5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!

Sebagian besar pemain asal Prancis

Olympique Marseille adalah klub Prancis yang menjadi runner-up Ligue 1 2021/2022. Menghadapi musim 2022/2023, Marseille bisa menghadapi persaingan yang lebih ketat di liga. Karena itu, mereka bergerak aktif di bursa transfer musim panas 2022, dan sejauh ini sudah memboyong sepuluh pemain.

Dua di antara pemain baru tersebut didatangkan dari Arsenal. Dengan demikian, Marseille menambah panjang daftar pemain yang pernah mereka boyong dari The Gunners. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Abou Diaby

5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!Abou Diaby (arsenal.com)

Abou Diaby adalah mantan gelandang asal Prancis yang membela Arsenal pada 2006–2015. Diaby diboyong Arsenal dari klub Ligue 1, Auxerre. Meski membela Arsenal selama hampir 10 tahun, jumlah penampilan Diaby bersama The Gunners hanya mencapai 180 laga karena ia rentan cedera.

Diaby pun meninggalkan Arsenal pada 2015 setelah kontraknya habis. Ia lalu bergabung dengan Marseille, tetapi masalah keburagan masih terus menghantuinya. Diaby akhirnya hanya tampil 6 kali dalam 2 musim bersama Marseille, sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2017.

2. William Saliba

5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!William Saliba (instagram.com/w.saliba4)

Loncat ke musim 2021/2022 alias musim lalu, Marseille mendatangkan tiga pemain sekaligus dari Arsenal. Dua di antaranya didatangkan pada awal musim sebagai pinjaman, termasuk William Saliba. Saliba adalah bek tengah 21 tahun asal Prancis yang bergabung dengan Arsenal sejak 2019.

Sejauh ini, Saliba belum tampil sekali pun dalam partai resmi bersama Arsenal. Ia tak juga diberi kesempatan dan lebih banyak dipinjamkan ke klub-klub lain. Namun, peruntungan Saliba tampaknya akan segera berubah. Selama dipinjam Marseille, Saliba sukses tampil apik di Ligue 1.

Saliba bahkan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Ligue 1 2021/2022. Arsenal pun sudah memulangkan Saliba, dan ia sudah dipastikan akan jadi bagian skuad The Gunners mulai musim 2022/2023. Dengan kualitasnya, Saliba berpotensi jadi bek andalan Arsenal pada masa depan.

Baca Juga: Dipinjam Dahulu, 5 Pemain Ini Dibeli Permanen oleh Olympique Marseille

3. Matteo Guendouzi

5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!Matteo Guendouzi (instagram.com/matteoguendouzi)

Matteo Guendouzi juga dipinjam Marseille dari Arsenal pada musim 2021/2022. Sama seperti Saliba, peminjaman itu juga berefek positif bagi Guendouzi. Ia menjadi pemain andalan Marseille, dengan catatan 54 penampilan di semua ajang dan mencetak 5 gol serta 14 assists.

Berkat penampilan apik tersebut, Guendouzi akhirnya dipermanenkan Marseille dengan harga 11 juta euro atau Rp166 miliar. Masa pengabdiannya kepada Arsenal yang dimulai tahun 2018 pun usai. Guendouzi sendiri sebenarnya sempat didandalkan Arsenal, tetapi lalu terusir dari skuad karena masalah disiplin.

4. Sead Kolasinac

5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!Sead Kolasinac (instagram.com/seadk6)

Sementara, Sead Kolasinac bergabung dengan Marseille pada paruh musim 2021/2022. Kolasinac adalah bek kiri asal Bosnia yang membela Arsenal sejak 2017. Ia sempat mencatat banyak penampilan dalam tiga musim pertamanya, tetapi belakangan makin jarang bermain.

Kolasinac pun dilepas ke Marseille pada Januari 2022 dengan status bebas transfer. Ia mendapat kontrak 1,5 musim alias hingga Juni 2023. Selama paruh kedua musim 2021/2022, Kolasinac tampil tujuh belas kali bersama Marseille, meski lebih sering sebagai pengganti.

5. Nuno Tavares

5 Pemain yang Didatangkan Marseille dari Arsenal, Ada yang Baru!Nuno Tavares (instagram.com/nuno_tavares71)

Nuno Tavares menjadi pemain terbaru yang didatangkan Marseille dari Arsenal. Tavares sebenarnya baru didatangkan Arsenal pada awal 2021/2022. Namun, sepanjang musim lalu, bek kiri asal Portugal ini memang lebih sering diplot sebagai pelapis.

Tavares pun bergabung ke Marseille pada musim panas 2022 sebagai pemain pinjaman. Meski hanya pinjaman, bisa jadi ia akhirnya akan diandalkan Marseille, seperti yang dialami Saliba dan Guendouzi. Bahkan, bukan mustahil ia bakal dipermanenkan jika nantinya berhasil tampil apik bersama Marseille.

 

Marseille bakal mengarungi musim 2022/2023 bersama tiga pemain yang mereka datangkan dari Arsenal. Situasi itu sama seperti pada musim 2021/2022 lalu. Apakah Marseille bakal kembali meraih hasil positif di Ligue 1 musim depan, bahkan menyaingi Paris Saint-Germain jadi juara?

Baca Juga: 5 Rekrutan Olympique Marseille Musim Panas 2022, Siap Bersaing!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya