5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real Sociedad

Ada pemain asal Turki

Real Sociedad adalah klub LaLiga Spanyol yang sangat mengandalkan pemain lokal sepanjang sejarah mereka. Sebagian besar legenda mereka adalah pemain Spanyol. Pada musim 2022/2023 ini, Sociedad bahkan hanya memiliki lima pemain asing di dalam skuad mereka.

Namun, Sociedad tentu juga pernah memiliki sejumlah pemain asing yang jadi andalan, termasuk dalam hal mencetak gol. Berikut ini adalah kelima pemain asing tertajam dalam sejarah Real Sociedad.

1. Darko Kovacevic (107 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real SociedadDarko Kovacevic (laliga.com)

Pemain asing dengan gol terbanyak bagi Real Sociedad berasal dari Serbia, yaitu Darko Kovacevic. Kovacevic membela Sociedad selama total sembilan musim dalam dua periode berbeda. Secara keseluruhan, ia bermain 286 kali bagi Sociedad dan mencetak 107 gol.

Kovacevic pun menjadi satu-satunya pemain asing yang menembus angka seratus gol bagi Sociedad. Sayangnya, ketajaman Kovacevic bersama Sociedad gagal berbuah satu pun trofi. Selain membela Real Sociedad, Kovacevic juga pernah bermain di Serie A Italia bersama Juventus dan Lazio.

2. Meho Kodro (81 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real SociedadMeho Kodro (realsociedad.eus)

Pemain asing tertajam kedua bagi Real Sociedad ternyata juga berasal dari Eropa Timur. Ia adalah Meho Kodro, striker yang membela Timnas Bosnia Herzegovina selama berkarier. Kodro berseragam Sociedad pada 1991–1995 dan menorehkan 81 gol dalam 146 penampilan di semua ajang.

Setelah tampil tajam bersama Sociedad, Kodro sempat menarik perhatian Barcelona. Ia berhasil membuat 15 gol dalam 43 laga bagi Barca. Namun, ia hanya bertahan semusim di Camp Nou. Kodro lalu melanjutkan kariernya di Spanyol bersama Tenerife sebelum akhirnya pensiun di Liga Israel pada 2001.

Baca Juga: 5 Pemain Rekrutan Real Sociedad pada Musim Panas 2022

3. Carlos Vela (73 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real SociedadCarlos Vela (realsociedad.eus)

Berikutnya, ada eks penggawa Real Sociedad asal Meksiko, Carlos Vela. Vela merupakan penyerang versatile lulusan akademi Arsenal. Namun, Vela gagal mendapat banyak kesempatan bermain bareng The Gunners. Ia pun sempat dipinjamkan ke beberapa klub, termasuk Sociedad pada 2011/2012.

Sukses tampil apik, Vela lalu dipermanenkan Sociedad pada musim berikutnya. Vela pun terus bertahan membela Sociedad hingga 2018. Secara total, Vela membuat 73 gol dalam 250 penampilan bareng Sociedad. Meski tak meraih trofi kolektif, Vela sempat dua kali terpilih jadi pemain terbaik Sociedad.

4. Willian Jose (62 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real SociedadWillian Jose (instagram.com/willianjose)

Willian Jose adalah penyerang asal Brasil yang baru saja meninggalkan Real Sociedad pada musim panas 2022. Willian Jose mulai membela Sociedad pada 2016. Selama itu ia selalu jadi andalan di lini depan. Total 62 gol ia ciptakan bagi Sociedad dalam 170 penampilan di semua ajang.

Willian Jose juga berhasil mempersembahkan satu trofi Copa del Rey bagi Sociedad. Uniknya, ia juga pernah memenangi gelar yang sama bersama Real Madrid dan Real Betis. Saat ini, Willian Jose sudah dipermanenkan oleh Real Betis setelah jadi pemain pinjaman musim kompetisi 2021/2022 lalu.

5. Nihat Kahveci (58 gol)

5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak Bersama Real SociedadNihat Kahveci (as.com)

Satu lagi pemain asing yang sukses mencetak banyak gol Bagi Real Sociedad adalah Nihat Kahveci. Nihat adalah penyerang asal Turki yang berseragam Sociedad selama 4,5 musim pada 2002–2006. Ia menjadi pilihan utama di lini depan Sociedad hingga bisa mencatat 142 penampilan dalam kurun waktu tersebut.

Torehan gol Nihat sendiri mencapai 58 gol di semua ajang. Selain bersama Sociedad, Nihat juga sempat membela Villarreal meski gagal tampil konsisten. Nihat juga punya prestasi di Timnas Turki, yaitu membawa negaranya menjadi juara ketiga Piala Dunia 2002.

Meski lebih sering mengandalkan talenta lokal, sejarah Real Sociedad juga pernah diwarnai para pemain asing berkualitas. Kelima nama di atas adalah contohnya. Apakah Sociedad akan kembali mengandalkan pemain asing top pada masa depan?

Baca Juga: Umar Sadiq, Rekrutan Baru Real Sociedad yang Impresif pada Awal Musim

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya