3 Klub Prancis di Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024

Masing-masing 1 klub di 3 kompetisi

Klub-klub Prancis memiliki reputasi yang kurang mentereng di kompetisi antarklub Eropa. Liga Champions Eropa hanya pernah satu kali dimenangi klub asal Prancis. Klub tersebut adalah Olympique Marseille, juara Liga Champions 1992/1993. Sementara, trofi Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa belum pernah menjadi milik wakil Prancis.

Pada 2023/2024, klub-klub Prancis masih berusaha memperbaiki rekor buruk itu. Awalnya, ada enam wakil Prancis yang ikut serta di tiga kompetisi Eropa musim ini. Namun, hanya tiga klub di antaranya yang masih bertahan hingga babak perempat final. Seperti apa peluang mereka untuk terus melaju dan menjadi juara?

1. PSG menatap kans terakhir juara Liga Champions sebelum ditinggal Kylian Mbappe

3 Klub Prancis di Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024Para pemain PSG merayakan gol pada babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. (instagram.com/psg)

Perempat final Liga Champions 2023/2024 hanya menyisakan satu wakil Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Kylian Mbappe dan kawan-kawan awalnya sempat tersendat pada fase grup. Beruntung, penampilan PSG lebih meyakinkan pada babak 16 besar. Mereka menyisihkan Real Sociedad usai memenangi laga kandang dan tandang.

Menghadapi perempat final, PSG bakal mendapat ujian lebih berat. Undian mempertemukan mereka dengan Barcelona, yang menyingkirkan Napoli pada babak 16 besar. PSG dan Barcelona sendiri sudah 13 kali saling berhadapan di kancah Eropa. Hasilnya, Barcelona memenangi 5 laga di antaranya, sedangkan PSG unggul 4 kali.

Kedua klub dipastikan akan ngotot demi mengejar target juara. Barcelona sudah hampir 1 dekade tidak mengangkat trofi Liga Champions. Sementara, PSG masih belum pernah juara. Les Parisiens memang berhasil mendominasi Ligue 1 Prancis sejak menjadi klub kaya. Namun, capaian terbaik mereka di Liga Champions sejauh ini hanya menjadi runner-up.

Faktor Kylian Mbappe juga membuat target juara Liga Champions 2023/2024 mendesak bagi PSG. Kemungkinan besar, Mbappe akhirnya akan hengkang pada musim panas 2024. Maka, ini bisa jadi kans terakhir PSG untuk juara sebelum ditinggal sang bintang. Plus, trofi Liga Champions bisa jadi membuat Mbappe berpikir ulang untuk pergi dari PSG.

Baca Juga: 3 Kemenangan Atletico Madrid melalui Adu Penalti di Liga Champions

2. Olympique Marseille mencapai perempat final Liga Europa usai menyingkirkan Villarreal

3 Klub Prancis di Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024Para pemain Olympique Marseille merayakan gol di babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. (instagram.com/olympiquedemarseille)

Liga Europa 2023/2024 sempat diikuti empat klub Prancis. Namun, tiga di antaranya sudah tersingkir pada babak playoff sebelum babak 16 besar. Satu-satunya yang masih tersisa adalah Olympique Marseille. Marseille sudah meraih tiket perempat final usai menyingkirkan Shakhtar Donetsk dan Villarreal.

Langkah Marseille menyisihkan Villarreal pada babak 16 besar sendiri terbilang dramatis. Menang 4-0 pada laga pertama, Marseille sempat terancam terkena comeback. Villarreal berbalas unggul 3-0 hingga menit-menit akhir laga kedua. Beruntung, Marseille mampu mencetak gol pada menit ke-95 demi mengunci satu slot di perempat final.

Pada babak perempat final, Marseille akan berjumpa dengan Benfica. Kebetulan, keduanya disebut sebagai klub paling sial di Piala UEFA atau Liga Europa. Marseille dan Benfica sama-sama pernah tiga kali mencapai final, tetapi selalu gagal juara. Sama-sama berambisi memutus rekor buruk, duel kedua klub berpotensi sengit.

3. LOSC Lille belum terkalahkan di Liga Konferensi Eropa 2023/2024

3 Klub Prancis di Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024Para pemain LOSC Lille merayakan gol di babak 16 besar Liga Konferensi Eropa 2023/2024. (losc.fr)

Ada pula satu klub Prancis yang masih bertahan di Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Mereka adalah LOSC Lille, yang musim ini tampil cukup apik. Lille sedang bersaing di empat besar klasemen sementara Ligue 1 Prancis. Klub berjuluk Les Dogues itu juga sudah mencapai perempat final Liga Konferensi musim ini tanpa terkalahkan.

Pada babak 16 besar, Lille melewati adangan Sturm Graz dengan skor agregat 4-1. Namun, tantangan lebih berat bakal hadir saat bertemu Aston Villa pada babak perempat final. The Villans sukses menunjukkan kualitas luar biasa sepanjang 2023/2024. Lille butuh kerja keras plus keberuntungan untuk melewati Aston Villa dan menapak semifinal.

Sudah lama tidak ada klub Prancis yang menjuarai kompetisi Eropa. Tiga klub di atas punya kans untuk melakukannya pada 2023/2024. Namun, peluang mereka terbilang cukup minim. Mungkinkah salah satu dari mereka membuat kejutan dan keluar sebagai juara?

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Termuda Liverpool di Liga Europa, Clark Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya