Comscore Tracker

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala Dunia

Tiga di antaranya sukses mengalahkan Prancis

Prancis adalah salah satu negara paling berpengalaman di Piala Dunia. Tim Ayam Jantan telah melakoni puluhan laga Piala Dunia melawan negara-negara dari berbagai benua. Salah satunya adalah benua Afrika.

Pertemuan Prancis melawan negara-negara Afrika di Piala Dunia diwarnai jejak sejarah yang menarik. Pasalnya, Prancis pernah menjajah banyak negara Afrika pada zaman dahulu. Di Piala Dunia, Prancis akhirnya dipertemukan dengan beberapa negara di antaranya.

Sejauh ini, sudah ada lima negara Afrika yang pernah dihadapi Prancis di Piala Dunia. Bagaimana rekor Les Blues saat bertemu mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Afrika Selatan (1998 dan 2010)

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala DuniaAfrika Selatan melawan Prancis di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Negara Afrika pertama yang pernah dihadapi Prancis di Piala Dunia adalah Afrika Selatan. Pertemuan pertama mereka terjadi di Piala Dunia 1998 Prancis. Saat itu, Prancis dan Afrika Selatan tergabung di grup yang sama.

Bertindak sebagai tuan rumah, kekuatan Prancis tak bisa dibendung Afrika Selatan. Les Blues menang telak 3-0. Mereka bahkan sukses memenangi seluruh laga di fase grup, lalu terus melaju hingga jadi juara dunia.

Uniknya, di Piala Dunia 2010, giliran Afrika Selatan yang jadi tuan rumah dan menjamu Prancis. Kedua negara bersua di Grup A. Kali itu giliran Afrika Selatan yang menang 2-1. Afrika Selatan pun masih jadi satu-satunya negara Afrika yang dua kali dihadapi Prancis di Piala Dunia.

2. Senegal (2002)

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala DuniaPara pemain Senegal merayakan gol ke gawang Prancis di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Prancis kembali bertemu negara Afrika di Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Negara tersebut adalah bekas jajahan mereka sendiri, yaitu Senegal. Kedua negara bertemu di laga pembuka Piala Dunia. Saat itu Prancis berstatus juara bertahan, sedangkan Senegal adalah tim debutan.

Siapa sangka, Senegal membuat kejutan besar dengan menumbangkan Prancis. Gol tunggal Papa Bouba Diop cukup membawa Senegal menang 1-0. Prancis sendiri memang tampil buruk di Piala Dunia 2002 dan tersingkir di fase grup. Di sisi lain, kejutan Senegal terus berlanjut hingga babak perempat final.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Perkuat Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

3. Togo (2006)

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala DuniaPrancis melawan Togo di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Berikutnya, ada Togo, negara Afrika yang debut di Piala Dunia 2006 Jerman. Togo juga adalah bekas jajahan Prancis. Mereka bertemu karena sama-sama tergabung di Grup G. Sesuai dugaan, Prancis masih terlalu kuat bagi Togo.

Les Blues menang 2-0 melalui gol-gol Patrick Vieira dan Thierry Henry. Togo sendiri akhirnya tersingkir di fase grup tanpa poin, sementara Prancis terus melaju hingga ke final meski gagal juara. Hingga kini, Togo belum berhasil kembali lagi ke Piala Dunia.

4. Nigeria (2014)

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala DuniaPrancis melawan Nigeria di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Di Piala Dunia 2014 Brasil, Prancis kembali bertemu tim Afrika. Namun, untuk pertama kalinya pertemuan itu tidak terjadi di fase grup, melainkan di babak knockout. Prancis sebagai juara Grup E berhadapan dengan Nigeria yang jadi runner-up Grup F di perdelapan final.

Nigeria sempat memberi perlawanan sengit bagi Prancis. Namun, Paul Pogba akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-79, disusul gol bunuh diri Joseph Yobo pada injury time. Nigeria tersingkir, tetapi Prancis pun menyusul pulang di babak perempat final.

5. Tunisia (2022)

5 Negara Afrika yang Pernah Dihadapi Prancis di Piala DuniaPara pemain Tunisia merayakan gol ke gawang Prancis di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Tunisia adalah negara Afrika terbaru yang dihadapi Prancis di Piala Dunia. Pertemuan keduanya berlangsung di laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. Sebelum laga, Prancis sudah memastikan lolos. Tunisia harus menang untuk menjaga peluang, tetapi kemenangan pun belum tentu meloloskan mereka.

Hasilnya, Tunisia berhasil menunaikan tugas mereka sendiri. Gol tunggal Wahbi Khazri cukup bagi mereka untuk meraih kemenangan terhebat sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia. Meski tetap gugur di fase grup, Tunisia pantas berbangga karena bisa mengalahkan sang juara bertahan Piala Dunia.

Secara keseluruhan, rekor Prancis melawan tim Afrika di Piala Dunia ternyata berimbang. Dari enam laga, Prancis menang tiga kali dan kalah tiga kali pula. Terbukti bahwa kekuatan negara Afrika di Piala Dunia tak bisa diremehkan, bahkan saat melawan tim-tim unggulan.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga Terbaru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya