3 Laga Penentu Juara Grup di Matchday Terakhir Fase Grup UCL 2023/2024

Tim-tim berikut masih berpeluang jadi pemuncak grup

Fase grup UEFA Champions League (UCL) 2023/2024 akan segera memasuki matchday terakhir. Ada 16 laga yang bakal digelar pada 13 dan 14 Desember 2023 dini hari WIB. Beberapa partai di antaranya krusial karena bakal menentukan nasib tim-tim yang terlibat di UCL musim ini.

Sejauh ini, sudah ada 12 klub yang memastikan lolos ke babak 16 besar UCL musim ini. Sebanyak empat tim di antaranya bahkan sudah pasti menjadi juara grup. Mereka adalah Bayern Munich, Arsenal, Real Madrid, dan Manchester City.

Sementara, delapan tim tersisa masih harus menentukan posisinya pada matchday terakhir. Bahkan, ada tiga partai yang akan mempertemukan langsung tim-tim yang sedang berebut status juara grup UCL 2023/2024. Tiga laga seru itu tentu layak jadi sorotan.

1. Inter Milan dan Real Sociedad bakal berebut puncak klasemen Grup D

3 Laga Penentu Juara Grup di Matchday Terakhir Fase Grup UCL 2023/2024Real Sociedad melawan Inter Milan di matchday pertama Grup D UCL 2023/2024. (inter.it)

Di Grup D UCL 2023/204, tiket ke babak 16 besar sudah jadi milik Inter Milan dan Real Sociedad. Namun, kedua tim masih harus berebut status juara grup. Kebetulan, matchday terakhir akan mempertemukan mereka di markas Inter Milan.

Saat ini, Real Sociedad memuncaki klasemen Grup D dengan sebelas poin. Inter Milan pun punya jumlah poin yang sama, tetapi kalah selisih gol dari Real Sociedad. Rekor head-to-head kedua tim sendiri berimbang. Saat mereka bertemu pada matchday pertama, laga berakhir seri 1-1.

Artinya, Inter Milan harus menang atas Real Sociedad untuk finis sebagai juara grup. Hal itu tak akan mudah meski Nerazzurri bermain di kandang sendiri. Pasalnya, Real Sociedad sedang dalam performa apik. Mereka tak terkalahkan di semua ajang sejak awal November 2023.

Baca Juga: 4 Pemain Top yang Tampil 100 Kali di UCL, tetapi Tidak Pernah Juara

2. Atletico Madrid hanya butuh hasil seri lawan Lazio untuk menjuarai Grup E

3 Laga Penentu Juara Grup di Matchday Terakhir Fase Grup UCL 2023/2024Lazio melawan Atletico Madrid di matchday pertama Grup E UCL 2023/2024. (twitter.com/Atleti)

Juara Grup E UCL musim ini juga belum bisa dipastikan hingga matchday kelima. Untuk sementara, Atletico Madrid masih di atas angin. Mereka bertengger di puncak klasemen dengan sebelas poin. Namun, Atletico masih bisa disalip Lazio yang punya koleksi sepuluh angka.

Pertemuan Atletico Madrid dan Lazio pada matchday terakhir pun bakal krusial. Atletico Madrid tentu diuntungkan karena hanya butuh hasil imbang. Selain itu, mereka juga bakal bertindak sebagai tuan rumah.

Sementara, Lazio wajib menang untuk menyalip posisi Atletico. Namun, kans Biancocelesti terbilang kecil. Rekor tandang Lazio musim ini cukup buruk. Mereka hanya menang 3 kali dalam 10 laga tandang di semua ajang. Kemungkinan besar, status juara Grup E bakal jadi milik Atletico Madrid.

3. Paris Saint-Germain masih bisa jadi juara Grup F jika mampu mengalahkan Borussia Dortmund

3 Laga Penentu Juara Grup di Matchday Terakhir Fase Grup UCL 2023/2024PSG melawan Borussia Dortmund di matchday pertama Grup F UCL 2023/2024. (twitter.com/BlackYellow)

Ada satu lagi partai penentuan juara grup pada matchday terakhir fase grup UCL 2023/2024. Itu adalah laga antara Borussia Dortmund melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Grup F. Kedua tim akan bersua di markas Dortmund, Westfalenstadion.

Di klasemen sementara, Borussia Dortmund sedang nangkring di puncak dengan sepuluh poin. PSG berada tepat di bawahnya dengan tujuh poin. Kondisi itu jelas membuat Dortmund berada di atas angin. Mereka hanya butuh hasil seri di kandang sendiri untuk menjadi juara grup.

Meski demikian, PSG masih punya harapan. Kemenangan atas Dortmund dengan skor berapa pun akan membawa PSG ke puncak klasemen. Pasalnya, PSG sudah mengalahkan Dortmund saat kedua tim bertemu pada matchday pertama. Artinya, PSG mengantongi keunggulan head-to-head atas Dortmund.

PSG sendiri sebenarnya memang butuh kemenangan atas Dortmund. Bukan hanya untuk jadi juara grup, tetapi juga demi lolos ke fase knockout. Saat ini, tiket kelolosan belum aman di tangan PSG. Jika kalah, Les Parisiens masih bisa disalip Newcastle United atau AC Milan hingga tersingkir.

Para juara grup di Liga Champions bakal mendapat keuntungan. Mereka akan bertemu lawan yang relatif lebih ringan di babak 16 besar. Maka, tiga laga penentuan di atas bakal menarik disimak. Setiap tim yang terlibat pasti bakal berjuang demi keuntungan tersebut.

Baca Juga: 4 Kemenangan Terbesar Arsenal di Liga Champions, Lens Korban Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya