5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De Bruyne

De Bruyne bisa memecahkan rekor Benteke

Kevin De Bruyne adalah salah satu gelandang terbaik dalam sejarah English Premier League (EPL). Pria asal Belgia itu konsisten menunjukkan kualitasnya bersama Manchester City. Sukses Manchester City mendominasi EPL dalam 6 musim terakhir tak lepas dari peran integral De Bruyne.

Tak heran jika De Bruyne nyaris tak tergantikan di lini tengah Manchester City. Selama sedang fit, De Bruyne pasti menjadi andalan The Citizens, khususnya di EPL. Koleksi penampilan De Bruyne di EPL pun terus bertambah. Alhasil, De Bruyne kini sudah masuk daftar lima pemain Belgia dengan penampilan terbanyak di EPL.

1. Christian Benteke mengoleksi 280 penampilan di EPL

5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De BruyneChristian Benteke (instagram.com/christianbenteke)

Status pemain Belgia dengan penampilan terbanyak di EPL masih dipegang Christian Benteke. Benteke mulai berkarier di EPL pada 2012 bersama Aston Villa. Ia tampil tajam selama 3 musim berseragam Aston Villa hingga menarik minat Liverpool. Hanya 1 musim di Liverpool, Benteke lalu hengkang ke Crystal Palace dan bertahan hingga 2022.

Secara total, Benteke melakoni 280 penampilan selama 10 musim di EPL. Sebagai striker, koleksi gol Benteke di EPL mencapai 86 buah, jumlah kedua terbanyak setelah Romelu Lukaku. Sayangnya, Benteke tak pernah meraih trofi apa pun selama bermain di Inggris. Saat ini, Benteke sedang melanjutkan karier di Amerika Serikat bersama DC United.

Baca Juga: 4 Kemenangan Terbesar Arsenal di EPL 2023/2024 per Februari 2024

2. Romelu Lukaku sudah tampil 278 kali di EPL dan masih mungkin bertambah

5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De BruyneRomelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Inilah sang pemain Belgia tertajam dalam sejarah Premier League. Romelu Lukaku punya koleksi 121 gol di EPL. Jumlah itu ia raih dalam 278 penampilan bareng 4 klub berbeda. Dua klub di antaranya adalah klub besar, yaitu Chelsea dan Manchester United. Namun, Lukaku justru paling tajam saat membela Everton pada 2014–2017.

Saat ini, Lukaku sedang dipinjamkan Chelsea ke AS Roma pada 2023/2024. Namun, ada kemungkinan ia akan dipulangkan Chelsea musim depan. Maka, jumlah penampilan dan gol Lukaku di EPL pun masih bisa bertambah. Ia juga masih punya peluang memenangi gelar juara EPL yang selama ini belum pernah diraihnya.

3. Vincent Kompany bermain 265 kali di EPL, semuanya bareng Manchester City

5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De BruyneVincent Kompany (premierleague.com)

Berikutnya, ada Vincent Kompany, bek tengah legendaris Manchester City yang kini sudah pensiun. Kompany hanya pernah memperkuat Manchester City selama bermain di EPL pada 2008–2019. Selama 11 tahun, Kompany nyaris tak tergantikan di lini belakang Manchester City. Ia pun sukses mengoleksi total 265 penampilan di EPL.

Selain jadi bek andalan, Kompany juga dipercaya menjadi kapten Manchester City sejak 2011. Hasilnya, ia sukses memimpin rekan-rekannya menjuarai EPL sebanyak empat kali. Ia juga sempat terpilih jadi pemain terbaik EPL pada 2011/2012. Saat ini, Kompany masih berkarier di EPL. Namun, perannya bukan sebagai pemain, melainkan manajer Burnley.

4. Marouane Fellaini melakoni 260 laga di EPL

5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De BruyneMarouane Fellaini (instagram.com/fellaini)

Marouane Fellaini juga sukses mengoleksi ratusan penampilan di EPL. Fellaini adalah gelandang Belgia yang punya ciri khas berupa rambut kribo. Ia juga dikenal memiliki fisik yang kuat dan jago dalam duel bola atas. Keunggulan itu sering berguna selama Fellaini membela Everton pada 2008–2013 dan Manchester United pada 2013–2019.

Alhasil, Fellaini berhasil mengoleksi 260 penampilan di EPL. Rinciannya adalah 141 laga bareng Everton dan 119 penampilan bersama Manchester United. Ada pula total 37 gol dan 16 assist yang ia buat di EPL. Sayangnya, Fellaini tak pernah merasakan gelar juara EPL. Namun, ia sempat membawa Manchester United meraih empat trofi di ajang lain.

5. Kevin De Bruyne sudah tampil 247 kali di EPL dan punya deretan prestasi hebat

5 Pemain Belgia dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Ada De BruyneKevin De Bruyne mengangkat trofi EPL 2022/2023. (mancity.com)

Kevin De Bruyne sah menjadi pemain Belgia dengan penampilan terbanyak kelima di EPL. Kepastian itu didapat saat ia tampil dalam laga melawan Brentford pada pekan ke-22 EPL 2023/2024. Itu adalah penampilan ke-246 bagi De Bruyne di EPL. Setelah itu, De Bruyne melakoni laga ke-247 saat Manchester City membekuk Everton pada pekan berikutnya.

Tak sekadar sering tampil, kiprah De Bruyne di EPL juga diwarnai banyak prestasi. Sang gelandang Manchester City adalah pemain Belgia tersukses di EPL dengan lima gelar juara. Ia juga punya 2 penghargaan EPL Player of the Season dan 3 Playmaker of the Season.

Ada pula torehan 65 gol di EPL yang dibuat De Bruyne di EPL sejauh ini. Namun, De Bruyne lebih dikenal sebagai jagonya membuat assist. Dengan 106 assist, De Bruyne menjadi pengoleksi assist terbanyak ketiga dalam sejarah EPL. Ia hanya kalah dari Ryan Giggs yang membuat 162 assist dan Cesc Fabregas dengan 111 assist.

Jarak jumlah penampilan Kevin De Bruyne dengan Christian Benteke di EPL tidak terlampau jauh. Besar kemungkinan, De Bruyne bakal melewati catatan Benteke suatu saat nanti. Jika berhasil, De Bruyne bakal makin layak disebut pemain Belgia terbaik dalam sejarah EPL.

Baca Juga: Kisah Kevin De Bruyne yang Tak Hanya Genius sebagai Raja Assist

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya