5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 Klub

Semuanya pernah juara bersama Bayern Munich

Bayer Leverkusen sukses menjuarai Bundesliga Jerman 2023/2024. Itu adalah gelar juara Bundesliga pertama bagi Leverkusen, termasuk bagi sebagian besar pemain mereka. Namun, ada satu nama di skuad Leverkusen musim ini yang sebenarnya sudah pernah juara. Ia adalah Josip Stanisic, bek pinjaman dari Bayern Munich.

Stanisic pun menjadi pemain terbaru yang memenangkan Bundesliga bersama dua klub. Sepanjang sejarah, jumlah pemain yang meraih prestasi tersebut cukup banyak. Termasuk Stanisic, inilah lima pemain di antaranya yang masih aktif berkarier di lapangan hijau.

1. Robert Lewandowski mengoleksi 10 trofi Bundesliga bersama 2 klub

5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 KlubRobert Lewandowski berseragam Borussia Dortmund. (bvb.de)

Borussia Dortmund dan Bayern Munich adalah rival abadi di kancah sepak bola Jerman. Namun, ada cukup banyak pemain yang pernah meraih sukses bersama kedua klub. Beberapa di antara mereka turut membawa Borussia Dortmund memenangkan Bundesliga 2010/2011 dan 2011/2012. Salah satunya adalah Robert Lewandowski.

Lewandowski menjadi andalan di lini depan Dortmund pada 2010–2014. Striker asal Polandia itu berjasa besar dalam kesuksesan Dortmund dengan ketajamannya. Namun, pada akhirnya Lewandowski memilih menyeberang ke Bayern Munich. Kekuatan Dortmund pun berkurang, sementara sang rival makin digdaya.

Lewandowski akhirnya mengabdi kepada Bayern Munich selama 8 musim pada 2014–2022. Ketajamannya makin menggila dan selalu berbuah gelar juara liga tiap musim. Secara keseluruhan, Lewandowski pun mengoleksi sepuluh trofi Bundesliga. Ia pun menjadi pemain asing tersukses dalam sejarah Bundesliga Jerman.

2. Mario Goetze meraih lima gelar juara Bundesliga bareng Borussia Dortmund dan Bayern Munich

5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 KlubMario Gotze berseragam Bayern Munich. (bundesliga.com)

Mario Goetze juga bagian skuad Borussia Dortmund yang menjuarai Bundesliga 2010/2011 dan 2011/2012. Gelandang versatile itu adalah kebanggaan publik Dortmund karena merupakan jebolan akademi mereka sendiri. Namun, setelah nihil trofi pada 2012/2013, Goetze langsung pindah ke Bayern Munich.

Bersama Bayern Munich, Goetze meraih 3 trofi Bundesliga dalam 3 musim. Ia sempat kembali ke Borussia Dortmund pada 2016–2020, tetapi gagal menambah koleksi gelar juara liga. Saat ini, Goetze masih aktif bermain di Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt.

Baca Juga: 3 Tim yang Meraih Gelar Juara Bundesliga Jerman Tercepat

3. Mats Hummels punya koleksi gelar juara Bundesliga setara Gotze

5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 KlubMats Hummels (bvb.de)

Sementara, Mats Hummels tidak segera pindah setelah meraih dua gelar juara liga bersama Borussia Dortmund. Bek tengah asal Jerman itu setia mengabdi kepada Dortmund hingga 2016. Namun, tak ada tambahan trofi Bundesliga yang ia raih. Hummels pun akhirnya ikut hengkang ke Bayern Munich.

Bayern Munich sendiri sebenarnya adalah klub pertama Hummels. Ia hengkang ke Borussia Dortmund karena minim kesempatan tampil. Setelah kembali ke Bayern Munich, nasib Hummels sudah jauh berubah. Ia menjadi andalan di lini belakang Die Roten pada 2016–2019.

Seperti Goetze, Hummels meraih 3 trofi Bundesliga dalam 3 tahun membela Bayern Munich. Namun, ia akhirnya balik lagi ke Borussia Dortmund pada 2019. Saat ini, Hummels tengah menjalani musim ke-14 bersama Dortmund.

4. Ivan Perisic mengangkat trofi Bundesliga 2011/2012 dan 2019/2020

5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 KlubIvan Perisic berseragam Bayern Munich. (fcbayern.com)

Ada pula Ivan Perisic, winger Kroasia yang sempat membela Borussia Dortmund pada 2011/2012. Perisic tampil 28 kali bagi Dortmund di Bundesliga musim tersebut. Sumbangsihnya mencakup 7 gol dan 3 assist. Gelar juara DFB-Pokal yang diraih Dortmund pun tak lepas dari peran Perisic.

Setelah hengkang dari Dortmund pada 2013, Perisic sempat lama bermain di Italia. Ia kembali ke Jerman pada 2019/2020 kala dipinjam Bayern Munich dari Inter Milan. Ternyata, hasilnya lebih sukses dibanding saat membela Dortmund. Perisic tak hanya meraih gelar juara Bundesliga keduanya, tetapi juga DFB-Pokal dan Liga Champions Eropa.

5. Josip Stanisic selalu menjuarai Bundesliga dalam 4 musim terakhir

5 Pemain Aktif yang Memenangkan Bundesliga Jerman Bersama 2 KlubJosip Stanisic berseragam Bayern Munich. (fcbayern.com)

Josip Stanisic menjadi pemain terbaru yang sukses menjuarai Bundesliga Jerman bersama dua klub. Stanisic baru saja memenangkan Bundesliga 2023/2024 bersama Bayer Leverkusen. Peran bek asal Kroasia itu pun cukup besar. Hingga Leverkusen memastikan gelar juara, Stanisic tampil 16 kali di Bundesliga dan menyumbang 1 gol.

Bagi Stanisic sendiri, gelar juara Bundesliga yang ia raih musim ini bukanlah yang pertama. Bersama Bayern Munich, ia tak pernah absen mengangkat trofi Bundesliga sejak 2021/2022. Artinya, Stanisic selalu menjuarai Bundesliga dalam 4 musim terakhir. Stanisic sendiri kemungkinan besar akan dikembalikan kepada Bayern Munich setelah musim ini usai.

Menjuarai Bundesliga Jerman bersama dua klub berbeda adalah prestasi yang spesial. Lima nama di atas termasuk sebagian kecil pemain yang mampu melakukannya. Siapa lagi pemain yang bakal menyusul mereka?

Baca Juga: 5 Winger Prancis yang Berkarier di Bundesliga Jerman 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya