5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024

Mereka sukses memanfaatkan durasi panjang injury time

Pada musim 2023/2024, English Premier League (EPL) menerapkan aturan baru soal injury time. Durasi injury time yang ditetapkan wasit pada akhir pertandingan bisa jauh lebih panjang. Tak jarang sebuah laga diberikan tambahan 10 menit atau bahkan lebih setelah genap 90 menit.

Sejauh ini, perubahan tersebut terbukti cukup berpengaruh terhadap dinamika pertandingan. Kini, ada lebih banyak aksi yang bisa terjadi pada injury time laga-laga EPL. Hal itu khususnya menguntungkan bagi tim yang sedang butuh mencetak gol pada menit-menit akhir.

Beberapa tim bahkan sudah berhasil memaksimalkan keuntungan tersebut. Mereka mencetak dua gol pada injury time babak kedua hingga memenangi laga. Inilah lima klub yang sudah melakukannya di EPL 2023/2024.

1. Arsenal kalahkan Manchester United berkat dua gol pada injury time

5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024Arsenal merayakan gol ke gawang Manchester United pada pekan keempat EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Pertama, ada Arsenal yang tampil apik di EPL 2023/2024 sejak awal musim. Salah satu aksi ciamik dipertontonkan The Gunners pada pekan keempat. Saat itu Arsenal sukses menundukkan Manchester United dengan skor 3-1 setelah tertinggal lebih dulu.

Laga itu sendiri berjalan sengit hingga pengujung laga. Arsenal lebih dominan, tetapi Manchester United juga kerap mengancam. Memasuki injury time babak kedua, skor masih imbang 1-1. Namun, Arsenal akhirnya menang berkat gol-gol Declan Rice dan Gabriel Jesus.

Gol Rice hadir pada menit ke-96, sedangkan aksi Jesus terjadi saat tambahan waktu memasuki menit ke-11. Gol Jesus itu pun menjadi salah satu gol paling telat di EPL 2023/2024 sejauh ini.

2. Aston Villa cetak tiga gol kemenangan pada pengujung laga kontra Crystal Palace

5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024Aston Villa merayakan gol ke gawang Crystal Palace pada pekan kelima EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Aston Villa juga sudah berhasil memaksimalkan durasi panjang injury time di EPL musim ini. Pada pekan kelima melawan Cystal Palace, The Villans menang 3-1 atas Crystal Palace. Sempat tertinggal sejak menit ke-47, Aston Villa membombardir pertahanan lawan demi menghindari kekalahan.

Setelah berkali-kali gagal, usaha Aston Villa akhirnya membuahkan hasil pada pengujung laga. John Duran sukses mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-87. Aston Villa pun dapat momentum untuk terus menekan.

Hasilnya, mereka mencetak dua gol tambahan pada injury time. Douglas Luiz sukses memanfaatkan hadiah penalti pada menit ke-98. Selang 3 menit kemudian, Leon Bailey mencetak gol ketiga yang mengunci kemenangan Aston Villa.

Baca Juga: Wolves Curi Poin Penuh Atas Tottenham

3. Tottenham Hotspur bukukan comeback dramatis atas Sheffield United

5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024Tottenham Hotspur merayakan gol ke gawang Sheffield United pada pekan kelima EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Masih di pekan kelima, Tottenham Hotspur juga meraih tiga poin berkat dua gol telat. Kemenangan Tottenham bahkan terbilang lebih dramatis. Saat itu, mereka masih tertinggal 0-1 dari Sheffield United ketika laga memasuki injury time babak kedua.

Tottenham bahkan harus menunggu hingga menit ke-98 untuk mencetak gol penyama kedudukan. Pembuatnya adalah Richarlison yang tampil sebagai pemain pengganti. Dejan Kulusevski lalu menyempurnakan comeback Tottenham sekaligus membuat skor akhir jadi 2-1.

4. Manchester United kalahkan Brentford berkat brace Scott McTominay

5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024Manchester United merayakan gol ke gawang Brentford pada pekan kedelapan EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Klub yang membukukan comeback dramatis pada injury time di EPL musim ini bukan hanya Tottenham. Manchester United pun sempat melakukannya pada pekan kedelapan. Menjamu Brentford, Setan Merah menang 2-1 berkat brace Scott McTominay pada injury time babak kedua.

Padahal, McTominay baru turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-87. Namun, ia langsung jadi pahlawan berkat golnya pada menit 93 dan 97. Aksi heroik McTominay ternyata sukses memperbaiki nasibnya musim ini. Ia selalu jadi starter dalam empat laga terbaru Manchester United di EPL.

5. Wolves hukum kelengahan Tottenham Hotspur pada injury time

5 Klub yang Menang Berkat 2 Gol pada Injury Time di EPL 2023/2024Wolves merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan ke-12 EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Tottenham Hotspur sempat memanfaatkan keuntungan durasi panjang injury time di EPL 2023/2024. Namun, mereka ternyata juga pernah dirugikan gara-gara itu. Peristiwanya terjadi pada pekan ke-12 saat Tottenham dijamu Wolverhampton Wanderers alias Wolves.

Tottenham unggul lebih dulu pada laga tersebut sejak menit ketiga. Wolves kesulitan membalas karena pertahanan Tottenham cukup solid sepanjang laga. Namun, pada injury time babak kedua, pertahanan The Lilywhites justru lengah.

Umpan-umpan terobosan para pemain Wolves gagal diantisipasi lini belakang Tottenham. Alhasil, Pablo Sarabia dan Mario Lemina bisa menusuk ke kotak penalti dan mencetak gol. Wolves pun menang 2-1 sekaligus memberi kekalahan kedua beruntun bagi Tottenham.

Lima klub di atas meraih kemenangan dramatis berkat durasi injury time yang lebih panjang di EPL 2023/2024. Hasil-hasil serupa bisa terus terjadi pada lanjutan musim ini. Tentu, hal itu bakal jadi tontonan yang menarik bagi fans setia EPL!

Baca Juga: 6 Kapten Premier League yang Berposisi sebagai Gelandang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya