Comscore Tracker

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top Eropa

Ada eks pemain Arsenal

Australia pernah memiliki banyak pemain yang berkarier di liga-liga top Eropa. Pada 2006, mereka berangkat ke Piala Dunia Jerman dengan membawa 13 pemain yang bermain di liga top Eropa. Alhasil, saat itu mereka sukses melewati fase grup Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Sayangnya, era itu sudah lama berlalu. Kini, makin sedikit pemain Australia yang bermain di liga top Eropa. Skuad Socceroos di Piala Dunia 2022 Qatar pun hanya berisi lima pemain yang pernah menjajal liga top Eropa. Bahkan, hanya ada dua yang masih aktif bermain di sana pada musim kompetisi 2022/2023 ini.

1. Ajdin Hrustic

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top EropaAjdin Hrustic memenangi Europa League 2021/2022 bersama Eintracht Frankfurt. (instagram.com/ajdinhrustic)

Ajdin Hrustic adalah gelandang serang Australia yang saat ini membela Hellas Verona di Serie A Italia. Hrustic baru bergabung dengan Verona pada musim panas 2022. Sebelumnya, ia bermain di Bundesliga Jerman bersama Eintracht Frankfurt, bahkan turut memenangi trofi Europa League 2021/2022.

Bersama Verona, Hrustic sudah tampil lima kali di Serie A. Ia sempat cedera pada Oktober 2022, tetapi pulih tepat waktu sebelum Piala Dunia 2022 digelar. Meski demikian, Hrustic belum diturunkan kala Australia melawan Prancis di partai pembuka Grup D Piala Dunia 2022.

2. Awer Mabil

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top EropaAwer Mabil (instagram.com/awermabil10)

Awer Mabil juga sedang berkarier di liga top Eropa saat ini, tepatnya bersama Cadiz di LaLiga Spanyol. Mabil adalah winger 27 tahun keturunan Sudan Selatan yang lahir sebagai pengungsi di Kenya. Kehidupannya berubah setelah ia bermigrasi ke Australia dan mulai berkarier sebagai pesepak bola.

Kini, Mabil bisa bermain di LaLiga serta mewakili Australia di Piala Dunia 2022. Ia bahkan sempat tampil saat Australia menghadapi Prancis di partai pertama Grup D meski hanya 17 menit. Secara total, Mabil sudah mencatat 30 caps bareng Socceroos dan menyumbang 8 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022

3. Mathew Ryan

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top EropaMathew Ryan (twitter.com/Socceroos)

Anggota skuad Australia yang masih bermain di liga top Eropa hanyalah Ajdin Hrustic dan Awer Mabil. Sementara, ada tiga nama lain yang pernah berkarier di liga top Eropa tetapi kini sudah pindah. Salah satunya Mathew Ryan, kiper utama sekaligus kapten Australia di Piala Dunia 2022.

Ryan saat ini membela Copenhagen di divisi utama Liga Denmark. Namun, ia punya pengalaman bermain di LaLiga bersama Valencia dan Real Sociedad. Ia juga pernah merumput di English Premier League (EPL) bersama Brighton & Hove Albion serta Arsenal.

Bersama timnas, Ryan juga sudah kenyang pengalaman. Ia telah jadi kiper utama Australia sejak Piala Dunia 2014 Brasil dan Piala Dunia 2018 Rusia. Sayangnya, dari total tujuh penampilan di Piala Dunia sejauh ini, Ryan sudah kebobolan 18 kali dan belum pernah mencatat clean sheet.

4. Aaron Mooy

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top EropaAaron Mooy (instagram.com/aaronmooy)

Aaron Mooy juga pernah berkarier di EPL bersama Brighton, tepatnya pada musim 2019/2020. Sebelumnya, ia pun sempat tampil di EPL selama dua musim bersama Huddersfield Town. Bahkan, Mooy sempat jadi pemain Manchester City pada musim 2016/2017 meski tak mencatat satu pun penampilan.

Aaron Mooy sendiri adalah gelandang 32 tahun yang telah membela Timnas Australia sejak 2012. Ia sudah jadi pemain inti Socceroos sejak Piala Dunia 2018. Sejauh ini, Mooy sudah mengoleksi 54 caps dengan 7 gol.

5. Mathew Leckie

5 Pemain Australia di Piala Dunia 2022 Pernah Icipi Liga Top EropaMathew Leckie (instagram.com/lecks.7)

Satu nama lagi adalah Mathew Leckie, winger yang juga sudah membela Timnas Australia sejak 2012. Leckie saat ini bermain di negaranya sendiri bersama Melbourne City. Sebelumnya, ia pernah menjajal Bundesliga Jerman selama total tujuh musim bersama Borussia Monchengladbach, FC Ingolstadt, dan Hertha Berlin.

Total 139 penampilan dicatat Leckie di Bundesliga dengan torehan 10 gol dan 6 assists. Di sisi lain, statistiknya bersama timnas adalah 74 laga dengan koleksi 13 gol dan 6 assists. Itu termasuk assist yang ia buat kala Australia kalah 1-4 dari Prancis di laga pertama Grup D Piala Dunia 2022.

Minim pemain dengan pengalaman di liga top Eropa, Australia tampaknya bakal kesulitan bersaing di Piala Dunia 2022. Namun, segalanya masih bisa terjadi karena Piala Dunia edisi kali ini sudah diwarnai beberapa kejutan. Mampukah Australia jadi salah satu tim yang mengejutkan?

Baca Juga: Bekuk Tunisia, Australia Jaga Asa Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya