7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga Domestik

Ada yang pernah juara Bundesliga

Bayer Leverkusen tampil gemilang di Bundesliga Jerman pada awal 2023/2024. Tim asuhan Xabi Alonso sukses memimpin klasemen sementara setelah 8 pekan berjalan. Rekor Leverkusen bahkan nyaris sempurna dengan 7 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Meski musim ini masih panjang, tak berlebihan menyebut Leverkusen punya kans juara Bundesliga. Namun, untuk bisa mewujudkannya, yang dibutuhkan bukan hanya ketangkasan dan strategi mumpuni. Mental juara juga perlu dimiliki Leverkusen.

Untuk itu, peran para pemain berpengalaman di skuad Leverkusen amat dibutuhkan. Khususnya mereka yang sudah pernah merasakan jadi juara liga domestik sebelumnya.

Inilah tujuh pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang pernah juara liga domestik.

1. Josip Stanisic pernah juara Bundesliga bersama Bayern Munich

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikJosip Stanisic (instagram.com/josip_stanisic)

Skuad Bayer Leverkusen musim ini ternyata berisi satu pemain yang pernah juara Bundesliga. Ia adalah Josip Stanisic, bek kanan yang sedang dipinjam dari Bayern Munich. Sejak membela tim senior Bayern Munich pada 2020/2021, Stanisic sudah tiga kali mengangkat trofi Bundesliga.

Meski demikian, Stanisic belum banyak kesempatan tampil bersama Bayern Munich. Peminjaman ke Bayer Leverkusen pun sejauh ini belum mengubah nasibnya. Stanisic baru empat kali tampil di Bundesliga 2023/2024, sebagian besar sebagai pengganti.

2. Alejandro Grimaldo meraih banyak trofi saat membela Benfica

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikAlejandro Grimaldo (instagram.com/grimaldo35)

Selain Stanisic, ada tiga lagi pemain Bayer Leverkusen yang pernah menjuarai liga domestik. Salah satunya Alejandro Grimaldo, bek kiri jebolan akademi Barcelona. Grimaldo tak pernah tampil membela tim utama Barcelona. Namun, ia sukses setelah hengkang ke Benfica pada 2015.

Bersama Benfica, Grimaldo meraih total 9 trofi dalam 7,5 musim. Itu termasuk empat trofi Primeira Liga Portugal. Grimaldo pun punya peran besar karena sukses jadi andalan Benfica. Tak heran jika ia langsung masuk tim inti Bayer Leverkusen sejak awal 2023/2024.

3. Granit Xhaka juara liga domestik pada awal kariernya

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikGranit Xhaka (instagram.com/granitxhaka)

Ada pula Granit Xhaka, gelandang anyar Bayer Leverkusen yang bergabung dari Arsenal. Xhaka sukses meraih empat trofi selama berseragam The Gunners. Namun, pengalaman Xhaka juara liga domestik bukan didapat bersama Arsenal, melainkan FC Basel.

FC Basel adalah klub besar Swiss tempat Xhaka memulai karier. Bersama Basel, Xhaka memenangi Swiss Super League pada 2010/2011 dan 2011/2012. Pengalaman sukses Xhaka di Basel dan Arsenal amat berharga bagi Leverkusen. Ia pun segera menjadi tumpuan di lini tengah klub barunya itu.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Latin di Skuad Bayer Leverkusen 2023/2024

4. Victor Boniface jadi top skor sementara Bayer Leverkusen pada 2023/2024

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikVictor Boniface (instagram.com/boniface_jrn)

Victor Boniface juga merapat ke Bayer Leverkusen sambil membawa pengalaman juara liga. Boniface adalah striker muda Nigeria yang baru didatangkan dari Union SG. Sebelumnya, Boniface pernah membela Bodo/Glimt di Norwegia dan sukses juara liga bersama mereka.

Penampilan Boniface pada awal 2023/2024 sendiri amat menarik perhatian. Ia langsung tajam bersama Leverkusen dengan torehan 9 gol dalam 11 penampilan di semua ajang. Boniface pun menjadi top skor sementara Leverkusen musim ini.

5. Patrik Schick pernah jadi top skor Leverkusen sebelum cedera

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikPatrik Schick (instagram.com/p_schicky)

Patrik Schick juga pernah menjuarai liga domestik pada awal kariernya. Striker asal Republik Ceko itu memulai karier di negaranya sendiri bersama Sparta Prague. Schick turut menjuarai Liga Republik Ceko pada 2013/2014 meski saat itu tak banyak bermain.

Bersama Bayer Leverkusen, Schick kini memasuki musim keempatnya. Ia sempat tampil tajam dan menjadi top skor Leverkusen pada 2021/2022. Sayangnya, Schick dihantam cedera pada musim berikutnya. Ia baru pulih pada Oktober 2023 dan belum tampil pada 2023/2024 ini.

6. Jeremie Frimpong pernah memenangi treble domestik

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikJeremie Frimpong (instagram.com/jeremiefrimpong22)

Ada pula Jeremie Frimpong, bek sayap asal Belanda yang bergabung ke Bayer Leverkusen pada awal 2021. Ia didatangkan Leverkusen dari raksasa Skotlandia, Celtic FC. Pada 2019/2020, Frimpong turut memenangi treble domestik bareng Celtic, termasuk juara Scottish Premiership.

Pengalaman juara serta kualitas Frimpong membuatnya jadi andalan Leverkusen. Baru berusia 22 tahun, ia sudah mengoleksi 106 penampilan bareng Leverkusen di semua ajang. Itu termasuk 11 laga musim ini, yang dihiasi torehan 5 gol dan 5 assist.

7. Odilon Kossounou dua kali juara Liga Belgia bareng Club Brugge

7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga DomestikOdilon Kossounou (instagram.com/odilonkossounou)

Satu lagi pemain aktif Bayer Leverkusen yang pernah juara liga domestik adalah Odilon Kossounou. Ia adalah bek tengah Pantai Gading yang membela Leverkusen sejak 2021. Kossounou diboyong Leverkusen setelah sukses di Club Brugge, termasuk memenangi dua trofi Liga Belgia.

Seperti Frimpong, Kossounou juga baru berusia 22 tahun. Namun, ia sudah jadi tumpuan Leverkusen. Kossounou memainkan 78 laga bagi Leverkusen, termasuk 10 penampilan musim ini.

Tujuh pemain di atas sudah pernah menjuarai liga domestik sebelum bergabung ke Bayer Leverkusen. Artinya, mental juara mereka sudah cukup teruji. Mampukah mereka membuktikan kekuatan mentalnya dan membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 7 Bayer Leverkusen sebelum Jonas Hofmann

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya