Comscore Tracker

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu Klub

Mereka punya loyalitas yang luar biasa

Berpindah klub adalah hal yang wajar dilakukan oleh pemain sepak bola. Kebanyakan pemain bahkan berpindah klub hingga beberapa kali sepanjang kariernya. Namun, hal yang sebaliknya juga bisa terjadi. Ada pula sejumlah pemain yang justru tak pernah merasakan pindah klub alias hanya membela satu klub yang sama sepanjang kariernya.

Kebanyakan di antara para one-club man itu sudah pensiun. Namun, beberapa masih aktif bermain di liga-liga top Eropa saat ini. Inilah enam pemain aktif yang terlama membela satu klub saja di liga top Eropa sepanjang kariernya.

1. Mark Noble

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubMark Noble (instagram.com/westham)

Urutan teratas ditempati Mark Noble, gelandang yang hanya pernah membela West Ham United sejak memulai karier pada 2004. Artinya, musim 2021/2022 ini adalah musim ke-18 bagi Noble membela West Ham. Karena kesetiannya, Noble dipercaya menjadi kapten West Ham dan ia bahkan mendapat julukan Mr. West Ham dari para penggemar The Hammers.

Noble tak pernah meraih trofi selama membela West Ham. Malah ia pernah harus merasakan terdegradasi bersama mereka. Namun, Noble terus setia membela klub London tersebut. Noble sendiri sudah mengatakan bahwa ia akan pensiun pada akhir musim ini dan setelah itu ia akan mengejar posisi direktur West Ham.

2. Sergio Busquets

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubSergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Berikutnya, ada lima pemain di liga top Eropa yang hanya membela satu klub sejak 2008. Pertama ada Sergio Busquets, gelandang Barcelona yang juga dipercaya menjadi kapten klub. Busquets adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Barcelona dan hingga kini ia masih terus menjadi pemain penting di lini tengah Barca.

Karier Busquets bersama Barca jelas sangat sukses. Sejauh ini ia sudah tampil dalam lebih dari 650 pertandingan dan berhasil mengangkat 30 trofi. Kontrak Busquets bersama Barca masih tersisa hingga 2023 dan kemungkinan besar ia memang akan mengakhiri kariernya bersama Blaugrana.

3. Thomas Muller

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubThomas Muller (instagram.com/esmuellert)

Thomas Muller juga hanya pernah membela satu klub saja sepanjang kariernya, yaitu Bayern Munchen. Pemain asal Jerman yang bisa berposisi gelandang maupun penyerang ini juga sudah meraih banyak sukses bersama klubnya. Ia sudah tampil dalam lebih dari 600 laga dan memenangi 29 trofi sejauh ini.

Sama seperti Busquets, kontrak Muller bersama klubnya juga tersisa hingga 2023. Masih berusia 32 tahun, ada kemungkinan Muller masih akan memperpanjang lagi kontraknya. Yang jelas, Muller pun sepertinya tidak akan meninggalkan Munchen hingga pensiun nanti.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Anyar, Statistik Lengkap Thomas Muller di Bundesliga

4. Marcel Schmelzer

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubMarcel Schmelzer (instagram.com/schmelle_29)

Nama pemain yang satu ini mungkin tak begitu sering terdengar, tapi ia juga merupakan pemain klub besar Jerman. Marcel Schmelzer adalah bek kiri Borussia Dortmund yang sudah membela klub tersebut sejak awal kariernya pada 2008. Sejauh ini Schmelzer sudah mencatat 367 pertandingan bersama Dortmund di semua ajang.

Total 8 trofi pun sudah ia menangi bersama klubnya, termasuk dua trofi Bundesliga. Sayangnya, Schmelzer sudah lama tak bermain bagi Dortmund akibat cedera lutut parah yang dialaminya, tepatnya sejak Juni 2020. Kontrak Schmelzer sendiri akan segera habis pada akhir musim ini dan hingga kini belum diketahui bagaimana nasibnya selanjutnya.

5. Tony Jantschke

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubTony Jantschke (instagram.com/tony_jantschke)

Tony Jantschke, bek asal Jerman, membela Borussia Monchengladbach sejak 2008. Jantschke sejauh ini sudah tampil dalam 288 laga bagi klubnya di semua ajang. Dulu, ia sempat menjadi pemain inti di lini belakang Monchengladbach. Namun, belakangan ini menit bermainnya semakin berkurang.

Musim ini, Jantschke bahkan baru tampil dua kali saja di semua ajang. Kontrak Jantschke di Monchengladbach masih tersisa hingga 2023. Bisa jadi setelah itu ia akan memutuskan pensiun bersama klub yang membesarkan namanya itu.

6. Vincent Manceau

6 Pemain Aktif di Liga Top Eropa yang Hanya Pernah Membela Satu KlubVincent Manceau (ligue1.com)

Satu pemain lagi yang hanya membela satu klub di liga top Eropa sejak 2008 adalah Vincent Manceau. Manceau adalah bek yang bermain untuk Angers di Ligue 1 Prancis. Ia merupakan lulusan akademi Angers, bahkan ia pun lahir di kota Angers 32 tahun lalu.

Sejauh ini, Manceau sudah bermain 373 kali bagi klubnya di semua ajang. Angers bukanlah klub besar sehingga wajar jika Manceau tak pernah meraih trofi bersama klubnya. Kontrak Manceau bersama Angers akan habis pada akhir musim ini dan setelah itu mungkin ia akan pensiun.

 

Enam pemain di atas hanya pernah membela satu klub sepanjang kariernya. Beberapa tak pernah meraih prestasi bersama klubnya, tapi mereka tetap setia. Benar-benar loyalitas yang luar biasa!

Baca Juga: Setia dengan Satu Klub, Ini 10 Pemain dengan Status One Man One Club

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya