4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007

Neymar Jr paling sering

Brasil adalah salah satu negara produsen pesepak bola kelas dunia paling banyak. Sejak dahulu hingga sekarang, ada saja pemain asal Brasil yang bersinar. Pemain Brasil bahkan pernah mendominasi daftar pemenang penghargaan individual paling bergengsi, Ballon d'Or.

Dominasi itu terjadi pada 1997–2007. Dalam jangka waktu 11 tahun, Ballon d'Or sukses dimenangi pemain Brasil sebanyak 5 kali. Ronaldo Nazario dua kali jadi pemenang. Rivaldo dan Ronaldinho masing-masing menang sekali. Terakhir, ada Kaka yang merengkuh Ballon d'Or 2007.

Sayangnya, sejak itu, belum ada lagi pemain asal Brasil yang sukses memenangi Ballon d'Or. Raihan terbaik mereka hanyalah masuk sepuluh besar saat pemilihan. Empat pemain Brasil berikut inilah yang berhasil mencapainya sejak 2007.

1. Kaka masih bersaing di gelaran Ballon d'Or pada 2008 dan 2009

4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007Kaka (acmilan.com)

Setelah jadi pemenang pada 2007, Kaka kembali masuk nominasi Ballon d'Or 2008 dan 2009. Saat itu, performa Kaka memang masih apik bersama AC Milan. Hasilnya, ia finis di peringkat ke-9 pada gelaran Ballon d'Or 2008. Tahun berikutnya, raihan Kaka bahkan naik ke peringkat enam.

Sayangnya, setelah itu, Kaka tak pernah lagi masuk nominasi Ballon d'Or. Penampilannya tak lagi optimal sejak hijrah ke Real Madrid pada musim panas 2009. Meski demikian, status Kaka sebagai pemain Brasil terakhir yang meraih Ballon d'Or belum berubah hingga kini.

2. Neymar Jr enam kali masuk sepuluh besar Ballon d'Or

4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007Neymar Jr (fcbarcelona.com)

Pemain Brasil dengan capaian terbaik di pemilihan Ballon d'Or setelah Kaka adalah Neymar Jr. Sejak masih bermain di Brasil bersama Santos, Neymar Jr sudah masuk nominasi Ballon d'Or 2011. Ia bahkan finis di peringkat kesepuluh saat pemilihan pemenang tahun tersebut.

Sejak itu, Neymar Jr selalu masuk nominasi Ballon d'Or setiap tahun hingga 2021. Satu-satunya pengecualian terjadi pada 2019. Dari 9 kali masuk nominasi, Neymar Jr 6 kali berakhir di peringkat 10 besar.

Capaian terbaik Neymar Jr adalah peringkat ketiga pada 2015. Ia merupakan aktor penting kesuksesan Barcelona meraih treble winners 2014/2015. Neymar pun menjadi satu-satunya pemain Brasil yang masuk tiga besar Ballon d'Or sejak 2007.

Baca Juga: 4 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Bermain di MLS, Termasuk Messi

3. Alisson Becker tampil gemilang bareng Liverpool dan Timnas Brasil pada 2019

4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007Alisson Becker membawa Liverpool juara Liga Champions 2018/2019. (liverpoolfc.com)

Ada pula penjaga gawang asal Brasil yang pernah masuk 10 besar Ballon d'Or. Ia adalah Alisson Becker, kiper yang membela Liverpool sejak 2018. Alisson langsung tampil gemilang bareng Liverpool pada musim pertamanya. Ia membawa The Reds juara Liga Champions Eropa 2018/2019.

Performa Alisson sepanjang musim tersebut memang luar biasa. Ia tampil 51 kali di semua ajang, mencatat 27 clean sheet, dan hanya kebobolan 34 kali. Di Liga Champions, Alisson tak pernah absen sejak fase grup hingga ke final. Ia juga sempat membuat enam clean sheet.

Selain itu, Alisson juga membawa Timnas Brasil juara Copa America 2019. Ia tampil di sepanjang turnamen dan hanya kebobolan satu kali. Dengan layak, Alisson pun finis di urutan ketujuh Ballon d'Or 2019. Ia juga memenangi trofi Yashin alias dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia.

4. Vinicius Junior bisa susul capaian Kaka di masa depan

4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007Vinicius Junior (instagram.com/vinijr)

Dalam 2 tahun terakhir, ada pemain muda Brasil yang masuk 10 besar pemilihan Ballon d'Or. Ia adalah Vinicius Junior, winger Real Madrid. Performa Vinicius memang meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ia khususnya makin berkembang dalam hal ketajaman mencetak gol.

Pada tahun 2022, Vinicius finis di peringkat kedelapan Ballon d'Or. Sementara, pada 2023 ini, ia naik ke peringkat keenam. Bukan mustahil, tahun depan capaiannya akan meningkat lagi. Ia bahkan bisa jadi pemain Brasil pertama yang memenangi Ballon d'Or setelah Kaka.

Sudah 16 tahun berlalu sejak Kaka memenangi Ballon d'Or 2007. Sejumlah pemain Brasil berusaha mengikuti jejak Kaka, tetapi belum ada yang berhasil. Kira-kira, kapan trofi Ballon d'Or akan jatuh ke tangan pemain Brasil lagi?

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d'Or Tertua Sepanjang Masa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya