5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal Toure

Ada yang langsung tajam pada musim pertama

Atalanta memecahkan rekor pembelian termahal mereka pada musim panas 2023. La Dea menggelontorkan dana 28 juta euro atau Rp464 miliar demi membeli El Bilal Toure dari Almeria. Toure sendiri adalah striker 21 tahun asal Mali yang cukup bersinar di LaLiga Spanyol pada 2022/2023 lalu.

Kedatangan El Bilal Toure menambah panjang deretan pemain asal Afrika yang pernah membela Atalanta. Khususnya dalam beberapa tahun terakhir, Atalanta memang cukup sering memiliki pemain Afrika. Inilah lima pemain terakhir yang bergabung sebelum El Bilal Toure.

1. Musa Barrow hasil didikan akademi Atalanta

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal ToureMusa Barrow (instagram.com/musa_barrow99)

Beberapa pemain Afrika yang memperkuat Atalanta adalah hasil didikan akademi mereka sendiri. Salah satunya Musa Barrow, striker asal Gambia. Barrow mulai membela Atalanta sejak lulus dari akademi pada 2018.

Bersama Atalanta, Barrow sempat cukup diandalkan, khususnya pada 2018/2019. Namun, statistiknya tak terlalu istimewa, yaitu 8 gol dalam 52 penampilan. Sempat dipinjamkan selama 1,5 musim ke Bologna, Barrow akhirnya dipermanenkan Bologna sejak 2021.

2. Ebrima Colley lebih sering dipinjamkan ke klub lain

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal ToureEbrima Colley (instagram.com/colley_19_)

Ebrima Colley juga merupakan pemain asal Gambia jebolan akademi Atalanta. Colley debut bersama tim senior Atalanta pada 2019 saat berusia 19 tahun. Pemain berposisi winger ini melakoni 5 penampilan selama 2019/2020 dan menyumbang 1 assist.

Setelah itu, Colley dipinjamkan Atalanta ke klub-klub lain. Pada 2022/2023 lalu, ia sukses tampil apik saat dipinjam Fatih Karagumruk di Super Lig Turki. Colley bermain 30 kali dan membuat 2 gol serta 10 assist. Kini, ia telah kembali ke Atalanta pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Atalanta dari Luar Serie A, Ada Nama Baru!

3. Amad Diallo sukses memikat Manchester United

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal ToureAmad Diallo (instagram.com/amaddiallo19)

Tahun 2019 juga menjadi tahun debut Amad Diallo bersama tim senior Atalanta. Diallo bahkan sukses mencetak gol ke gawang Udinese di Serie A Italia pada laga debutnya tersebut. Ia pun tercatat sebagai pemain kelahiran tahun 2002 pertama yang membuat gol di Serie A.

Sejak itu, nama Diallo mulai mencuat. Winger asal Pantai Gading itu bahkan digaet Manchester United pada Januari 2021. Padahal, saat itu Diallo baru melakoni lima laga bareng Atalanta. Diallo masih berseragam Manchester United hingga kini dan telah mencatat sembilan penampilan.

4. Jeremie Boga sudah dilepas pada musim panas 2023

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal ToureJeremie Boga (instagram.com/jeremieboga)

Jeremie Boga bukanlah hasil didikan akademi Atalanta, melainkan Chelsea. Namun, Boga tak terpakai di Chelsea hingga dilego ke Sassuolo pada 2018. Boga mendarat ke Atalanta pada Januari 2022, awalnya sebagai pinjaman. Ternyata, ia cukup sering tampil selama dipinjam.

Boga pun dipermanenkan Atalanta pada musim panas 2022. Winger Pantai Gading itu melakoni 25 laga bersama Atalanta pada 2022/2023, tetapi lebih sering sebagai pemain pengganti. Kini, Boga sudah dilepas permanen Atalanta. Ia merapat ke OGC Nice pada musim panas 2023.

5. Ademola Lookman tampil impresif pada musim pertama di Atalanta

5 Pemain Afrika Terakhir yang Membela Atalanta sebelum El Bilal ToureAdemola Lookman (atalanta.it)

Ademola Lookman adalah salah satu pemain Afrika terbaik yang pernah berbaju Atalanta. Lookman memang baru membela Atalanta pada 2022/2023 lalu. Namun, kiprah winger asal Nigeria itu sudah cukup untuk membuatnya jadi idola baru fans Atalanta.

Didatangkan dari RB Leipzig pada musim panas 2022, Lookman langsung gacor bersama Atalanta. Ia tampil 33 kali dan mencetak 15 gol serta 8 assist di semua ajang. Lookman pun menjadi pemain Atalanta tersubur pada 2022/2023. Menarik menantikan kelanjutan aksinya pada 2023/2024 mendatang.

Beberapa pemain asal Afrika sukses bersinar bareng Atalanta. El Bilal Toure tentu diharapkan jadi yang berikutnya setelah datang dengan status pemain termahal Atalanta. Mampukah Toure memenuhi ekspektasi tinggi yang menyertai harganya?

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal yang Pernah Digaet Atalanta, Penuh Potensi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya