3 Pelatih Non-Bayern Munich Terakhir yang Juara Bundesliga

Xabi Alonso bisa menyusul

Xabi Alonso adalah salah satu pelatih yang namanya paling melambung pada 2023/2024. Xabi berhasil membawa Bayer Leverkusen tampil luar biasa di semua ajang. Leverkusen memimpin klasemen Bundesliga Jerman tanpa terkalahkan hingga pekan ke-19. Die Schwarzroten juga meraih hasil sempurna di Liga Europa dan DFB-Pokal.

Dibanding Liga Europa dan DFB-Pokal, tangan dingin Xabi paling dibutuhkan Leverkusen di Bundesliga. Pasalnya, Leverkusen belum pernah menjuarai Bundesliga. Mereka juga harus bersaing dengan Bayern Munich, tim tersukses sekaligus sang juara bertahan Bundesliga dalam 11 musim terakhir.

Meruntuhkan hegemoni Bayern Munich di Bundesliga adalah tugas mahasulit. Nama Xabi Alonso bisa melegenda bersama Bayer Leverkusen jika mampu melakukannya. Xabi juga bakal menyusul deretan pelatih yang juara Bundesliga bersama tim selain Bayern Munich.

Inilah tiga pelatih non-Bayern Munich terakhir yang juara Bundesliga.

1. Armin Veh membawa VfB Stuttgart juara Bundesliga 2006/2007

3 Pelatih Non-Bayern Munich Terakhir yang Juara BundesligaArmin Veh (vfb.de)

Pertama, ada Armin Veh, pelatih asal Jerman yang membawa VfB Stuttgart juara Bundesliga 2006/2007. Saat itu, saingan terdekat Stuttgart dalam perebutan gelar juara bukanlah Bayern Munich, melainkan Schalke 04. Stuttgart berhasil unggul dua poin dari Schalke 04 yang finis sebagai runner-up. Sementara, Bayern Munich berakhir di peringkat keempat.

Keberhasilan Veh bersama Stuttgart pada musim tersebut terbilang luar biasa sekaligus mengejutkan. Pasalnya, Veh baru ditunjuk menjadi pelatih Stuttgart pada Februari 2006. Sebelum menangani Stuttgart, Veh juga tak pernah membawa tim asuhannya meraih trofi. Bahkan, ia lebih sering dipercaya membesut klub-klub divisi bawah Liga Jerman.

Setelah menjuarai Bundesliga 2006/2007, Veh juga tak pernah lagi meraih trofi. Ia sempat mengangani tiga klub lain di Bundesliga, tetapi tak memenangi apa pun. Tugas terakhir Veh adalah membesut Eintracht Frankfurt pada 2015/2016. Hasilnya, mereka nyaris terdegradasi dari Bundesliga.

Baca Juga: 6 Pemain yang Cetak Gol Pertama Bundesliga 2023/2024 pada Pekan 19

2. Felix Magath mempersembahkan trofi Bundesliga pertama VfL Wolfsburg pada 2008/2009

3 Pelatih Non-Bayern Munich Terakhir yang Juara BundesligaFelix Magath (twitter.com/VfL_Wolfsburg)

Bayern Munich kembali ke takhta juara Bundesliga pada 2007/2008. Namun, pada musim berikutnya alias 2008/2009, Die Roten terjegal oleh VfL Wolfsburg. Wolfsburg berhasil mengungguli Bayern Munich di klasemen akhir dengan selisih hanya dua poin. Bagi Wolfsburg, itu bukan sekadar trofi Bundesliga pertama, tetapi juga trofi mayor pertama mereka.

Otak di balik kesuksesan Wolfsburg ternyata adalah mantan pelatih Bayern Munich sendiri, Felix Magath. Magath sempat menangani Bayern Munich pada 2004–2007. Ia sukses memberikan 5 trofi bagi Die Roten, termasuk 2 gelar juara Bundesliga. Dengan demikian, Magath menjadi pelatih ketujuh yang pernah menjuarai Bundesliga bersama dua klub.

Sayangnya, trofi Bundesliga 2008/2009 masih menjadi trofi terakhir Magath hingga kini. Magath sempat membawa Schalke 04 tampil impresif di Bundesliga 2009/2010, tetapi gagal juara. Ia juga tak meraih trofi saat bertualang ke Fulham di Inggris dan Shandong Luneng di China. Klub terbaru yang ditangani Magath adalah Hertha Berlin pada 2021/2022.

3. Juergen Klopp mengantarkan Borussia Dortmund juara Bundesliga 2 musim beruntun

3 Pelatih Non-Bayern Munich Terakhir yang Juara BundesligaJuergen Klopp (twitter.com/BVB)

Pelatih terakhir yang mengangkangi Bayern Munich dalam perebutan gelar juara Bundesliga adalah Juergen Klopp. Tak hanya sekali, Klopp sukses melakukannya dua kali bersama Borussia Dortmund. Bahkan, keberhasilan mereka terjadi secara beruntun pada 2010/2011 dan 2011/2012.

Selain dua gelar juara Bundesliga, Klopp juga mempersembahkan 1 trofi DFB-Pokal dan 2 Piala Super Jerman bagi Dortmund. Die Borussen pun sempat dibawanya ke final Liga Champions Eropa 2012/2013 meski tidak juara. Klopp terus melatih Dortmund hingga 2015, tetapi gagal mencegah dimulainya dominasi Bayern Munich di Bundesliga.

Sejak 2015, Klopp menangani Liverpool dan meraih lebih banyak sukses. Ia pun mendapat reputasi sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Namun, Klopp sudah menyatakan akan meninggalkan Liverpool pada akhir 2023/2024. Uniknya, pelatih yang disebut-sebut layak menggantikan posisinya di Liverpool adalah Xabi Alonso.

Tiga pelatih di atas pernah mengalahkan Bayern Munich dalam perburuan gelar juara Bundesliga Jerman. Xabi Alonso berpeluang menyusul mereka jika mampu membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga 2023/2024. Itu bakal menjadi kado perpisahan terindah dari Xabi bagi Leverkusen jika akhirnya benar-benar pindah ke Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di Bundesliga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya