5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry City

Mereka sukses membuat kejutan

Piala FA 2023/2024 sudah memasuki babak semifinal. Dari empat tim tersisa, Coventry City terbilang paling menarik perhatian. Pasalnya, Coventry City hanyalah penghuni EFL Championship alias divisi kedua Liga Inggris. Kelolosan klub berjuluk The Sky Blues itu ke babak empat besar pun menjadi sebuah kejutan.

Coventry City sendiri bukanlah klub pertama yang muncul sebagai kuda hitam di Piala FA. Turnamen sepak bola tertua di dunia itu memang dikenal kerap menyajikan banyak kejutan. Termasuk Coventry City, lima klub Championship berikut ini sempat menembus semifinal Piala FA dalam beberapa musim terakhir.

1. Millwall takluk dari Wigan Athletic yang akhirnya jadi juara Piala FA 2012/2013

5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry CityMillwall melawan Wigan Athletic di semifinal Piala FA 2012/2013. (youtube.com/thefacup)

Pertama, ada Millwall FC, klub yang sempat menjadi finalis Piala FA 2003/2004. Klub berlambang singa itu kemudian membuat kejutan lagi di Piala FA 2012/2013. Millwall sukses menapak semifinal usai menyingkirkan empat tim lain. Salah satunya adalah Aston Villa yang bermain di English Premier League (EPL).

Sayangnya, upaya Millwall mencapai final Piala FA untuk kedua kali tak membuahkan hasil. Mereka gugur setelah takluk 0-2 dari Wigan Athletic. Wigan sendiri akhirnya keluar sebagai juara usai mengalahkan Manchester City di final. Sementara itu, capaian terbaik Millwall di Piala FA sejak itu adalah dua kali mencapai perempat final.

2. Wigan Athletic menembus semifinal Piala FA 2013/2014 dengan status juara bertahan

5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry CityWigan Athletic melawan Arsenal di semifinal Piala FA 2013/2014. (twitter.com/Arsenal)

Wigan Athletic berhasil membuat sejarah dengan menjuarai Piala FA 2012/2013. Itu adalah trofi mayor pertama yang pernah diraih klub berjuluk The Latics itu. Namun, pada musim yang sama, Wigan justru terdegradasi dari EPL. Alhasil, mereka harus bermain di Championship pada 2013/2014.

Menariknya, Wigan kembali tampil impresif di Piala FA 2013/2014. The Latics sukses menembus babak semifinal untuk kedua kali secara beruntun. Wigan bahkan sempat nyaris mencapai partai puncak lagi. Menghadapi Arsenal di semifinal, Wigan mampu menahan The Gunners hingga adu penalti.

Sayangnya, dua eksekutor penalti Wigan gagal menunaikan tugasnya. Mereka pun kalah 2-4, sedangkan Arsenal melaju ke final dan akhirnya jadi juara. Wigan sendiri tak pernah meraih prestasi berarti lagi sejak saat itu. Pada 2023/2024 ini, mereka hanya bermain di divisi ketiga.

Baca Juga: Kemenangan Dramatis Coventry City Teruskan Tradisi Magis Piala FA

3. Reading kalah dari Arsenal via perpanjangan waktu di semifinal Piala FA 2014/2015

5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry CityReading melawan Arsenal di semifinal Piala FA 2014/2015. (readingfc.co.uk)

Nasib yang mirip Wigan Athletic dialami Reading di semifinal Piala FA 2014/2015. Reading yang saat itu menghuni Championship juga bersua Arsenal di fase tersebut. Hasilnya, Reading pun sempat menyulitkan The Gunners, tetapi akhirnya keok juga. Mereka kalah 1-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Meski gagal ke final, capaian Reading saat itu tetap menjadi yang terbaik bagi mereka di Piala FA. Hingga kini, mereka tak pernah lagi melangkah sejauh itu. Seperti Wigan, Reading pun hanya bermain di divisi ketiga Liga Inggris pada 2023/2024.

4. Sheffield United tak mampu melewati Manchester City di semifinal Piala FA 2022/2023

5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry CitySheffield United melawan Manchester City di semifinal Piala FA 2022/2023. (mancity.com)

Penampilan klub Championship di semifinal Piala FA pun baru terjadi pada 2022/2023 lalu. Sheffield United yang saat itu masih bermain di Championship sukses melaju ke empat besar. Langkah The Blades pun terbilang cukup apik. Mereka sempat menyingkirkan Tottenham Hotspur pada putaran kelima.

Sayangnya, Sheffield United harus bertemu lawan super berat di semifinal, yaitu Manchester City. Kalah kualitas, Sheffield pun tak bisa berbuat banyak hingga terbantai 0-3. Beruntung, The Blades tetap mengakhiri 2022/2023 dengan sukacita berkat tiket promosi ke EPL.

5. Coventry City mencapai semifinal Piala FA untuk pertama kalinya sejak 1987

5 Klub Championship Terakhir di Semifinal Piala FA, Ada Coventry CityPara pemain Coventry City merayakan gol di perempat final Piala FA 2023/2024. (twitter.com/EmiratesFACup)

Coventry City menjadi klub Championship terbaru yang masuk daftar ini. The Sky Blues telah mencapai semifinal Piala FA 2023/2024 dan akan berhadapan dengan Manchester United. Itu akan menjadi penampilan pertama Coventry City di semifinal Piala FA sejak 1987.

Di atas kertas, kans Coventry City untuk mencapai final terbilang kecil. Kualitas skuad dan mental juara The Sky Blues jelas kalah dari Manchester United. Apalagi jika berkaca pada nasib empat klub di atas, yang semuanya terhenti di semifinal.

Meski demikian, ambisi mengulang sejarah tahun 1987 bisa memantik semangat Coventry City. Saat itu, The Sky Blues tak sekadar tampil di semifinal. Mereka juga berhasil melaju ke final, bahkan akhirnya jadi juara. Bukan mustahil, Piala FA 2023/2024 bakal diwarnai kejutan luar biasa yang diciptakan Coventry City.

Coventry City sudah meraih prestasi hebat dengan mencapai semifinal Piala FA 2023/2024. Prestasi itu bakal makin sempurna jika mereka mampu melaju ke final, apalagi juara. Mampukah Coventry City membuat keajaiban?

Baca Juga: 4 Alasan MU Tak Boleh Remehkan Coventry City pada Semifinal FA Cup

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya