Kiprah 3 Tim Italia pada Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024, Impresif?

Lazio meraih kemenangan mengejutkan

Klub Serie A Italia sudah lama tidak berjaya di UEFA Champions League (UCL). Wakil Italia terakhir yang sukses menjuarai UCL adalah Inter Milan pada 2009/2010. Sejak itu, trofi kompetisi yang juga disebut Liga Champions Eropa itu bergantian dimenangi klub-klub Spanyol, Inggris, dan Jerman.

Namun, klub-klub Italia mulai menunjukkan kebangkitan di UCL. Pada 2022/2023 lalu, ada tiga tim Italia yang sukses mencapai babak perempat final. Salah satunya, Inter Milan, bahkan terus melaju hingga ke final meski gagal juara.

Musim ini, para wakil Italia berupaya mengulang capaian tersebut. Sebanyak 3 dari 4 klub Italia di UCL 2023/2024 berhasil lolos dari fase grup. Ketiganya juga telah berlaga pada leg pertama babak 16 besar. Apakah hasil yang mereka raih cukup menjadi modal berharga demi menyongsong laga kedua?

1. Lazio membuat kejutan dengan mengalahkan Bayern Munich

Kiprah 3 Tim Italia pada Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024, Impresif?Lazio melawan Bayern Munich pada leg pertama babak 16 besar UCL 2023/2024. (sslazio.it)

Pertama, ada Lazio yang kebagian lawan berat, Bayern Munich. Di atas kertas, Bayern Munich bukanlah lawan sepadan bagi Lazio. Biancocelesti pernah merasakan sendiri kekuatan Bayern Munich pada babak 16 besar UCL 2020/2021. Saat itu, Lazio kalah pada laga kandang maupun tandang dengan skor 1-4 dan 1-2.

Tak heran jika Bayern Munich kembali dijagokan bisa mengatasi Lazio pada babak 16 besar UCL 2023/2024. Meski leg pertama digelar di markas Lazio, Die Roten tetap di atas angin. Benar saja, Bayern Munich tampil lebih dominan. Namun, Lazio mampu bertahan dengan baik. Mereka bahkan sukses membuat kejutan dengan mencuri gol pada menit ke-69.

Gol tersebut berawal dari pelanggaran keras di kotak penalti Bayern Munich oleh Dayot Upamecano. Wasit pun segera menunjuk titik putih sekaligus mengusir Upamecano dari lapangan. Hadiah penalti bagi Lazio lalu dieksekusi dengan baik oleh Ciro Immobile. Hingga akhir laga, skor 1-0 tetap bertahan dan menghasilkan kemenangan mengejutkan bagi Lazio di Liga Champions.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik pada Leg Pertama 16 Besar Liga Champions 2023/2024

2. Inter Milan menang tipis saat menjamu Atletico Madrid

Kiprah 3 Tim Italia pada Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024, Impresif?Inter Milan melawan Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar UCL 2023/2024. (inter.it)

Inter Milan juga sukses meraih kemenangan pada leg pertama babak 16 besar UCL 2023/2024. Menjamu Atletico Madrid di San Siro, Inter Milan menang 1-0. Kemenangan itu tidak diraih dengan mudah. Nerazzurri memang dominan menguasai bola dan menyerang. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan rapat khas Atletico Madrid.

Satu-satunya gol Inter Milan baru tercipta pada menit ke-79. Pencetaknya adalah Marko Arnautovic, striker Nerazzurri yang turun sebagai pemain pengganti. Arnautovic memanfaatkan bola muntah sepakan Lautaro Martinez yang ditepis Jan Oblak. Bola sempat berusaha dipotong bek Atletico Madrid, tetapi tetap mental ke dalam gawang.

Meski menang, posisi Inter Milan tentu belum aman. Mereka bakal mendapat ujian sesungguhnya di markas Atletico Madrid pada pertemuan kedua. Pasalnya, rekor kandang Atletico Madrid musim ini terbilang impresif. Namun, Inter Milan juga punya peluang karena tak kalah alot saat bermain di markas lawan.

3. Napoli terhindar dari kekalahan melawan Barcelona

Kiprah 3 Tim Italia pada Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024, Impresif?Napoli melawan Barcelona pada leg pertama babak 16 besar UCL 2023/2024. (fcbarcelona.com)

Satu lagi klub Italia yang mencapai fase knockout UCL 2023/2024 adalah Napoli. Seperti Lazio dan Inter Milan, Napoli juga melakoni leg pertama babak 16 besar di kandang sendiri. Penantangnya bukanlah tim sembarangan, Barcelona. Hasilnya, Napoli dibuat kesulitan mengembangkan permainan meski menjadi tuan rumah.

Setelah berkali-kali tertekan, Napoli akhirnya tertinggal pada menit ke-60. Robert Lewandowski menuntaskan serangan Barcelona dengan sepakan akurat dari dalam kotak penalti. Usai ketinggalan, Napoli mulai lebih berani memegang kendali. Upaya mereka akhirnya membuahkan gol penyeimbang yang dicetak Victor Osimhen pada menit ke-75.

Meski terhindar dari kekalahan, hasil imbang sebenarnya menipiskan peluang Napoli melaju ke babak berikutnya. Sudah genap lima pertandingan melawan Barcelona dilalui Napoli tanpa pernah menang. Mereka juga harus bermain di markas Blaugrana pada pertemuan kedua. Bisa dibilang, Napoli butuh keajaiban untuk meraih hasil positif dan lolos ke perempat final Liga Champions.

Ketiga wakil Serie A Italia tidak terkalahkan pada leg pertama babak 16 besar UCL 2023/2024. Namun, mereka masih harus bekerja keras pada laga kedua nanti. Klub mana saja di antara ketiganya yang akan melaju ke perempat final?

Baca Juga: 5 Pemain Gaek yang Mencetak Gol di Leg Pertama 16 Besar UCL 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya