunners hingga dewasa ini.

Seaman juga punya prestasi individu selama membela Arsenal. Salah satunya adalah membuat clean sheet terbanyak di EPL 1993/1994 dan 1998/1999. Ia mencatat masing-masing 19 clean sheet dalam kedua musim tersebut. Hingga kini, belum ada kiper Arsenal yang mampu membuat lebih banyak clean sheet dalam 1 musim EPL.

2. Jens Lehmann membuat clean sheet terbanyak saat Arsenal juara EPL 2003/2004 tanpa terkalahkan

5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLJens Lehmann (premierleague.com)

Setelah ditinggal David Seaman pada 2003, Arsenal mendatangkan Jens Lehmann sebagai pengganti. Ternyata, Lehmann tak butuh waktu lama untuk bersinar bersama The Gunners. Kiper asal Jerman itu langsung membuat clean sheet terbanyak di EPL 2003/2004. Catatannya adalah 15 clean sheet, setara dengan Edwin van der Sar yang membela Fulham.

Istimewanya, kiprah Lehmann pada musim tersebut juga berbuah gelar juara EPL. Arsenal bahkan juara tanpa terkalahkan hingga dianugerahi trofi emas EPL. Lehmann sendiri terus membela Arsenal hingga 2008. Secara total, ia tampil 148 kali di EPL dan membuat 54 clean sheet.

Baca Juga: Mikel Arteta Yakin Arsenal Bisa Jadi Juara Premier League 2023/2024 

3. Wojciech Szczesny bersanding dengan Petr Cech di puncak daftar clean sheet EPL 2013/2014

5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLWojciech Szczesny (twitter.com/Arsenal)

Berikutnya, ada Wojciech Szczesny, kiper asal Polandia jebolan akademi Arsenal. Szczesny pertama kali masuk tim senior The Gunners pada 2009. Selang 2 tahun kemudian, Szczesny mulai dipercaya sebagai kiper andalan. Ia pun membayarnya dengan penampilan apik di bawah mistar.

Puncak prestasi Szczesny bersama Arsenal terjadi pada 2013/2014. Szczesny berhasil meraih Golden Glove EPL musim tersebut. Catatannya adalah 15 clean sheet, sejajar dengan kiper Chelsea, Petr Cech. Pada musim yang sama, Szczesny juga sukses membawa Arsenal juara Piala FA.

4. Petr Cech membuat clean sheet terbanyak di EPL pada musim debutnya membela Arsenal

5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLPetr Cech (arsenal.com)

Petr Cech juga pernah meraih Golden Glove EPL bersama Arsenal. Cech memang lebih dikenal saat berseragam Chelsea setelah kiprahnya selama 11 tahun di sana. Namun, ia justru mengakhiri kariernya di Arsenal. Kiper asal Republik Ceko itu hijrah dari Chelsea ke Arsenal pada 2015.

Pada musim debutnya bersama Arsenal, Cech ternyata langsung gacor. Ia mengakhiri musim 2015/2016 dengan catatan 16 clean sheet. Cech menambah koleksi Golden Glove miliknya menjadi empat buah, rekor terbanyak di EPL. Cech juga menjadi satu-satunya kiper yang meraih Golden Glove EPL bersama dua klub berbeda.

5. David Raya sudah memastikan raihan Golden Glove EPL 2023/2024

5 Kiper Arsenal yang Membuat Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPLDavid Raya (instagram.com/d.raya1)

David Raya menjadi kiper Arsenal terbaru yang memenangi Golden Glove Premier League. Hingga pekan ke-36 EPL 2023/2024, Raya telah mengoleksi 15 clean sheet. Jumlah itu tak akan terkejar kiper lain dalam 2 pekan tersisa. Pesaing terdekat Raya, Jordan Pickford, sejauh ini baru mengoleksi 12 clean sheet.

Capaian Raya menjadi istimewa karena diraih pada musim debutnya membela Arsenal. Sudah begitu, Raya sebenarnya hanya berstatus pinjaman dari Brentford. Ia berhasil merebut status kiper utama dari Aaron Ramsdale dan tampil cukup konsisten. Sukses Arsenal bersaing menjadi juara Premier League musim ini pun tak lepas dari peran Raya.

David Raya telah sah menjadi peraih Golden Glove EPL 2023/2024. Namun, incaran utama Raya dan rekan-rekannya tentu gelar juara. Akankah upaya Arsenal menjuarai Premier League musim ini membuahkan hasil?

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang Utama Terakhir Arsenal, David Raya Berikutnya?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya