5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering Kebobolan

Meraih total 3 kemenangan dan 2 kekalahan

Timnas Jepang adalah salah satu peserta Piala Asia 2023 yang paling diunggulkan juara. Ada beberapa faktor yang mendasari hal itu. Sejarah membuktikan bahwa Jepang adalah tim tersukses di Piala Asia dengan empat gelar juara. Rekor terbaru Jepang di Piala Asia pun impresif. Dalam 3 edisi terakhir, Samurai Biru 2 kali menembus babak final.

Skuad Jepang juga terbilang paling mentereng di Piala Asia 2023. Mereka membawa serta banyak pemain top yang berkarier di Eropa. Plus, Jepang tampil trengginas dalam sederet laga persahabatan sebelum turnamen dimulai. Namun, semua keunggulan tersebut ternyata sia-sia. Jepang tersingkir pada babak perempat final usai dikalahkan Iran 1-2.

Secara keseluruhan, penampilan Jepang di Piala Asia 2023 memang tak terlalu memukau. Mereka melakoni 5 laga dengan hasil 3 kali menang dan 2 kali kalah. Lini pertahanan Jepang khususnya jadi sorotan karena terbilang rapuh. Inilah ulasan lima partai Timnas Jepang di Piala Asia 2023.

1. Jepang sempat dibuat kerepotan oleh Vietnam pada laga pembuka Grup D

5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering KebobolanJepang melawan Vietnam pada fase grup Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Jepang mengawali kiprah di Piala Asia 2023 dengan menghadapi Vietnam pada laga pembuka Grup D. Di atas kertas, Jepang tentu diunggulkan atas sang wakil Asia Tenggara. Benar saja, Jepang akhirnya mampu menundukkan Vietnam. Namun, Samurai Biru tidak menang dengan mudah. Mereka sempat direpotkan meski tampil lebih dominan.

Jepang mencetak gol cepat lewat aksi Takumi Minamino pada menit ke-11. Namun, Vietnam mampu membalas dua kali hingga berbalik unggul. Beruntung, Jepang mampu menunjukkan kekuatan mental. Mereka kembali merebut keunggulan berkat torehan dua gol sebelum babak pertama usai. Gol keempat Jepang pada babak kedua pun memastikan kemenangan 4-2.

2. Jepang dikejutkan kekalahan dari Irak pada matchday kedua fase grup

5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering KebobolanJepang melawan Irak pada fase grup Piala Asia 2023. (instagram.com/japanfootballassociation)

Pada matchday kedua Grup D, Jepang harus berhadapan dengan Irak. Seperti Jepang, Irak juga sukses meraih tiga poin pada partai pembuka grup. Maka, Jepang dan Irak pun saling berebut tiket lolos ke babak 16 besar. Tim yang mampu meraih kemenangan bakal langsung melenggang sebelum matchday terakhir.

Tentu, Jepang lebih diunggulkan untuk keluar sebagai pemenang. Namun, mereka dikejutkan oleh dua gol Aymen Hussein. Torehan Hussein terjadi pada menit kelima dan pada injury time babak pertama. Prosesnya pun mirip, sama-sama diawali umpan silang dari sisi kanan pertahanan Jepang yang diakhiri sundulan Hussein.

Tertinggal dua gol membuat Jepang makin getol menyerang di babak kedua. Irak bahkan nyaris tak diberi kesempatan berlama-lama memegang bola. Namun, Jepang baru bisa mencetak gol pada menit 93 melalui Wataru Endo. Gol Endo akhirnya terbukti telat karena Jepang tak punya cukup waktu untuk mencetak gol kedua.

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Asia 2023 di Qatar

3. Jepang memastikan diri lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan atas Indonesia

5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering KebobolanJepang melawan Indonesia pada fase grup Piala Asia 2023. (instagram.com/japanfootballassociation)

Kekalahan dari Irak membuat Jepang tak bisa memastikan diri lolos ke babak 16 besar lebih awal. Mereka harus lebih dulu mengatasi Indonesia pada laga terakhir Grup D untuk melakukannya. Jepang pun menyikapi laga tersebut dengan serius. Hasilnya, Jepang menunaikan tugas dengan mengalahkan Indonesia 3-1.

Jepang sudah unggul atas Indonesia sejak menit keenam melalui gol penalti Ayase Ueda. Setelah itu, Samurai Biru sebenarnya sempat kesulitan mencetak gol kedua. Namun, mereka akhirnya membuat dua gol tambahan pada babak kedua. Indonesia sendiri sempat membalas satu kali via aksi Sandy Walsh pada pengujung laga.

4. Jepang mengatasi perlawanan Bahrain pada babak 16 besar

5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering KebobolanJepang melawan Bahrain pada babak 16 besar Piala Asia 2023. (instagram.com/japanfootballassociation)

Kemenangan atas Indonesia membawa Jepang lolos ke babak knockout Piala Asia 2023. Namun, status mereka hanya runner-up Grup D di bawah Irak. Pada babak 16 besar, Jepang pun bertemu juara Grup E, Bahrain. Bahrain sendiri adalah tim yang minim prestasi di Piala Asia. Maka, Jepang pun diprediksi bisa mengatasi perlawanan Bahrain.

Benar saja, Jepang akhirnya menang 3-1 atas Bahrain. Gol-gol Jepang dicetak Ritsu Doan, Takefusa Kubo, dan Ayase Ueda. Sementara itu, satu gol Bahrain terjadi karena miskomunikasi Ayase Ueda dengan kiper Zion Suzuki. Gol itu menegaskan bahwa pertahanan menjadi titik lemah Jepang di Piala Asia 2023. Meski demikian, Jepang tetap berhasil melaju ke perempat final.

5. Jepang tersingkir usai dikalahkan Iran pada babak perempat final

5 Partai yang Dilakoni Jepang di Piala Asia 2023, Sering KebobolanJepang melawan Iran pada babak perempat final Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Pada babak perempat final, Jepang harus berhadapan dengan tim tangguh, Iran. Kedua tim sempat bersua di Piala Asia 2019, tepatnya pada babak semifinal. Saat itu, Jepang sukses membantai Iran 3-0. Namun, kali ini, Iran sukses membalas dendam. Singa-singa Persia menang tipis 2-1 sekaligus memulangkan Jepang.

Padahal, Jepang mampu unggul lebih dulu melalui gol Hidemasa Morita pada menit ke-28. Setelah itu pun Jepang masih memegang kendali permainan. Namun, situasi mulai berbalik setelah Iran mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Iran makin berani menyerang, bahkan beberapa kali nyaris berbalik unggul.

Memasuki injury time, skor 1-1 masih bertahan. Namun, pertahanan Jepang membuat kesalahan yang menghasilkan hadiah penalti untuk Iran. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eskekutor dan menunaikan tugasnya dengan apik. Jepang pun kalah 1-2 dan harus menunda impian meraih trofi Piala Asia kelima.

Menelan 2 kekalahan dalam 5 laga adalah hasil minor bagi tim sekelas Jepang. Jumlah delapan kali kebobolan bahkan menjadi rekor terburuk bagi Jepang dalam sejarah keikutsertaan di Piala Asia. Perbaikan apa yang bakal dibuat Jepang menyusul kegagalan mereka di Piala Asia 2023?

Baca Juga: Semifinal Piala Asia 2023: Potensi Duel Raja Asia di Final

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya