5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany Terbaru

Belum ada yang juara sebagai pemain dan pelatih

Vincent Kompany menjalani musim debut sebagai pelatih di English Premier League (EPL) pada 2023/2024. Ia menangani Burnley, klub yang musim lalu dibawanya juara EFL Championship. Tentu, Kompany diharapkan mampu minimal membawa Burnley bertahan di EPL.

Sebagai pelatih, Kompany memang masih minim pengalaman. Namun, ia akrab dengan suasana EPL karena pernah membela Manchester City pada 2008–2019. Bahkan, pria asal Belgia itu empat kali mengangkat trofi Premier League bareng Manchester City.

Vincent Kompany pun menjadi pelatih EPL terbaru yang pernah juara saat menjadi pemain. Termasuk Kompany, berikut ini adalah lima pelatih yang punya pengalaman demikian. Apakah prestasi mereka sebagai pelatih klub EPL sama bagusnya dengan saat menjadi pemain?

1. Mark Hughes pernah melatih rival mantan klubnya

5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany TerbaruMark Hughes saat melatih Manchester City (mancity.com)

Manchester United adalah klub tersukses di Premier League. Ada banyak pemain yang pernah juara EPL bersama Manchester United. Sebagian dari mereka kemudian menjadi pelatih dan sempat menangani klub EPL. Salah satunya Mark Hughes, eks penyerang Manchester United asal Wales.

Sebagai pemain, Hughes menjuarai EPL 1992/1993 dan 1993/1994 bersama Manchester United. Ia gantung sepatu pada 2002 lalu mulai berkarier sebagai pelatih. Ada enam klub EPL yang pernah ditangani oleh Hughes. Salah satunya rival mantan klubnya sendiri, Manchester City.

Hughes membesut Manchester City pada 2008–2009. The Citizens sudah mulai menjadi klub kaya saat itu, tetapi gagal meraih trofi bersama Hughes. Prestasi terbaik Hughes saat melatih di EPL justru diraih bersama Blackburn Rovers, yaitu peringkat enam EPL 2005/2006.

2. Ole Gunnar Solskjaer menangi enam trofi EPL sebagai pemain

5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany TerbaruOle Gunnar Solskjaer (premierleague.com)

Ole Gunnar Solskjaer juga juara EPL sebagai pemain Manchester United. Solskjaer bahkan punya koleksi enam trofi EPL bareng Setan Merah. Eks striker asal Norwegia ini pun dikenal sebagai legenda Manchester United. Ia bahkan sempat dipercaya menangani mantan klubnya pada 2018–2021.

Sayangnya, kiprah Solskjaer sebagai pelatih Manchester United tak sesukses saat jadi pemain. Ia gagal membawa Setan Merah meraih gelar juara. Di EPL, prestasi terbaik Solskjaer saat membesut Manchester United adalah menjadi runner-up pada 2020/2021.

Baca Juga: 4 Pemain Manchester City yang Direkrut Vincent Kompany untuk Burnley

3. Frank Lampard terbilang gagal jadi pelatih Chelsea

5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany TerbaruFrank Lampard (chelseafc.com)

Frank Lampard juga mengalami nasib yang mirip dengan Ole Gunnar Solskjaer. Ia sering berjaya saat bermain di EPL, khususnya bersama Chelsea pada 2001–2014. Ada 13 trofi yang diraih Lampard di Chelsea, termasuk 3 gelar juara Premier League.

Sayang, saat menjadi pelatih Chelsea, Lampard terbilang gagal. Ia sempat membawa Chelsea finis di peringkat empat EPL 2019/2020, tetapi jeblok pada musim berikutnya. Lampard juga sempat dipercaya membesut Everton pada 2022–2023. Hasilnya, The Toffees berkubang di papan bawah EPL.

4. Patrick Vieira dipecat Crystal Palace jelang akhir musim 2022/2023

5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany TerbaruPatrick Vieira (instagram.com/officialpatrickvieira)

Ada pula mantan pemain top Arsenal yang pernah menangani klub Premier League saat melatih. Ia adalah Patrick Vieira, eks gelandang Prancis yang pernah mengapteni Arsenal. Vieira berhasil membawa Arsenal tiga kali juara EPL, termasuk gelar juara pada 2003/2004 yang diraih tanpa terkalahkan.

Sebagai pelatih, Vieira pernah dipercaya menukangi Crystal Palace mulai pada 2021/2022. Crystal Palace mengakhiri musim tersebut di peringkat 12 EPL. Sayangnya, Vieira dipecat jelang pengujung musim 2022/2023 karena rentetan hasil buruk yang diderita Crystal Palace.

5. Vincent Kompany bawa Burnley kembali ke EPL

5 Pelatih EPL yang Pernah Juara saat Jadi Pemain, Kompany TerbaruVincent Kompany (instagram.com/vincentkompany)

Vincent Kompany menjadi pelatih terbaru yang berkiprah di Premier League setelah juara sebagai pemain. Kompany pernah meraih empat gelar juara EPL, seluruhnya saat menjabat kapten Manchester City. Bukan hal yang mengejutkan jika jiwa kepemimpinan Kompany akhirnya membawanya jadi pelatih.

Pada 2022/2023 lalu, Kompany meraih prestasi pertamanya sebagai pelatih. Ia sukses membawa Burnley juara EFL Championship sekaligus meraih tiket promosi ke EPL. Sayangnya, debut Kompany sebagai pelatih di EPL 2023/2024 berakhir dengan kekalahan 0-3 dari Manchester City.

Meski demikian, Kompany pantas optimistis bisa membawa Burnley bangkit. Kekalahan dari Manchester City terbilang wajar karena kualitas sang lawan yang luar biasa. Kompany juga bisa memanfaatkan bursa transfer musim panas 2023 yang masih dibuka untuk terus memperkuat tim.

Di EPL 2023/2024, Vincent Kompany adalah satu-satunya pelatih yang pernah menjuarai EPL saat menjadi pemain. Bermodal pengalaman tersebut, sejauh apa Kompany bisa membawa Burnley berprestasi musim ini? Patut dinantikan!

Baca Juga: 6 Pemain Andalan Kompany yang Bawa Burnley Promosi ke EPL 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya