5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub Inggris

Richarlison adalah yang terbaru

Everton adalah klub Inggris dengan sejarah yang luar biasa. Mereka pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris sebanyak sembilan kali, rekor terbanyak keempat di Inggris.

Meski begitu, masa kesuksesan mereka sudah lama berlalu. Saat ini, The Toffees lebih dikenal sebagai klub semenjana.

Everton sulit berprestasi karena tak didukung dana berlimpah seperti klub-klub lain di Inggris. Sudah begitu, pemain penting yang mereka miliki juga kerap dibajak para pesaingnya.

Inilah lima pemain andalan Everton yang pada akhirnya dilepas ke sesama klub Inggris.

1. Marouane Fellaini 

5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub InggrisMarouane Fellaini (instagram.com/fellaini)

Pada awal 2013/2014, Everton harus merelakan Marouane Fellaini, gelandang asal Belgia yang menjadi andalan mereka selama 5 tahun. Fellaini berkostum Everton pada 2008—2013 dan mencatat 177 penampilan di semua ajang. Ia bahkan sempat jadi top skor Everton pada 2012/2013 dengan dua belas gol di semua ajang.

Fellaini meninggalkan Everton karena menyusul David Moyes yang saat itu hijrah ke Manchester United. Beruntung, Everton tetap berhasil mengakhiri Premier League 2013/2014 di posisi kelima. Bagi Fellaini sendiri, kepindahannya ke Manchester United membuahkan raihan 4 trofi dalam 6 musim.

2. John Stones

5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub InggrisJohn Stones mengangkat trofi Premier League. (instagram.com/johnstonesofficial)

Pemain satu ini juga sukses meraih banyak trofi setelah pindah dari Everton. John Stones adalah bek andalan Everton pada 2013—2016. Ia bermain 95 kali di semua ajang dan menyumbang 1 gol. Namun, Stones akhirnya hijrah ke sesama klub Inggris, Manchester City.

Stones dibeli Manchester City dengan harga 55,6 juta euro alias Rp847 miliar. Harga super mahal itu terbilang layak karena Stones berhasil jadi andalan hingga kini.

Sejauh ini, Stones sudah tampil 195 kali di semua ajang. Ia meraih 9 trofi, termasuk 4 trofi Premier League dalam 5 musim terakhir.

Baca Juga: 5 Transfer Terburuk Manchester City Era Guardiola, Ada John Stones

3. Ross Barkley

5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub InggrisRoss Barkley (instagram.com/rossbarkley)

Berikutnya, ada Ross Barkley, gelandang jebolan akademi Everton. Barkley mulai membela tim senior Everton pada 2010.

Ia bertahan hingga 2018 dengan mencatat 179 penampilan. Barkley mampu menyumbang 27 gol dan 28 assist. Penampilan hebat Barkley kemudian menarik minat Chelsea untuk memboyongnya.

Barkley pun bergabung dengan Chelsea pada Januari 2018. Namun, jumlah penampilannya menurun drastis.

Dalam 2 musim terakhir, Barkley minim kesempatan bermain. Ia sempat dipinjamkan ke klub lain. Beruntung, Barkley sejauh ini sudah meraih tiga trofi bareng The Blues.

4. Romelu Lukaku

5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub InggrisRomelu Lukaku (twitter.com/ManUtd)

Everton juga pernah kehilangan striker andalannya karena digaet sesama klub Inggris. Ia adalah Romelu Lukaku, yang membela Everton pada 2013—2017.

Awalnya, Lukaku hanya pinjaman Everton dari Chelsea. Namun, ketajamannya membuat Everton mempermanenkan statusnya pada 2014.

Bersama Everton, Lukaku memang sukses menunjukkan kapasitasnya sebagai penyerang top. Ia mencetak total 87 gol dalam 166 laga, bahkan selalu jadi top skor Everton setiap musim. Namun, Everton akhirnya harus kehilangan Lukaku karena dibeli Manchester United.

Kepergian Lukaku sendiri membuat Everton kehilangan sosok penyerang yang bisa mencetak dua puluh gol semusim atau lebih. Sejauh ini, baru Dominic Calvert-Lewin yang berhasil mencapai jumlah tersebut pada 2020/2021. Celakanya, kini Everton lagi-lagi harus ditinggal striker andalan.

5. Richarlison

5 Pemain Andalan Everton yang Dilepas ke Sesama Klub InggrisRicharlison sudah bergabung dengan Tottenham Hotspur. (tottenhamhotspur.com)

Richarlison adalah penyerang andalan Everton yang baru saja hijrah. Striker asal Brasil ini sebelumnya membela Everton sejak 2018. Meski jumlah golnya tak sebanyak Lukaku, Richarlison sempat menjadi top skor Everton selama 3 musim.

Secara keseluruhan, Richarlison menorehkan 53 gol dalam 152 penampilan bersama Everton. Namun, ia resmi pindah ke Tottenham Hotspur setelah ditebus dengan harga 58 juta euro atau Rp884 miliar.

Tottenham pun mendapatkan amunisi baru. Sedangkan, Everton lagi-lagi kehilangan penggawa andalan.

Setelah terseok-seok di English Premier League 2021/2022, Everton malah harus kehilangan Richarlison yang merupakan pemain andalan. The Toffees mesti bergegas mencari penggantinya kalau tidak mau kembali berkubang di papan bawah musim depan.

Baca Juga: 5 Striker Premier League yang Bisa Gantikan Richarlison di Everton

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya