4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Semuanya sudah gantung sepatu

Amerika Serikat bukanlah negara dengan kultur sepak bola yang kuat. Namun, Timnas Amerika Serikat cukup berpengalaman di Piala Dunia FIFA. Mereka sudah pernah ambil bagian dalam sebelas edisi, termasuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Karena itu, ada beberapa pemain Amerika Serikat yang punya catatan penampilan cukup banyak di Piala Dunia. Namun, sebagian besar dari mereka kini sudah gantung sepatu.

1. Landon Donovan (12 penampilan)

4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaLandon Donovan di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Landon Donovan adalah legenda hidup sepak bola Amerika Serikat. Donovan adalah eks pemain berposisi winger atau striker. Bagi Timnas Amerika Serikat, Donovan adalah top skor sepanjang masa sekaligus pemain dengan jumlah caps terbanyak kedua.

Total 157 penampilan dan 57 gol ditorehkan Donovan selama membela timnas. Itu termasuk 12 penampilan dan 5 gol di Piala Dunia. Jumlah itu pun membuatnya jadi pemain Amerika Serikat dengan penampilan dan gol terbanyak di Piala Dunia.

Donovan bahkan sempat jadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2002 kala berusia 20 tahun. Saat itu, ia mencetak 2 gol dan 1 assist serta turut meloloskan negaranya ke perempat final. Hasil itu sekaligus jadi pencapaian terbaik Amerika Serikat di Piala Dunia sejak 1930.

2. Cobi Jones (11 penampilan)

4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaCobi Jones (twitter.com/USMNT)

Pemain Amerika Serikat dengan caps terbanyak adalah Cobi Jones. Ia mengoleksi total 164 penampilan bersama timnas. Jones pertama kali tampil di Piala Dunia pada edisi 1994. Amerika Serikat jadi tuan rumah saat itu, tetapi hanya mencapai babak 16 besar.

Setelah itu, Jones kembali masuk skuad Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 1998 dan 2002. Total sebelas penampilan ia bukukan di Piala Dunia. Sayangnya, Jones tidak berhasil menghiasi penampilannya dengan gol maupun assist.

Baca Juga: Piala Dunia 2026 Jadi 48 Negara, Bak Lemon Diperas Hingga Habis

3. Earnie Stewart (11 penampilan)

4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaEarnie Stewart (twitter.com/USMNT)

Selain Jones, ada dua pemain Amerika Serikat lain yang tampil sebelas kali di Piala Dunia. Salah satunya Earnie Stewart, eks penyerang atau gelandang Amerika Serikat yang lahir di Belanda. Seperti Cobi Jones, Earnier Stewart juga tampil di Piala Dunia 1994 hingga 2002.

Stewart sempat mencetak gol ke gawang Kolombia di Piala Dunia 1994. Gol itu spesial karena memastikan kemenangan pertama Amerika Serikat di Piala Dunia sejak 1950. Sayangnya, itu juga menjadi satu-satunya gol yang pernah dicetak Stewart di Piala Dunia.

4. DaMarcus Beasley (11 penampilan)

4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaDaMarcus Beasley (twitter.com/USMNT)

Satu lagi pemain Amerika Serikat yang tampil sebelas kali di Piala Dunia adalah DaMarcus Beasley. Ia memegang rekor sebagai satu-satunya pemain Amerika Serikat yang tampil di empat edisi Piala Dunia. Tepatnya, Beasley selalu tampil di Piala Dunia sejak edisi 2002 hingga 2014.

Meski tak selalu jadi andalan, karier internasional Beasley terbentang dalam periode yang amat panjang. Ia debut pada 2001 dan menjalani caps terakhirnya pada 2017. Secara total, Beasley bermain 127 kali bagi Timnas Amerika Serikat dan mencetak 17 gol.

5. Sejumlah pemain muda Amerika Serikat bisa menyalip rekor para pemain di atas

4 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaPara pemain muda Amerika Serikat bisa mengoleksi banyak penampilan di Piala Dunia. (instagram.com/usmnt)

Keempat pemain di atas sudah cukup lama pensiun dari timnas. Di Piala Dunia 2022, sebagian besar pemain yang dibawa Timnas Amerika Serikat pun belum pernah tampil di Piala Dunia. The Yanks sendiri akhirnya hanya mencapai babak 16 besar di Qatar.

Di Piala Dunia 2026, Amerika Serikat dipastikan akan tampil lagi karena menjadi tuan rumah. Kans Amerika Serikat untuk melaju cukup jauh pun terbuka. Artinya, para pemain mereka kemungkinan besar akan banyak tampil pada edisi tersebut.

Dengan demikian, sejumlah pemain Amerika Serikat bisa mendekati, bahkan melewati rekor empat pemain di atas, khususnya mereka yang saat ini masih muda. Beberapa di antaranya adalah Timothy Weah, Brenden Aaronson, Sergino Dest, hingga Giovanni Reyna.

Keempat pemain Amerika Serikat dengan rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia sudah gantung sepatu. Kini, mereka digantikan oleh generasi pemain muda Amerika Serikat yang berkualitas. Aksi mereka di Piala Dunia 2026 mendatang tentu bakal menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya