Comscore Tracker

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester City

Dari Aguero hingga Fernandinho

Manchester City tak diragukan lagi telah menjelma jadi salah satu klub terkuat di dunia saat ini. Sejak dibeli oleh Abu Dhabi United Group pada 2008, City mampu membangun skuad bintang berharga mahal dipimpin pelatih kelas dunia. Hasilnya, tak kurang dari 14 trofi berhasil mereka kumpulkan sejak saat itu.

Nah, perjalanan City membangun sejarah ternyata tak lepas dari jasa beberapa pemain asal Amerika Latin. Beberapa pemain asal Amerika Latin yang mereka datangkan sukses tampil trengginas dan menjadi bagian kesuksesan mereka hingga kini. Inilah 7 nama pemain yang punya jasa besar tersebut.

1. Sergio Aguero 

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Citygoal.com

Nama pertama sudah pasti adalah Sergio Aguero. Striker asal Argentina ini adalah salah satu pemain yang paling awal didatangkan City sejak menjelma menjadi klub kaya. Aguero didatangkan dari Atletico Madrid pada tahun 2006 dan langsung jadi bagian penting kekuatan lini depan City.

Kini, setelah membela City tak kurang dari 14 musim, Aguero tercatat sebagai top skor sepanjang masa City dengan 256 gol di semua ajang. Khusus di ajang Premier League sendiri, Aguero adalah top skor teratas di antara pemain yang masih aktif dengan 180 gol. Jelas, Aguero punya andil besar dalam sukses City sejauh ini.

2. Carlos Tevez 

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Citycnn.com

Selain Aguero, penyerang asal Argentina lain yang juga berandil besar dalam sejarah City adalah Carlos Tevez. Didatangkan dari sang rival sekota, Manchester United, pada 2009, Tevez kemudian menghabiskan 4 musim di City dengan total penampilan 148 laga dan mencetak 73 gol serta 35 assist, sesuai catatan Transfermarkt.

Selama 4 musim di City, Tevez turut membantu The Citizens membawa pulang trofi Premier League, Piala FA, dan Community Shield. Ia juga sempat dipercaya menjadi kapten tim pada 2010/2011, musim saat ia keluar sebagai top skor Premier League dengan 20 gol. Luar biasa!

Baca Juga: Tevez Kembali ke Manchester United, Berbatov: Kenapa Tidak?

3. Pablo Zabaleta 

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Cityskysports.com

Pemain yang satu ini juga berasal dari Argentina, namun ia berposisi sebagai bek kanan. Zabaleta tergolong cukup lama membela City, tepatnya dari 2008 hingga 2017. Selama 9 musim tersebut, Zabaleta hampir selalu menjadi pilihan utama di lini belakang City dan penampilan solidnya turut membantu City meraih 6 trofi.

Trofi itu mencakup 2 trofi Premier League dan 1 Piala FA, plus 2 Piala Liga. Jumlah penampilan Zabaleta sendiri mencapai 333 laga di semua ajang dan ia turut menyumbang 12 gol dan 27 assist.

4. Nicolas Otamendi  

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Citysportsmole.co.uk

Satu lagi pemain asal Argetina yang berjasa besar dalam kesuksesan City adalah Nicolas Otamendi. Otamendi yang berposisi bek tengah direkrut City pada 2015 dari Valencia. Tiga musim pertamanya dilalui sebagai pilihan utama di lini belakang City. Sementara pada dua musim terakhirnya, ia kerap dirotasi, tetapi tetap memberikan kontribusi yang penting.

Sebanyak 210 laga total ia mainkan selama berseragam City. Karena kerap maju ke depan dalam situasi bola mati, Otamendi pun sanggup mencetak 11 gol bagi City. Trofi yang sukses ia persembahkan bagi City mencakup 2 Premier League, 1 Piala FA, dan 4 Piala Liga.

5. Gabriel Jesus 

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Citymanchestereveningnews.co.uk

Gabriel Jesus adalah striker asal Brasil yang kerap diplot sebagai pelapis Sergio Aguero. Meski lebih sering jadi pelapis sejak didatangkan dari Palmeiras pada 2017, Jesus terbukti bisa menjalankan perannya dengan baik.

Tak kurang dari 180 laga telah ia mainkan bagi City sejauh ini. Jumlah golnya pun cukup luar biasa, yaitu 79 gol.

6. Ederson Moraes

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Citymetro.co.uk

Dari posisi penjaga gawang, ada nama Ederson yang sejauh ini sukses menjadi benteng kuat pertahanan City. Terkenal sebagai ball-playing goalkeeper, Ederson dipercaya pelatih Pep Guardiola untuk mengawali serangan City dari belakang. Peran tersebut terbukti sukses dijalaninya sejauh ini.

Ederson yang didatangkan dari Benfica pada 2017 sejauh ini telah bermain 176 kali dengan 89 di antaranya berhasil diakhiri dengan clean sheet. Ia merupakan salah satu kunci dominasi City dalam beberapa musim terakhir, termasuk musim ini saat mereka begitu kokoh bertengger di puncak klasemen.

7. Fernandinho 

7 Pemain Amerika Latin yang Berjasa Besar bagi Sukses Manchester Cityskysports.com

Fernandinho juga pantas disebut sebagai kunci kesuksesan City. Gelandang bertahan asal Brasil ini selalu menjadi jangkar yang bisa diandalkan di lini tengah City. Ia bahkan pernah beberapa kali diplot sebagai bek tengah dan juga sanggup menjalankan peran itu dengan baik.

Fernandinho sudah membela City sejak 2013. Total 336 laga sudah ia mainkan sejauh ini, bukti bahwa perannya di tim sangat vital. Soal trofi, Fernandinho juga sukses membawa City meraih 10 trofi, termasuk 3 Premier League dan 1 Piala FA. Bahkan, Fernandinho juga sekarang berstatus kapten Manchester City, jabatan yang ia emban mulai musim ini.

 

Tujuh pemain asal Amerika Latin di atas terbukti jadi bagian penting kesuksesan Manchester City sejauh ini. Tanpa jasa mereka, mungkin City tak akan bisa meraih begitu banyak trofi. Di antara mereka, menurutmu siapa yang jasanya paling besar bagi City?

Baca Juga: Fernandinho Resmi Perpanjang Kontrak di Manchester City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya