5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum Trusty

Ada yang membawa Sheffield promosi

Sheffield United kembali berlaga di English Premier League (EPL) pada 2023/2024. Demi bersaing di divisi teratas, Sheffield mendatangkan beberapa pemain baru pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satunya Auston Trusty, bek Amerika Serikat yang diboyong dari Arsenal.

Trusty menjadi tambahan amunisi yang berharga di lini belakang Sheffield United. Ia juga merupakan pemain terbaru yang didatangkan The Blades dari klub besar EPL. Sebelum Trusty, inilah lima pemain terakhir yang digaet Sheffield dari para raksasa Premier League.

1. Rhian Brewster pegang rekor pemain termahal Sheffield United

5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum TrustyRhian Brewster (instagram.com/rhianbrewster)

Pertama, ada Rhian Brewster, striker muda asal Inggris. Brewster merupakan pemain jebolan akademi Liverpool. Ia hanya sempat melakoni empat penampilan bareng tim utama Liverpool. Namun, Brewster turut menjadi bagian skuad The Reds yang menjuarai Liga Champions Eropa 2018/2019.

Pada musim panas 2020, Brewster akhirnya dilepas Liverpool. Ia dibeli Sheffield United dengan harga mahal, yaitu 26 juta euro atau Rp434 miliar. Hingga kini, Brewster pun masih memegang rekor pemain termahal dalam sejarah Sheffield United.

Sejak bergabung, Brewster sudah tampil dalam 63 laga bagi Sheffield di semua ajang. Sayangnya, produktivitasnya terbilang minim dengan catatan lima gol saja sejauh ini. Sialnya lagi, Brewster saat ini belum bisa bermain lagi karena mengalami cedera hamstring sejak Oktober 2022.

2. Ethan Ampadu pernah dipinjam Sheffield dari Chelsea

5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum TrustyEthan Ampadu (instagram.com/ethanamp26)

Ethan Ampadu juga didatangkan Shefield United pada musim panas 2020. Namun, statusnya hanya sebagai pinjaman dari Chelsea. Ampadu sendiri adalah bek atau gelandang bertahan asal Wales. Selama berseragam Chelsea, Ampadu memang kesulitan mendapat menit bermain.

Peminjaman ke Sheffield pun bermanfaat bagi Ampadu karena bisa menambah jam terbang. Ampadu tampil 29 kali bagi Sheffield selama dipinjam, termasuk 25 penampilan di Premier League. Sayangnya, ia gagal mencegah Sheffield terdegradasi dari EPL pada akhir musim.

Baca Juga: 12 Potret Gustavo Hamer, Gelandang Bertahan Anyar Sheffield United

3. Ben Davies gagal bawa Sheffield United promosi ke EPL

5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum TrustyBen Davies (instagram.com/bendavies1108)

Ada cukup banyak pemain yang didatangkan Sheffield United dari klub besar Premier League dengan status pinjaman. Selain Ampadu, ada pula Ben Davies, bek asal Inggris. Davies dipinjam Sheffield pada 2021/2022 dari Liverpool.

Sheffield bermain di EFL Championship pada musim tersebut. Davies pun sempat tampil 22 kali bagi Sheffield dan turut membawa mereka ke babak playoff promosi. Sayangnya, Sheffield gagal meraih tiket promosi ke EPL karena gugur pada babak semifinal playoff.

4. Tommy Doyle jadi andalan di lini tengah Sheffield

5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum TrustyTommy Doyle (instagram.com/tommy.doyle8)

Pada musim panas 2022, Sheffield United meminjam dua pemain muda dari Manchester City. Ternyata, keduanya berhasil mengantarkan Sheffield promosi ke Premier League. Salah satunya adalah Tommy Doyle, gelandang asal Inggris berusia 21 tahun.

Meski masih muda, Doyle menjadi andalan Sheffield sepanjang 2022/2023. Ia tampil 33 kali di EFL Championship dan mencetak 3 gol serta 4 assist. Meski berperan penting, Doyle tak bisa terus membela Sheffield karena dipulangkan Manchester City pada musim panas 2023.

5. James McAtee calon andalan masa depan Manchester City

5 Pemain Gaetan Sheffield United dari Klub Besar EPL sebelum TrustyJames McAtee (instagram.com/jamesmcatee_)

Bersama Tommy Doyle, James McAtee juga dipinjam Sheffield United dari Manchester City pada 2022/2023. Seperti Doyle, McAtee berposisi gelandang. Ia menjadi andalan di lini tengah Sheffield selama dipinjam, dengan catatan 43 penampilan di semua ajang.

Khusus di Championship, McAtee bermain 37 kali bagi Sheffield dan mencetak 9 gol. Ia menjadi pemain Sheffield tertajam ketiga pada 2022/2023. Kini, McAtee yang baru berusia 20 tahun sudah kembali ke Manchester City. Ia punya prospek cerah untuk menjadi andalan The Citizens pada masa depan.

Para pemain di atas mencatat cukup banyak penampilan bareng Sheffield United setelah digaet dari klub besar Premier League. Auston Trusty punya kans untuk mengalami hal yang sama pada 2023/2024. Akankah ia juga turut meraih prestasi bersama Sheffield United?

Baca Juga: 5 Rekrutan Sheffield United pada Musim Panas 2023, Dominasi Nama Muda!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya