4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga Skotlandia

Ange Postecoglou jadi nama terbaru

Liga Skotlandia bukan termasuk liga sepak bola di Eropa. Namun, kamu tetap bisa menemukan sejumlah pemain berkualitas di sana. Scottish Premiership, demikian sebutan divisi utama Liga Skotlandia saat ini, juga pernah diramaikan sejumlah pelatih jempolan.

Buktinya, beberapa pelatih klub-klub Scottish Premiership belakangan dipercaya membesut klub English Premier League (EPL). Terutama para pelatih yang sukses membawa klubnya juara Premiership. Berikut empat pelatih terakhir yang direkrut oleh klub Premier League setelah menjuarai Liga Skotlandia.

1. Martin O'Neill

4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga SkotlandiaMartin O'Neill (twitter.com/AVFCOfficial)

Pertama ada Martin O'Neill, pelatih asal Irlandia Utara. O'Neill pernah berkarier sebagai pelatih di Liga Skotlandia bersama Celtic FC. Ia menangani Celtic medio 2000–2005 dan sukses membawa klubnya meraih 7 trofi, termasuk 3 gelar Scottish Premier League.

Setelah sukses bersama Celtic, O'Neill dipercaya menjadi pelatih Aston Villa di EPL pada 2006–2010. Bersama O'Neill, Aston Villa sempat menjadi tim yang disegani. Mereka tiga kali finis di peringkat keenam EPL serta sempat mencapai final Piala Liga 2009/2010. Kiprah O'Neill bersama Aston Villa juga sempat diganjar empat gelar EPL Manager of the Month. Meski tak meraih trofi, O'Neill pantas disebut salah satu pelatih jebolan Liga Skotlandia terbaik di EPL.

Baca Juga: 5 Kiper Potensial Gantikan Edouard Mendy di Chelsea

2. Brendan Rodgers

4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga SkotlandiaBrendan Rodgers merayakan gelar juara Piala FA 2020/2021 bersama Leicester City. (lcfc.com)

Brendan Rodgers juga adalah pelatih asal Irlandia Utara yang pernah sukses di Liga Skotlandia. Namun, karier Rodgers sebagai pelatih lebih dulu dimulai di Inggris. Ia pernah mencuri perhatian kala membesut Swansea City sebelum akhirnya dipercaya melatih Liverpool pada 2012–2015.

Setelah itu, barulah Rodgers hijrah ke Skotlandia untuk menangani Celtic FC pada 2016. Bersama Rodgers, Celtic tampil dominan di kancah domestik. Mereka merebut semua gelar domestik yang tersedia, termasuk dua trofi Scottish Premiership pada 2016/2017 dan 2017/2018.

Sukses itu membuat Rodgers kembali dipercaya menangani klub EPL. Ia menjadi pelatih Leicester City dan membawa The Foxes juara Piala FA 2020/2021 serta Community Shield 2021. Kini, setelah dipecat Leicester pada April 2023, Rodgers sudah ditunjuk kembali sebagai pelatih Celtic.

3. Steven Gerrard

4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga SkotlandiaSteven Gerrard (avfc.co.uk)

Celtic FC memang amat dominan di Scottish Premiership dalam lebih dari sedekade terakhir. Namun, dominasi mereka sempat disela oleh Rangers FC pada 2020/2021. Saat itu, Rangers juara bersama pelatih yang merupakan legenda Liverpool, Steven Gerrard.

Istimewanya, Gerrard membawa Rangers juara sembari menorehkan sejarah manis. Rangers berhasil mengakhiri musim 2020/2021 tanpa sekali pun kalah di liga. Mereka juga sukses meraih 102 poin, mencatat 26 clean sheet, serta membuat rekor hanya kebobolan 13 kali dalam 38 laga.

Sukses luar biasa itu membuat Gerrard dipercaya melatih di EPL untuk pertama kali. Ia menangani Aston Villa pada musim 2021/2022 dan membawa The Villans finis di peringkat 14. Sayangnya, performa Aston Villa menurun drastis pada 2022/2023 hingga Gerrard dipecat sebelum paruh musim.

4. Ange Postecoglou

4 Pelatih yang Direkrut Klub EPL setelah Juara Liga SkotlandiaAnge Postecoglou (celticfc.com)

Ange Postecoglou menjadi pelatih terbaru yang menangani klub EPL setelah juara Liga Skotlandia. Postecoglou adalah pelatih kelahiran Yunani yang memiliki kewarganegaraan Australia. Selama 2021–2023, ia melatih Celtic FC dan berhasil membawa mereka meraih lima trofi.

Kini, Posteceglou sudah menjabat sebagai pelatih Tottenham Hotspur. Ia akan mulai melatih The Lilywhites pada musim 2023/2024 mendatang. Dengan demikian, Posteceglou resmi menjadi pelatih asal Australia dan Yunani pertama di EPL.

Sebagai pelatih baru Tottenham Hotspur, Posteceglou dihadapkan tugas sulit. Ia harus membangkitkan Tottenham yang tampil buruk di EPL 2022/2023. Sejauh ini, Tottenham bersama Postecoglou sudah mulai menggeliat di bursa transfer dengan memermanenkan status Pedro Porro dan Dejan Kulusevski.

Para pelatih juara Liga Skotlandia mengalami nasib yang beragam setelah menangani klub EPL. Martin O'Neill dan Brendan Rodgers cukup sukses, sedangkan Steven Gerrard terbilang gagal. Bakal seperti apa kiprah Ange Postecoglou di Premier League musim depan?

Baca Juga: Profil Ange Postecoglou, Pelatih Baru Tottenham Hotspur

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya