5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier League

Jadon Sancho jadi nama terbaru

Manchester United baru saja mendapat angin segar. Mereka telah mengonfirmasi bahwa Jadon Sancho yang sudah lama diincar akhirnya mencapai kesepakatan untuk bergabung. Winger berusia 21 tahun ini hanya tinggal merampungkan proses kepindahan setelah selesai membela Inggris di Piala Eropa 2020.

MU akhirnya mendapatkan pemain buruannya. Sementara itu, Borussia Dortmund selaku mantan klub Sancho lagi-lagi harus kehilangan pemain mereka ke klub Premier League. Tak hanya Sancho, saat ini ada beberapa mantan pemain Dortmund yang sedang membela klub Premier League. Inilah para pemain tersebut.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal)

5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier LeaguePierre-Emerick Aubameyang (premierleague.com)

Pertama ada Pierre-Emerick Aubameyang, mantan striker Borussia Dortmund yang membela Arsenal sejak 2018. Selama membela Dortmund, Auba berhasil menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 141 gol dari 213 laga di semua ajang serta pernah menjadi top skor Bundesliga. Kini, bersama Arsenal, naluri haus gol striker asal Gabon itu terbukti masih terjaga.

Sejauh ini Auba sudah berhasil mencetak 85 gol bagi The Gunners dalam 148 laga. Ia pun pernah menjadi top skor Premier League pada musim 2018/19 serta menjadi pemain terbaik Arsenal di musim berikutnya. Musim lalu ketajaman Auba memang menurun, namun kemungkinan besar musim depan ia masih akan jadi andalan Arsenal untuk menjebol gawang lawan.

2. Ilkay Gundogan (Manchester City)

5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier LeagueIlkay Gundogan (sportsmole.co.uk)

Sementara Ilkay Gundogan sudah lebih lama bermain di Premier League, yaitu sejak 2016. Sebelumnya, gelandang asal Jerman ini membela Dortmund selama 5 musim dan bermain 157 kali di semua ajang dengan sumbangsih 15 gol dan 20 assist. Manchester City yang kepincut pun mendatangkan Gundogan dengan mahar 27 juta euro atau sekitar Rp465 miliar.

Selama membela City, Gundogan sudah bermain 210 kali di semua ajang. Musim lalu ia bersinar dan jadi salah satu pemain terbaik City dengan mencetak 17 gol dan 5 assist dalam 46 penampilan. Bisakah musim depan ia menampilkan performa serupa?

Baca Juga: 6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!

3. Christian Pulisic (Chelsea)

5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier LeagueChristian Pulisic (astamfordbridgetoofar.com)

Christian Pulisic pindah dari Borussia Dortmund ke Chelsea pada tahun 2019. Pemain yang bisa berposisi winger atau gelandang serang ini merupakan produk akademi Dortmund dan ia sempat membela Dortmund selama 3,5 musim. Sebanyak 19 gol dan 26 assist ia sumbangkan bagi Dortmund sebelum hengkang ke Chelsea.

Karier Pulisic bersama Chelsea sempat beberapa kali diganggu cedera, namun sejauh ini ia sudah tampil 77 kali dan mencetak 17 gol serta 14 assist. Musim lalu Pulisic bermain 43 kali di semua ajang dan berhasil meraih trofi pertamanya di Chelsea, yaitu Liga Champions. Hal itu pasti menambah kepercayaan diri Pulisic menghadapi musim depan.

4. Andriy Yarmolenko (Ukraina)

5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier LeagueAndriy Yarmolenko (whufc.com)

Andriy Yarmolenko adalah striker asal Ukraina yang saat ini sedang membela negaranya di Piala Eropa 2020. Yarmolenko sempat menghabiskan 11 musim kariernya bersama Dinamo Kyiv, lalu ia pindah ke Borussia Dortmund pada 2017. Namun, ternyata ia hanya bertahan semusim di Dortmund dan langsung pindah ke West Ham United musim berikutnya.

Sejauh ini pemain berposisi striker itu baru tampil 54 kali dalam 3 musim bersama West Ham. Musim lalu pun ia hanya tampi 21 kali di semua ajang. Namun, Yarmolenko sejauh ini tampil apik bersama negaranya di Piala Eropa 2020 dan itu mungkin akan membuatnya dipercaya tampil lebih banyak musim depan.

5. Jadon Sancho (Manchester United)

5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub Premier LeagueJadon Sancho (givemesport.com)

Inilah pemain teranyar yang pindah dari Borussia Dortmund ke klub Premier League. Laman Goal menyebut bahwa MU sudah sepakat dengan Dortmund untuk mendatangkan Sancho dengan mahar 73 juta pounds atau sekitar Rp1,4 triliun. Hanya tinggal kesepakatan personal yang perlu dibicarakan serta tanda tangan kontrak setelah Piala Eropa 2020.

Sancho membela Dortmund sejak 2017 dan mencatat 137 penampilan di semua ajang. Statistik Sancho pun luar biasa untuk ukuran pemain 21 tahun, yaitu 50 gol dan 64 assist. Jelas Sancho bisa menjadi amunisi berharga bagi MU musim depan. Pertanyaannya, bisakah ia memenuhi ekspektasi untuk tampil hebat bagi Setan Merah?

 

Itulah 5 mantan pemain Borussia Dortmund yang kini bermain untuk klub Premier League. Kelima pemain tersebut pasti akan berusaha tampil sebaik-baiknya musim depan untuk membawa klubnya berprestasi. Menurutmu, siapa yang akan tampil paling cemerlang musim depan?

Baca Juga: Jadon Sancho Bangkitkan Tradisi Winger di Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya