5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi Terbaru

Xabi Alonso harus membawa Leverkusen bangkit

Klub-klub Bundesliga Jerman 2022/2023 lebih banyak ditangani oleh pelatih lokal. Hanya ada beberapa klub yang memercayakan kursi pelatih kepada nama asing. Salah satunya Bayer Leverkusen, yang telah menunjuk Xabi Alonso sebagai pelatih sejak awal Oktober 2022.

Xabi sendiri ditunjuk sebagai pengganti pelatih Leverkusen sebelumnya yang berasal dari luar Jerman. Tak seperti kebanyakan klub Bundesliga lain, Leverkusen memang lebih sering ditangani pelatih asing dalam beberapa tahun terakhir.

Inilah lima pelatih asing terakhir yang membesut Bayer Leverkusen.

1. Sami Hyypia

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi TerbaruSami Hyypia (bayer04.de)

Sami Hyypia adalah mantan bek asal Finlandia yang melegenda saat membela Liverpool. Namun, ia mengakhiri kariernya sebagai pemain bersama Bayer Leverkusen. Leverkusen pula yang menjadi klub pertama Hyypia setelah ia banting stir jadi pelatih pada 2012.

Hyypia kemudian menangani Leverkusen tepat selama 2 musim. Musim pertamanya, yaitu 2012/2013, berakhir di posisi ketiga Bundesliga. Sementara, musim keduanya berujung pada posisi keempat. Meski cukup apik, Hyypia dipecat pada akhir musim kedua. Saat ini, ia sedang tidak melatih sejak 2020.

2. Tayfun Korkut

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi TerbaruTayfun Korkut (bayer04.de)

Setelah Hyypia, Leverkusen sempat ditangani dua pelatih asal Jerman. Namun, mereka kembali menunjuk pelatih asing, Tayfun Korkut, yang berasal dari Turki. Korkut dipercaya menangani Leverkusen pada Maret 2017 dan diberi kontrak hingga akhir musim 2016/2017.

Sayangnya, performa Leverkusen bersama Korkut terbilang jeblok. Mereka hanya meraih 2 kemenangan dan 6 hasil imbang dalam 12 laga. Posisi Leverkusen pun melorot dari peringkat ke-10 menjadi peringkat 12. Kontrak Korkut tak diperpanjang setelah selesai.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Bayer Leverkusen

3. Peter Bosz

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi TerbaruPeter Bosz (bayer04.de)

Berikutnya, ada Peter Bosz, pelatih asal Belanda yang mulai membesut Bayer Leverkusen pada akhir 2018. Saat itu, Bosz sudah berpengalaman melatih Borussia Dortmund, meski tidak bersinar. Bersama Leverkusen, barulah Bosz berhasil menunjukkan kualitasnya. Ia membawa Leverkusen mengalami perbaikan performa signifikan.

Leverkusen kembali lolos ke Liga Champions bersama Bosz. Pada musim keduanya mereka juga sukses melangkah ke final DFB-Pokal. Namun, prestasi Leverkusen mulai merosot pada musim ketiga, sehingga ia dipecat menjelang akhir musim 2020/2021.

4. Gerardo Seoane

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi TerbaruGerardo Seoane (instagram.com/gerry_seoane)

Gerardo Seoane adalah pelatih yang baru dipecat Leverkusen dan digantikan oleh Xabi Alonso. Seoane merupaka pelatih asal Swiss yang masih berusia muda. Ia mulai menangani Leverkusen sejak awal 2021/2022 dan berhasil membawa mereka mengakhiri musim di posisi ketiga Bundesliga.

Sayangnya, performa hebat itu tak berlanjut musim ini. Leverkusen terseok-seok di Bundesliga dan Liga Champions serta sudah tersingkir dari DFB-Pokal. Seoane pun kehilangan jabatannya setelah menangani Leverkusen dalam total 56 pertandingan di semua ajang.

5. Xabi Alonso

5 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Bayer Leverkusen, Xabi TerbaruXabi Alonso (twitter.com/bayer04_en)

Xabi Alonso menjadi pelatih asing terbaru yang menangani Bayer Leverkusen. Ia menggantikan Seoane sejak 5 Oktober 2022. Sebelumnya, mantan gelandang Liverpool dan Real Madrid ini baru pernah melatih tim reserve Real Sociedad selama 3 tahun.

Sejak menjabat, Xabi sudah memimpin Leverkusen dalam empat pertandingan. Hasilnya, Leverkusen menang 4-0 atas Schalke 04 pada laga perdana, tetapi kalah 0-3 di Liga Champions serta 1-5 di Bundesliga. Leverkusen imbang 2-2 pada pertandingan terbaru melawan Vfl Wolfsburg. Mereka masih terpuruk di klasemen Bundesliga dan Liga Champions. Xabi Alonso pun harus lekas mencari solusi.

Beberapa pelatih asing yang pernah menangani Bayer Leverkusen cukup bersinar, tetapi ada pula yang terbilang gagal. Xabi Alonso sebagai pelatih terbaru kini harus berjuang membawa Bayer Leverkusen dari keterpurukan. Mampukah ia melakukannya?

Baca Juga: 5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi Pemain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya