7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier League

Premier League selalu dimenangi pelatih asing!

English Premier League adalah sebutan untuk kasta tertinggi sepak bola Inggris sejak 1992. Musim ini adalah musim Premier League yang ke-30 sepanjang sejarah dan dalam 29 musim sebelumnya ada berbagai catatan unik yang mewarnai salah satu liga terketat di Eropa ini.

Salah satu fakta yang unik, namun ironis adalah bahwa belum pernah ada pelatih asal Inggris yang menjuarai Premier League. Sejauh ini, Premier League selalu dimenangkan pelatih asing dan secara keseluruhan ada 7 negara asal pelatih asing yang pernah jadi juara. Inilah ketujuh negara tersebut.

1. Skotlandia

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueKenny Dalglish dan Sir Alex Ferguson (liverpoolecho.co.uk)

Pertama ada Skotlandia, negara tetangga Inggris yang masih termasuk dalam Britania Raya. Ada dua pelatih asal Skotlandia yang pernah menjuarai Premier League, yaitu Sir Alex Ferguson dan Kenny Dalglish. Ferguson masih tercatat sebagai pelatih tersukses Premier League karena berhasil juara 13 kali dan semuanya bersama Manchester United.

Sementara itu, Dalglish sempat sekali menyela dominasi Ferguson pada musim 1994/95 dengan membawa Blackburn Rovers menjadi juara. Sebelum era Premier League, Dalglish juga sempat 3 kali menjuarai liga bersama Liverpool. Secara total Dalglish punya koleksi 4 trofi Liga Inggris semasa melatih.

2. Prancis

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueArsene Wenger (skysports.com)

Selain Dalglish, pelatih lain yang sempat menyela dominasi MU-nya Ferguson di era Premier League adalah Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis ini adalah pelatih dari luar Inggris Raya pertama yang sukses memenangi Liga Inggris. Ia membawa Arsenal juara 3 kali, yaitu pada musim 1997/98, 2001/02, dan 2003/04.

Trofi terakhirnya terutama paling berkesan karena racikan Wenger sukses membuat The Gunners juara tanpa terkalahkan. Sudah 17 tahun berlalu sejak itu, namun masih belum ada pelatih lain yang bisa menyamai torehan Wenger itu. Selain 3 Premier League, Wenger juga berhasil membawa Arsenal meraih 7 Piala FA dan 7 Community Shield.

3. Portugal

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueJose Mourinho (chelseafclatestnews.com)

Setara dengan Wenger, Jose Mourinho juga punya koleksi 3 trofi Premier League sejauh ini. Semuanya diraih The Special One bersama Chelsea yang ia raih dalam dua periode berbeda. Mourinho meraih 2 trofi pada 2004 hingga 2007, lalu meraih 1 trofi lagi pada periode 2013 hingga 2015.

Mourinho sendiri berasal dari Portugal sehingga ia menjadi pelatih dari luar Inggris Raya kedua yang memenangi Liga Inggris. Selain Chelsea, Mourinho juga pernah menangani Manchester United dan Tottenham Hotspur, tetapi gagal meraih trofi Premier League bersama keduanya.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Paling Diandalkan Jose Mourinho, CR7 Termasuk!

4. Italia

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueClaudio Ranieri (eurosport.com)

Italia adalah negara dengan jumlah pelatih terbanyak yang pernah memenangi Premier League. Sejauh ini, sudah ada 4 pelatih asal Negeri Pizza yang berhasil melakukannya. Carlo Ancelotti menjadi nama pertama kala berhasil membawa Chelsea juara musim 2009/10.

Dua musim berselang, Roberto Mancini menyusul jejak Ancelotti dengan memenangi Premier League bersama Manchester City. Lalu, ada Claudio Ranieri yang membuat keajaiban dengan mengantarkan Leicester City juara musim 2015/16. Terakhir, Antonio Conte sukses mengangkat trofi setelah membawa Chelsea menjadi kampiun pada 2016/17.

5. Chile

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueManuel Pellegrini (manchestereveningnews.co.uk)

Pada musim 2013/14, sejarah baru lain tercatat, yaitu untuk pertama kalinya ada pelatih dari luar Eropa yang sukses menjuarai Premier League. Ia adalah Manuel Pellegrini, pelatih asal Chile yang berhasil membawa Manchester City meraih trofi.

Padahal, musim itu adalah musim pertama Pellegrini melatih di Inggris. Ia menukangi City hingga 2016 dan secara total ia meraih 3 trofi selama di Inggris. Pellegrini sempat kembali ke Inggris di musim 2018/19 dengan melatih West Ham United, namun ia dipecat hanya dalam 1,5 musim.

6. Spanyol

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeaguePep Guardiola (vbetnews.com)

Setelah juara dengan pelatih asal Italia dan Chile, Manchester City kemudian juara bersama pelatih asal Spanyol, yaitu Josep Guardiola. Pelatih yang akrab disapa Pep ini datang pada tahun 2016 dan ia tak langsung menjadi juara di musim pertamanya. Di dua musim berikutnya ia sukses membawa City juara plus 1 trofi lagi musim lalu.

Sejauh ini Pep sudah mengoleksi 3 trofi Premier League, setara dengan raihan Arsene Wenger dan Jose Mourinho. Musim ini, Pep sangat diunggulkan untuk juara keempat kalinya. Tentunya ia juga diharapkan bisa segera membawa City memenangi Liga Champions untuk pertama kalinya.

7. Jerman

7 Negara Asal Pelatih Asing yang Pernah Menjuarai Premier LeagueJurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Satu lagi negara asal pelatih asing yang pernah juara Premier League adalah Jerman. Jurgen Klopp adalah pelatih Jerman pertama sekaligus satu-satunya hingga kini yang memenangi Premier League. Istimewanya, Klopp melakukannya bersama Liverpool yang sebelumnya sempat mengalami puasa trofi liga selama 30 tahun.

Klopp mulai bergabung dengan Liverpool pada 2015 dan awalnya ia sempat kesulitan membawa The Reds berprestasi. Namun, perlahan tapi pasti Klopp berhasil mengubah Liverpool dari klub papan tengah menjadi penantang juara. Musim ini Liverpool adalah salah satu klub yang diunggulkan untuk merai trofi lagi.

 

Para pelatih yang pernah juara Premier League ternyata selalu berasal dari luar Inggris, yaitu 7 negara di atas. Musim ini, kira-kira, pelatih dari negara mana yang akan juara Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya