3 Klub Terakhir yang Mencetak 5 Gol ke Gawang Barcelona, Langka!

Villarreal menjadi yang terbaru

Barcelona mengawali 2024 dengan buruk. Mereka terjungkal 3 kali dalam 8 laga yang sudah dijalani sejak pergantian tahun. Dua kekalahan di antaranya bahkan fatal karena terjadi di Copa del Rey dan Piala Super Spanyol. Alhasil, kans Blaugrana untuk meraih trofi di kedua ajang tersebut pupus.

Sementara, kekalahan terbaru Barcelona diderita di LaLiga Spanyol 2023/2024. Menjamu Villarreal pada pekan ke-22, anak asuh Xavi Hernandez keok 3-5. Hasil itu juga ternyata memiliki dampak serius. Tak lama setelahnya, Xavi Hernandez mengumumkan bakal turun dari jabatan pelatih Barcelona pada akhir musim ini.

Selain itu, kekalahan dari Villarreal mempertegas bahwa pertahanan Barcelona sedang rapuh. Mereka sudah kebobolan 18 kali dalam 8 pertandingan pada 2024. Bahkan, gawang Blaugrana akhirnya kembali jebol 5 kali dalam 1 laga setelah sekian lama.

Inilah tiga klub terakhir yang mencetak lima gol ke gawang Barcelona.

1. Levante membuat kejutan dengan mengalahkan Barcelona 5-4 di LaLiga 2017/2018

3 Klub Terakhir yang Mencetak 5 Gol ke Gawang Barcelona, Langka!Levante melawan Barcelona pada pekan ke-37 LaLiga 2017/2018. (twitter.com/LevanteUD)

Pada 2017/2018, Barcelona hanya kalah 1 kali dalam 38 partai LaLiga Spanyol. Namun, kekalahan itu terbilang amat disayangkan. Blaugrana sebenarnya sempat hampir mengakhiri musim tersebut tanpa terkalahkan di liga. Namun, secara mengejutkan, mereka bertekuk lutut pada pekan ke-37 di hadapan Levante yang berstatus klub promosi.

Barcelona tetap menurunkan sejumlah pemain inti pada laga tersebut meski sudah memastikan juara. Namun, para pemain tak mampu mencegah Levante menang dengan skor 5-4. Emmanuel Boateng menjadi bintang Levante sekaligus momok Barcelona dengan torehan hattrick. Enis Bardhi pun bersinar dengan dua golnya ke gawang Blaugrana.

Levante pun menjadi satu-satunya klub yang mampu mengalahkan Barcelona di LaLiga 2017/2018. Selain itu, kemenangan Levante juga turut memastikan mereka bertahan di LaLiga. Sempat terancam degradasi, Levante finis di peringkat 15 klasemen akhir.

Baca Juga: 4 Kekalahan Terbesar Barcelona Era Xavi Hernandez, Dibantai sang Rival

2. Bayern Munich membantai Barcelona 8-2 di perempat final Liga Champions 2019/2020

3 Klub Terakhir yang Mencetak 5 Gol ke Gawang Barcelona, Langka!Bayern Munich melawan Barcelona di Liga Champions 2019/2020. (fcbayern.com)

Pada 2019/2020, Barcelona kembali merasakan kebobolan minimal 5 kali dalam 1 laga. Saat itu gawang mereka harus robek delapan kali. Fans Barcelona pasti masih ingat momen buruk tersebut. Lakonnya adalah perempat final Liga Champions Eropa melawan Bayern Munich.

Karena pandemik COVID-19, laga tersebut hanya digelar satu kali di tempat netral tanpa penonton. Namun, Bayern Munich seolah tampil sebagai tuan rumah di hadapan ribuan pendukungnya. Die Roten mencetak delapan gol melalui aksi enam pemain berbeda. Sementara, Barcelona hanya mendapat dua gol hiburan yang tak banyak berarti.

Laga tersebut pun dimenangi Bayern Munich dengan skor absurd, 8-2. Hasil itu menjadi sempurna bagi Bayern Munich karena mereka terus melaju dan menjadi juara Liga Champions 2019/2020. Bahkan, mereka mengakhiri musim tersebut dengan raihan treble winners, plus tiga gelar tambahan.

3. Villarreal mampu menang 5-3 atas Barcelona meski sedang tampil buruk di LaLiga 2023/2024

3 Klub Terakhir yang Mencetak 5 Gol ke Gawang Barcelona, Langka!Barcelona melawan Villarreal pada pekan ke-22 LaLiga 2023/2024. (laliga.com)

Villarreal menjadi klub terbaru yang mampu membobol gawang Barcelona 5 kali dalam 1 laga. The Yellow Submarine bahkan sukses melakukannya dengan gaya. Kemenangan 5-3 yang mereka raih melibatkan comeback fantastis. Villarreal sempat tertinggal 2-3 sebelum membalikkan keadaan melalui tiga gol pada menit-menit akhir laga.

Di satu sisi, hasil tersebut terbilang mengejutkan. Pasalnya, Villarreal sedang tampil buruk di LaLiga 2023/2024. Sepanjang musim, mereka belum pernah masuk sepuluh besar klasemen. Villarreal bahkan nihil kemenangan dalam empat laga yang mereka jalani pada 2024 sebelum bertemu Barcelona.

Di sisi lain, Villarreal sebenarnya sudah terbukti bisa merepotkan Barcelona. Pada pertemuan pertama di LaLiga 2023/2024, Villarreal hanya kalah 3-4 dari Barcelona. Sudah begitu, pertahanan Barcelona memang sedang rapuh dalam beberapa laga terbaru. Tak heran jika lini depan Villarreal kembali menjadikan gawang Barcelona sebagai lumbung gol.

Mencetak setidaknya 5 gol dalam 1 laga ke gawang Barcelona adalah capaian yang langka. Dalam 2 dekade terakhir, hanya 3 klub di atas yang bisa melakukannya. Adakah klub lain yang mampu menyusul mereka sebelum musim ini berakhir?

Baca Juga: Kinerja 5 Bek Tengah Barcelona pada 2023/2024, Belum Maksimal!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya