5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga Inggris

Termasuk Middlesbrough di Piala Liga 2023/2024

Piala Liga adalah kompetisi mayor domestik kelas tiga di Liga Inggris. Gengsinya masih kalah dari Piala FA, apalagi English Premier League (EPL). Piala Liga biasanya dipandang sebelah mata oleh klub-klub elite EPL. Namun, turnamen itu bisa jadi incaran klub-klub semenjana untuk mencoba meraih trofi mayor, termasuk penguni divisi bawah.

Tidak jarang, klub-klub divisi bawah Liga Inggris berhasil melaju cukup jauh di Piala Liga. Beberapa bahkan sukses mencapai babak semifinal alias tinggal selangkah lagi menuju partai puncak. Inilah lima klub non-EPL terakhir yang mencapai semifinal Piala Liga Inggris itu.

1. Sheffield United kalah tipis atas Tottenham Hotspur di semifinal Piala Liga Inggris 2014/2015

5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga InggrisSheffield United melawan Tottenham Hotspur di semifinal Piala Liga 2014/2015. (twitter.com/SpursOfficial)

Pertama, ada Sheffield United yang mencapai semifinal Piala Liga Inggris pada 2014/2015. Saat itu, The Blades sedang bermain di League One alias divisi ketiga Liga Inggris. Namun, mereka tampil cukup apik di Piala Liga. Sheffield United sempat menyingkirkan dua tim EPL untuk mencapai semifinal, yaitu West Ham United dan Southampton.

Sheffield United pun sempat menyulitkan Tottenham Hotspur yang menjadi lawan mereka di semifinal. The Blades hanya kalah 0-1 saat bertandang ke markas Tottenham pada leg pertama. Kedua tim lalu bermain imbang 2-2 pada pertemuan kedua. Sheffield United pun tersingkir karena kalah tipis dengan agregat 2-3.

2. Bristol City mencapai semifinal Piala Liga Inggris 2017/2018 usai menyingkirkan empat klub EPL

5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga InggrisBristol City melawan Manchester City di semifinal Piala Liga 2017/2018. (twitter.com/BristolCity)

Berikutnya, ada Bristol City yang tampil luar biasa di Piala Liga Inggris 2017/2018. Saat itu, klub penghuni divisi kedua tersebut melaju ke semifinal dengan menyingkirkan empat tim EPL. Keempatnya adalah Watford, Stoke City, Crystal Palace, dan Manchester United yang berstatus juara bertahan.

Sayangnya, laju Bristol City akhirnya terhenti di tangan Manchester City. Padahal, Bristol City sempat menyulitkan The Citizens. Mereka hanya kalah tipis dalam dua laga dengan skor 1-2 dan 2-3. Bristol City pun gugur dengan agregat 3-5. Sementara, Manchester City sendiri akhirnya menjadi juara usai menundukkan Arsenal di final.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif AS Monaco yang Pernah Mentas di EPL, Kehrer Terbaru!

3. Burton Albion masuk semifinal Piala Liga Inggris 2018/2019, tetapi terbantai Manchester City

5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga InggrisBurton Albion melawan Manchester City di semifinal Piala Liga 2018/2019. (twitter.com/burtonalbionfc)

Pada 2018/2019, Piala Liga Inggris juga diwarnai kejutan. Burton Albion yang saat itu bermain di divisi ketiga sukses mencapai semifinal. Namun, mereka akhirnya hanya jadi bulan-bulanan pada fase tersebut. Bertemu Manchester City, Burton Albion terbantai dengan agregat 0-10.

Pada leg pertama, Burton Albion yang bermain di kandang Manchester City kalah telak 0-9. Laga kedua berjalan cukup berimbang, tetapi Burton Albion tetap keok 0-1. Trofi Piala Liga musim tersebut akhirnya lagi-lagi jadi milik Manchester City yang mengalahkan Chelsea di final.

4. Brentford promosi ke EPL dan mencapai semifinal Piala Liga Inggris pada 2020/2021

5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga InggrisBrentford melawan Tottenham Hotspur di semifinal Piala Liga 2020/2021. (twitter.com/BrentfordFC)

Brentford juga sempat lolos ke semifinal Piala Liga Inggris saat masih bermain di divisi kedua. Itu terjadi pada 2020/2021. Dalam perjalanannya, Brentford sempat mengalahkan empat klub EPL. Mereka adalah Southampton, West Bromwich Albion, Fulham, dan Newcastle United.

Babak semifinal Piala Liga 2020/2021 hanya terdiri dari satu laga demi mengantisipasi COVID-19. Brentford yang bertemu dengan Tottenham Hotspur akhirnya tersingkir usai kalah dengan skor 0-2. Namun, Brentford tetap mengakhiri musim tersebut dengan sukacita. Sebab, The Bees mampu meraih tiket promosi ke EPL untuk pertama kalinya.

5. Middlesbrough bakal menghadapi Chelsea di semifinal Piala Liga Inggris 2023/2024

5 Klub Non-EPL Terakhir yang Mencapai Semifinal Piala Liga InggrisPara pemain Middlesbrough merayakan gol di perempat final Piala Liga 2023/2024. (mfc.co.uk)

Middlesbrough adalah klub non-EPL terbaru yang mencapai semifinal Piala Liga Inggris. The Boro sukses melakukannya pada 2023/2024 ini. Anak asuh Manajer Michael Carrick mencapai semifinal usai menyingkirkan lima tim lain. Namun, tidak satu pun dari kelima tim tersebut bermain di EPL.

Middlesbrough akan bertemu dengan tim EPL di semifinal, yaitu Chelsea. Di atas kertas, Chelsea tentu lebih diunggulkan. Selain sarat pemain berkualitas, The Blues juga sempat melewati dua tim EPL untuk mencapai semifinal.

Chelsea diprediksi bakal ngotot menjuarai Piala Liga 2023/2024. Pasalnya, itu adalah trofi yang paling mungkin dimenangi The Blues musim ini. Namun, Middlesbrough tentu tetap punya peluang. The Boro bisa memanfaatkan performa Chelsea yang kerap naik-turun musim ini untuk membuat kejutan. 

Babak semifinal Piala Liga Inggris 2023/2024 antara Middlesbrough dan Chelsea bakal digelar pada 9 dan 23 Januari 2024. Tim pemenang akan melaju ke final dan berhadapan dengan Liverpool atau Fulham. Menarik ditunggu apakah kejutan Middlesbrough di Piala Liga musim ini akan berlanjut atau tidak.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif Eintracht Frankfurt 2023/2024 yang Pernah Mewarnai EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya