5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia Dortmund

Rekor tak terkalahkan Leverkusen terancam

Bayer Leverkusen telah berhasil menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024. Kepastian itu didapat pada pekan ke-29 lalu usai mengalahkan Werder Bremen 5-0. Skuad Leverkusen beserta fans pun larut dalam sukacita perayaan gelar Bundesliga pertama mereka.

Meski sudah memastikan gelar, Bayer Leverkusen masih punya target yang bisa dikejar pada sisa musim. Mereka berpeluang mengakhiri Bundesliga 2023/2024 tanpa terkalahkan. Dalam 29 laga sejauh ini, Leverkusen memang belum pernah keok. Namun, upaya Leverkusen untuk mempertahankan rekor tersebut tidak akan mudah.

Ujian berat akan langsung mengadang Leverkusen pada pekan ke-30. Mereka harus bertandang ke markas Borussia Dortmund pada Minggu (21/4/2024) malam WIB. Selain punya kualitas, rekor Dortmund saat menjamu Leverkusen juga terbilang apik. Hal itu terlihat dari lima duel terakhir kedua tim di markas Borussia Dortmund berikut ini.

1. Bayer Leverkusen kalah tipis saat bertandang ke markas Borussia Dortmund di Bundesliga 2018/2019

5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia DortmundBayer Leverkusen kalah di markas Borussia Dortmund di Bundesliga 2018/2019. (twitter.com/bayer04fussball)

Pada 2018/2019, Bayer Leverkusen kalah dari Borussia Dortmund dalam dua pertemuan di Bundesliga. Leverkusen keok 2-4 saat menjamu Dortmund pada pekan keenam. Saat ganti bertamu pada pekan ke-23 pun Leverkusen harus menyerah. Mereka kalah 2-3 dari Dortmund yang kala itu sedang memuncaki klasemen.

Leverkusen sebenarnya mampu mengimbangi Dortmund dalam laga tersebut. Bahkan, sang tamu menciptakan lebih banyak percobaan tembakan. Namun, Dortmund berhasil menang karena lebih efektif memanfaatkan peluang.

2. Dortmund sukses membantai Leverkusen pada awal Bundesliga 2019/2020

5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia DortmundPara pemain Borussia Dortmund merayakan gol ke gawang Bayer Leverkusen di Bundesliga 2019/2020. (bvb.de)

Pada 2019/2020, lawatan ke kandang Borussia Dortmund berakhir dengan kekalahan telak bagi Leverkusen. Berlatar pekan keempat Bundesliga, Leverkusen dihajar 0-4 oleh tuan rumah. Marco Reus mencetak brace ke gawang Leverkusen ditambah gol-gol dari Paco Alcacer dan Raphael Guerreiro.

Hasil tersebut sempat membuat posisi Leverkusen melorot ke papan tengah klasemen Bundesliga. Beruntung, mereka mampu bangkit, termasuk ganti mengalahkan Dortmund pada pertemuan kedua. Leverkusen pun mengakhiri musim di lima besar klasemen, sedangkan Dortmund finis sebagai runner-up.

Baca Juga: Borussia Dortmund Melawan Ketidakmungkinan di Liga Champions 2023/2024

3. Dua gol Erling Haaland bawa Borussia Dortmund kalahkan Leverkusen di Bundesliga 2020/2021

5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia DortmundErling Haaland merayakan gol ke gawang Bayer Leverkusen di Bundesliga 2020/2021. (bvb.de)

Bayer Leverkusen kembali pulang dengan tangan hampa dari markas Borussia Dortmund pada 2020/2021. Kedua tim bersua di Signal Iduna Park pada pekan terakhir Bundesliga musim tersebut. Hasilnya, Dortmund menutup musim dengan kemenangan 3-1.

Erling Haaland menjadi bintang Dortmund di laga tersebut dengan torehan dua gol. Marco Reus juga masuk papan skor usai mencetak gol tendangan bebas. Sementara itu, satu gol hiburan Leverkusen tercipta melalui sepakan penalti Lars Bender pada akhir laga.

4. Leverkusen mencuri kemenangan telak di markas Dortmund di Bundesliga 2021/2022

5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia DortmundPara pemain Bayer Leverkusen merayakan gol ke gawang Borussia Dortmund di Bundesliga 2021/2022. (twitter.com/bayer04fussball)

Bayer Leverkusen sebenarnya tak melulu jadi bulan-bulanan di markas Borussia Dortmund. Pada 2021/2022, Leverkusen akhirnya mampu mencuri tiga poin dari Signal Iduna Park. Bahkan, kemenangan Leverkusen diraih dengan skor telak 5-2.

Sebagai tuan rumah, Borussia Dortmund sebenarnya lebih menguasai jalannya laga. Namun, Leverkusen efektif memanfaatkan bola-bola mati serta serangan balik untuk memukul Dortmund. Hasil itu menandai kemenangan pertama Leverkusen di markas Dortmund sejak 2014.

5. Dortmund mengawali Bundesliga 2022/2023 dengan kemenangan atas Leverkusen

5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia DortmundBorussia Dortmund melawan Bayer Leverkusen di Bundesliga 2022/2023. (twitter.com/bayer04fussball)

Kali terakhir Bayer Leverkusen berkunjung ke markas Borussia Dortmund, mereka kembali menelan kekalahan. Pada pekan pembuka Bundesliga 2022/2023, Leverkusen keok dari Dortmund dengan skor tipis, 0-1. Marco Reus menjadi satu-satunya pemain yang masuk papan skor berkat golnya pada menit ke-10.

Mengawali musim dengan kekalahan, Bayer Leverkusen akhirnya finis di peringkat keenam Bundesliga 2022/2023. Sementara itu, Borussia Dortmund sempat bersaing sengit memperebutkan gelar juara. Sialnya, Die Borussen disalip Bayern Munich pada pekan terakhir.

Dari lima lawatan terakhir ke kandang Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen hanya sekali menang. Selebihnya, Leverkusen selalu keok, bahkan sempat terbantai. Apakah rekor buruk Leverkusen di markas Dortmund akan berlanjut pada akhir pekan ini?

Baca Juga: Rapor 5 Pemain Muda Andalan Xabi Alonso di Bayer Leverkusen 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya