Comscore Tracker

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the Month

Lionel Messi terbaru

Lionel Messi mulai kembali ke bentuk permainan terbaiknya di Ligue 1 Prancis. Setelah musim lalu sempat kesulitan, musim 2022/2023 ini seolah jadi musim penebusan Messi. Sebagai hasilnya, Messi baru saja terpilih sebagai Ligue 1 Player of the Month bulan September 2022.

Bagi Messi, itu adalah penghargaan pertama yang ia raih sejak bermain di Ligue 1. Messi juga menyusul jejak sejumlah pemain lain asal Argentina yang lebih dulu menjadi Ligue 1 Player of the Month. Termasuk Messi, inilah lima pemain Argentina terakhir yang meraihnya.

1. Dario Cvitanich (Desember 2012)

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the MonthDario Cvitanich (ogcnice.com)

Nama Dario Cvitanich memang tak begitu populer di kalangan fans sepak bola. Pasalnya, eks striker asal Argentina ini tak pernah dipanggil membela timnas. Ia kalah saing dengan para striker top lain yang dimiliki Argentina. Namun, Cvitanich juga memiliki beberapa momen membanggakan dalam kariernya.

Salah satunya adalah saat Cvitanich menjadi pemain terbaik Ligue 1 Prancis bulan Desember 2012. Sepanjang bulan tersebut, ia mencetak 4 gol dan 1 assist dalam 5 penampilan di liga bersama OGC Nice. Secara keseluruhan, statistik Cvitanich selama tiga musim membela Nice juga apik, yaitu 36 gol dalam 76 penampilan.

2. Javier Pastore (November 2014, Maret 2015, dan April 2015)

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the MonthJavier Pastore (psg.fr)

Javier Pastore adalah salah satu pemain yang paling sering terpilih jadi Ligue 1 Player of the Month. Tepatnya, gelandang yang membela Paris Saint-Germain (PSG) pada 2011–2018 ini memenanginya empat kali. Tiga di antaranya bahkan ia raih dalam musim yang sama, yaitu 2014/2015.

Pastore memang tampil luar biasa di Ligue 1 pada musim tersebut. Ia sampai dinyatakan jadi pemain terbaik pada November 2014, Maret 2015, dan April 2015. Pastore tampil 34 kali di Ligue 1 sepanjang 2014/2015 dan berhasil menorehkan 5 gol serta 13 assists.

Secara keseluruhan, jumlah penampilan Pastore selama berseragam PSG adalah 269 laga dengan 45 gol dan 61 assists. Ia juga berperan penting membawa PSG meraih 16 trofi, termasuk 5 trofi Ligue 1. Pastore pun layak dikenang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah membela PSG.

Baca Juga: 5 Pelabuhan Baru Kylian Mbappe jika Memutuskan Hengkang dari PSG

3. Emiliano Sala (Februari 2015, Oktober 2018)

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the MonthEmiliano Sala (fcnantes.com)

Berikutnya ada Emiliano Sala, eks striker yang pernah membela FC Nantes pada 2015–2019. Penampilan Sala selama membela Nantes terbilang apik. Ia bahkan pernah dua kali jadi Ligue 1 Player of the Month pada Februari 2015 dan Oktober 2018.

Sayangnya, karier Sala harus berakhir secara menyedihkan. Tak lama setelah pindah dari Nantes ke Cardiff City, ia menjadi korban kecelakaan pesawat yang merenggut nyawanya. Setelah kematian Sala, Nantes pun mempensiunkan nomor punggung 9 yang sebelumnya ia kenakan.

4. Angel Di Maria (Desember 2015)

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the MonthAngel Di Maria (psg.fr)

Angel Di Maria tampil luar biasa selama membela PSG pada 2015–2022. Pemain berposisi winger ini mencatat total 57 gol dan 76 assists dalam 197 penampilan di Ligue 1. Di Maria juga menjadi pemain kunci PSG dalam memenangi 18 trofi, termasuk 5 trofi Ligue 1.

Uniknya, Di Maria ternyata hanya pernah satu kali terpilih jadi Ligue 1 Player of the Month. Itu terjadi pada bulan Desember 2015 setelah ia membuat 2 gol dan 4 assists dalam empat penampilan. Di Maria justru pernah dua kali masuk tim terbaik Ligue 1 meski hanya sekali jadi Player of the Month.

5. Lionel Messi (September 2022)

5 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Ligue 1 Player of the MonthLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi menjadi pemain Argentina terbaru yang pernah terpilih jadi Ligue 1 Player of the Month. Penampilan apiknya sepanjang September 2022 membuatnya layak mendapat penghargaan tersebut. Dalam tiga penampilan, Messi membuat 1 gol dan 3 assists yang mengantarkan PSG memenangi seluruh laga tersebut.

Semasa membela Barcelona dulu, Messi pernah sepuluh kali terpilih jadi LaLiga Player of the Month. Kini, Messi mulai membuktikan bahwa dirinya juga bisa meraih penghargaan serupa di luar Spanyol. Bukan mustahil, Messi akan kembali terpilih jadi Ligue 1 Player of the Month pada bulan-bulan mendatang.

 

Dengan kualitas di atas rata-rata, tak mengherankan para pemain Argentina kerap jadi yang terbaik di berbagai liga. Siapa lagi pemain Argentina yang bakal menjadi Ligue 1 Player of the Month selanjutnya?

Baca Juga: 5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Dipecahkan Lionel Messi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya