5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry Henry

Ada pemain asal Afrika

Sejarah Arsenal tak lepas dari peran banyak pemain asing. Arsenal memang punya sejumlah legenda asal Inggris, tetapi The Gunners kerap mengandalkan pemain dari luar negeri. Bahkan, top scorer sepanjang masa Arsenal adalah Thierry Henry yang berasal dari Prancis.

Henry membela Arsenal selama lebih dari 8 tahun dan mencetak total 228 gol di semua ajang. Selain Henry, masih ada banyak pemain asing yang pernah membuat banyak gol bagi Arsenal. Inilah lima nama teratas.

1. Robin van Persie (132 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry HenryRobin van Persie menjadi top scorer Premier League 2011/2012 bersama Arsenal. (twitter.com/premierleague)

Pemain asing dengan gol terbanyak bagi Arsenal setelah Thierry Henry adalah Robin van Persie. Striker asal Belanda ini berseragam Arsenal pada 2004—2012 dan mencatat 278 penampilan. Total 132 gol dan 58 assist ia ciptakan bagi The Gunners.

Van Persie dua kali terpilih sebagai pemain terbaik Arsenal. Ia juga pernah menjadi top scorer Premier League saat berkostum Arsenal pada 2011/2012.

Sayangnya, Van Persie baru berhasil juara Premier League setelah hijrah ke Manchester United. Bersama Arsenal, ia hanya mendapatkan trofi Piala FA dan Community Shield.

2. Dennis Bergkamp (120 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry HenryDennis Bergkamp (arsenal.com)

Berikutnya, ada Dennis Bergkamp, penyerang legendaris Arsenal yang juga berasal dari Belanda. Bergkamp membela Arsenal pada 1995—2006 dan menorehkan 120 gol di semua ajang. Duetnya bersama Thierry Henry pernah begitu ditakuti dan menghasilkan banyak trofi bagi Meriam London.

Bersama Arsenal, Bergkamp sukses meraih sepuluh trofi. Itu termasuk trofi Premier League 2003/2004 yang legendaris karena diraih tanpa terkalahkan. Karena pencapaian yang hebat selama membela Arsenal, nama Bergkamp termasuk ke dalam Premier League Hall of Fame pada 2021.

Baca Juga: Berusia 51 Tahun, Ini 10 Gol Indah Dennis Bergkamp Sepanjang Masa

3. Frank Stapleton (108 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry HenryFrank Stapleton (twitter.com/Arsenal)

Pemain satu ini berasal dari negara tetangga Inggris, yaitu Republik Irlandia. Frank Stapleton adalah pemain yang membela Arsenal pada 1974—1981 dengan torehan 108 gol di semua ajang. Ia juga meraih Piala FA 1978/1979 bersama Arsenal, bahkan mencetak gol di partai final.

Selain bersama Arsenal, Stapleton dikenal sebagai salah satu legenda Manchester United karena pernah sukses bersama mereka. Stapleton sempat mencetak gol di final Piala FA yang dimenangi Setan Merah. Ia pun menjadi pemain pertama yang pernah mencetak gol di final Piala FA bersama dua klub berbeda.

4. Olivier Giroud (105 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry HenryOlivier Giroud (arsenal.com)

Olivier Giroud berhasil mencapai puncak popularitasnya saat membela Arsenal. Striker asal Prancis ini diboyong Arsenal pada 2012.

Saat itu, ia baru saja meraih trofi Ligue 1 Prancis bersama Montpellier sekaligus jadi top scorer. Kemudian, bersama Arsenal, Giroud sukses mempertahankan ketajamannya.

Giroud membela Arsenal hingga 2018 dan berhasil mengoleksi 105 gol dalam 252 laga di semua ajang. Ia juga sukses mempersembahkan 3 trofi Piala FA dan 3 Community Shield bagi The Gunners.

Giroud kini melanjutkan kariernya bersama AC Milan. Ia baru saja membawa klubnya meraih trofi Serie A 2021/2022.

5. Pierre-Emerick Aubameyang (90 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry HenryPierre-Emerick Aubameyang (skysports.com)

Terakhir, ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang baru saja meninggalkan Arsenal pada Januari 2022. Auba mulai membela Arsenal pada awal 2018.

Ia langsung jadi andalan The Gunners di lini depan. Auba bahkan sukses menjadi top scorer Premier League pada 2018/2019 dengan 22 gol.

Selama 4 tahun berseragam Arsenal, Aubameyang mencetak total 90 gol dalam 162 penampilan. Satu trofi Piala FA pun sempat diraih Auba bersama Arsenal. Sayangnya, karier Auba bersama Arsenal berakhir dengan tidak menyenangkan karena sempat tersandung masalah indisipliner.

Thierry Henry bukan satu-satunya pemain asing yang sukses mencetak banyak gol bagi Arsenal. Lima pemain di atas pun tampil tajam bersama The Gunners. Apakah Arsenal bakal kembali mendapatkan pemain asing yang bisa mempersembahkan banyak gol bagi mereka?

Baca Juga: 7 Pemain Arsenal 2021/2022 yang Belum Pernah Tampil di Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya