5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!

Termasuk Azpilicueta yang masih membela Chelsea

Chelsea sejak dulu cukup sering mendatangkan pemain dari klub-klub Ligue 1 Prancis. Beberapa pemain legendaris yang pernah diboyong Chelsea dari Prancis mencakup Petr Cech, Michael Essien, hingga Eden Hazard. Setelah bergabung dengan Chelsea, mereka sukses menjelma jadi andalan The Blues selama bertahun-tahun.

Salah satu klub Prancis yang pemainnya pernah beberapa kali diboyong oleh Chelsea adalah Olympique Marseille. Siapa saja pemain Chelsea yang didatangkan dari Marseille, dan apakah mereka sukses bersama The Blues? Ini dia ulasannya.

1. Didier Drogba

5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!potret Didier Drogba berseragam Chelsea (chelseafc.com)

Salah satu pemain terbaik yang pernah didatangkan Chelsea dari Marseille tentu adalah Didier Drogba. Striker asal Pantai Gading ini sebenarnya hanya sempat membela Marseille semusim, yaitu pada 2003/2004.

Namun, ketajamannya sudah cukup untuk membuat Chelsea memboyongnya ke Stamford Bridge. Bersama Chelsea, Drogba menjelma jadi salah satu striker terbaik di Eropa pada masanya.

Drogba mencatat total 164 gol dan 87 assists dalam 381 laga bersama Chelsea di semua ajang. Ia juga berjasa besar dalam sukses The Blues memenangi 14 trofi. Benar-benar pembelian yang efektif!

2. William Gallas

5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!potret William Gallas berseragam Chelsea (transfermarkt.com)

William Gallas juga adalah pemain yang didatangkan Chelsea dari Marseille. Gallas diboyong pada 2001 dengan harga 9,3 juta euro atau Rp149 miliar.

Harga itu terbilang mahal pada tahun tersebut, dan Gallas sukses membuktikan bahwa ia pantas diberi harga tinggi. Gallas membela Chelsea selama empat musim. Ia mencatat 225 laga di semua ajang dan mencetak 14 gol.

Gallas juga turut berjasa membawa The Blues juara Premier League pada 2004/2005 dan 2005/2006. Uniknya, Gallas kemudian hijrah ke dua klub yang merupakan rival sekota Chelsea, yaitu Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam Chelsea

3. Cesar Azpilicueta

5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!Cesar Azpilicueta mencium trofi Piala Dunia Antarklub. (twitter.com/brfootball.com)

Cesar Azpilicueta sang kapten Chelsea saat ini ternyata juga dibeli dari Marseille. Bek kanan asal Spanyol ini diboyong ke Stamford Bridge pada 2012, dan ia masih bertahan hingga kini.

Karena loyalitasnya, Azpilicueta dipercaya menjadi kapten Chelsea sejak 2019. Azpilicueta juga senantiasa jadi andalan Chelsea dari musim ke musim.

Sejauh ini, Azpi sudah bermain 460 kali di semua ajang dengan sumbangan 15 gol dan 56 assists. Ia juga sudah memenangi semua jenis trofi bersama Chelsea, mulai dari Premier League, Liga Champions, hingga yang terbaru adalah Piala Dunia Antarklub.

4. Michy Batshuayi

5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!Michy Batshuayi (instagram.com/mbatshuayi)

Sementara Michy Batshuayi adalah striker asal Belgia yang membela Chelsea sejak 2016. Ia dibeli setelah tampil tajam bersama Marseille dengan mencetak 33 gol dalam 78 laga.

Namun, ketajaman Batshuayi tak terlalu terlihat selama membela Chelsea. Batshuayi pun akhirnya lebih banyak dipinjamkan ke klub lain, termasuk ke Besiktas pada musim 2021/2022 ini.

Sejauh ini, Batshuayi baru mencatat 77 laga bersama Chelsea di semua ajang dan mencetak 25 gol. Kontrak Batshuayi pun tinggal tersisa hingga akhir musim ini, dan bisa jadi ia akan meninggalkan Chelsea setelah itu.

5. Pierre Issa

5 Pemain yang Didatangkan Chelsea dari Marseille, Banyak yang Sukses!potret Pierre Issa berseragam Timnas Afrika Selatan (sofoot.com)

Satu lagi pemain yang pernah didatangkan Chelsea dari Marseille adalah Pierre Issa. Ia adalah bek tengah asal Afrika Selatan yang membela Marseille pada 1995 hingga 2001.

Ia lau bergabung dengan Chelsea selama setengah musim pada 2001, meski hanya sebagai pemain pinjaman. Sayangnya, Issa tak sempat mencatat satu pun penampilan bersama Chelsea.

Ia pun dipulangkan ke Marseille sebelum akhirnya dijual ke Watford. Pencapaian terbaik Issa selama berkarier di Eropa adalah membawa Marseille mencapai final Piala UEFA 1998/1999.

 

Sebagian besar pemain di atas sukses bersama Chelsea setelah didatangkan dari Olympique Marseille. Apakah The Blues akan memboyong pemain dari Marseille lagi pada masa depan?

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dipinjamkan Pemain oleh Chelsea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya