5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023

Bisakah mereka sukses dengan nomor punggung yang baru?

Kepergian seorang pemain dari sebuah klub dalam bursa transfer bisa menimbulkan sejumlah efek. Salah satu efek yang mungkin sering terlupakan adalah kosongnya nomor punggung yang ia tinggalkan. Alhasil, momor tersebut kemudian bisa dipakai oleh pemain lain.

Terkadang, nomor tersebut akhirnya digunakan oleh pemain anyar yang baru bergabung. Namun, tak jarang pula akhirnya ada pemain lama yang memutuskan mengambil nomor tersebut. Pada musim panas 2022, sejumlah pemain telah mengganti nomor punggung menyusul kepergian rekannya ke klub lain.

Lima pemain klub Premier League Inggris berikut ini adalah contohnya. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Bruno Fernandes

5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Bruno Fernandes (instagram.com/brunofernandes.10)

Manchester United ditinggal sejumlah pemain yang habis kontrak pada musim panas 2022. Salah satunya adalah Juan Mata, gelandang Spanyol yang membela United sejak 2013. Nomor punggung 8 yang tadinya dipakai Mata pun menjadi lowong sehingga kemudian diambil alih oleh Bruno Fernandes.

Nomor 8 sendiri cukup krusial dalam sejarah Manchester United karena pernah dipakai sejumlah pemain top. Selain Mata, ada Paul Ince, Nicky Butt, hingga Wayne Rooney. Penggunaan nomor 8 akan makin menegaskan bahwa Bruno Fernandes memiliki peran penting bagi United.

2. Joao Cancelo

5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Joao Cancelo akan memakai nomor punggung 7 mulai musim 2022/2023. (mancity.com)

Rekan Bruno Fernandes di Timnas Portugal, Joao Cancelo, juga berganti nomor punggung pada musim panas 2022. Awalnya, Cancelo mengenakan nomor 27 sejak ia bergabung dengan City pada 2019. Namun, kini Cancelo akan memakai nomor 7, nomor peninggalan Raheem Sterling yang pindah ke Chelsea.

Pemilihan nomor 7 sendiri sebenarnya terbilang unik karena Cancelo berposisi bek sayap. Umumnya, nomor 7 lebih sering dipakai gelandang atau winger. Namun, Cancelo menjelaskan bahwa ternyata ia memilih nomor 7 karena itu adalah nomor favorit ibunya.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 7 di Manchester City sebelum Joao Cancelo

3. Eddie Nketiah

5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Eddie Nketiah memakai nomor punggung 14 mulai musim 2022/2023. (instagram.com/eddienketiah)

Berikutnya, ada Eddie Nketiah, striker 23 tahun jebolan akademi Arsenal. Nketiah telah membela Arsenal sejak 2017, tetapi catatan golnya terbilang tidak impresif. Namun, pada musim 2021/2022 kemarin, ketajaman Nketiah meningkat hingga akhirnya ia mencapai jumlah dua digit gol semusim.

Karena itu, Nketiah dianggap layak mewarisi nomor punggung 14 yang legendaris. Fans Arsenal pasti tahu bahwa nomor 14 adalah peninggalan Thierry Henry, sang top skor sepanjang masa The Gunners. Menarik ditunggu apakah menggunakan nomor tersebut bakal membuat Nketiah makin terpacu untuk tampil maksimal.

4. Aaron Ramsdale

5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Aaron Ramsdale memakai nomor punggung 1 mulai musim 2022/2023. (arsenal.com)

Pemain Arsenal yang berganti nomor punggung pada musim panas 2022 bukan hanya Nketiah. Menyusul kepindahan Bernd Leno ke Fulham, Aaron Ramsdale pun mengambil nomor punggung 1. Nomor tersebut indentik dengan status penjaga gawang utama yang sejak musim lalu memang sudah menjadi milik Ramsdale.

Sebelum Leno dan Ramsdale, cukup banyak penjaga gawang top yang pernah memakai nomor punggung 1 di Arsenal, misalnya David Seaman, Jens Lehmann, hingga Petr Cech. Jika bisa terus konsisten jadi kiper utama Arsenal, Ramsdale bisa jadi salah satu kiper legendaris Arsenal seperti nama-nama tersebut.

5. Danny Ings

5 Pemain Klub EPL yang Berganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Danny Ings memakai nomor punggung 9 mulai musim 2022/2023. (instagram.com/ingstagram10)

Satu lagi pemain klub Premier League Inggris yang baru saja berganti nomor punggung adalah Danny Ings. Ings merupakan striker Inggris yang membela Aston Villa sejak awal 2021/2022. Awalnya, Ings menggunakan nomor punggung 20, tetapi kini telah ganti memakai nomor 9 yang identik dengan striker utama.

Nomor 9 di Aston Villa sendiri sebelumnya dipakai oleh Wesley Moraes. Wesley adalah striker asal Brasil yang membela Villa sejak 2019, tetapi sejauh ini belum bersinar bareng Villa. Wesley saat ini sedang dipinjamkan ke Levante sehingga nomor punggungnya diambil alih oleh Ings.

 

Mengganti nomor punggung bisa berefek positif bagi seorang pemain. Namun, terkadang ada pula yang malah terbebani dengan nomor punggung barunya sehingga gagal tampil maksimal. Apakah lima pemain di atas bakal bersinar atau justru meredup dengan nomor punggung baru yang mereka pakai?

Baca Juga: 5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum Eriksen

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya