4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap Menyusul

Sebagian besar juara bersama Real Madrid

Bursa transfer musim panas 2023 telah diwarnai sejumlah kepindahan pemain yang fenomenal. Salah satu yang paling menyita atensi adalah transfer Jude Bellingham dari Borussia Dortmund ke Real Madrid. Gelandang muda Inggris itu bakal jadi bagian generasi baru skuad Real Madrid.

Bergabung dengan klub sebesar Real Madrid, kans Bellingham meraih sukses terbuka lebar. Salah satu prestasi yang pasti ia dambakan adalah juara LaLiga Spanyol. Jika nantinya berhasil, Bellingham bakal menyusul empat pemain Inggris berikut yang pernah juara LaLiga.

1. Laurie Cunningham jadi pemain Inggris pertama yang juara LaLiga

4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap MenyusulLaurie Cunningham (realmadrid.com)

Laurie Cunningham adalah salah satu pemain Inggris paling pertama di LaLiga Spanyol. Cunningham mulai bermain di LaLiga pada 1979 bersama Real Madrid. Ia pun menjadi pemain Britania Raya pertama yang pernah berseragam Los Blancos.

Hebatnya, musim pertama Cunningham di Spanyol langsung berbuah trofi. Ia membawa Real Madrid juara LaLiga 1979/1980 dengan catatan 29 penampilan dan 8 gol. Sayangnya, jumlah penampilan Cunningham mulai menurun pada tahun-tahun berikutnya. Ia pun meninggalkan Real Madrid pada 1984.

2. Steve McManaman sukses besar bersama Real Madrid

4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap MenyusulSteve McManaman (realmadrid.com)

Sekitar 20 tahun setelah Cunningham, Steve McManaman menjadi pemain Inggris kedua yang menjuarai LaLiga. McManaman pun melakukannya bersama Real Madrid. Bergabung dengan Los Blancos pada 1999, ia turut memenangi gelar juara LaLiga musim 2000/2001 dan 2002/2003.

McManaman memenangi total enam trofi selama 4 musim berseragam Real Madrid. Itu termasuk dua gelar juara Liga Champions. Dengan catatan 158 penampian, ia punya peran besar dalam raihan tersebut. McManaman pun pantas disebut salah satu pemain Inggris terbaik dalam sejarah Liga Spanyol.

Baca Juga: Strategi Real Madrid yang Cerdas Demi Bajak Kylian Mbappe

3. David Beckham berjaya bersama skuad Los Galactios Real Madrid

4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap MenyusulDavid Beckham (realmadrid.com)

Satu lagi pemain Inggris yang juara LaLiga bareng Real Madrid adalah David Beckham. Setelah memenangi segalanya bersama Manchester United, Beckham hijrah ke Real Madrid pada 2003. Ia menjadi bagian proyek ambisius Los Galacticos buatan Real Madrid yang sarat pemain bintang.

Sayangnya, skuad Galacticos Real Madrid justru sempat kesulitan meraih trofi. Mereka hanya meraih trofi Piala Super Spanyol dalam 3 musim sejak Beckham bergabung. Beruntung, Beckham akhirnya bisa mengangkat trofi LaLiga pada musim 2006/2007 alias musim terakhirnya di Spanyol.

4. Kieran Trippier juara LaLiga bareng tetangga Real Madrid

4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap MenyusulKieran Trippier (instagram.com/ktrippier2)

Kieran Trippier adalah pemain Inggris teranyar yang sukses berjaya di LaLiga Spanyol. Trippier hanya bermain 2,5 musim di Spanyol bersama Atletico Madrid pada 2019–2022. Namun, satu trofi LaLiga berhasil ia dapatkan pada musim 2020/2021.

Bagi Trippier, itu adalah trofi pertama yang ia raih dalam karier profesionalnya. Kini, Trippier sudah hijrah dari Spanyol dan kembali ke Inggris. Ia meninggalkan Atletico Madrid dengan catatan 86 penampilan dan sumbangan 11 assist di semua ajang.

5. Jude Bellingham berpeluang besar jadi pemain Inggris kelima yang juara LaLiga

4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap MenyusulJude Bellingham (realmadrid.com)

Sudah ada empat pemain Inggris yang pernah juara LaLiga Spanyol. Tiga di antaranya berjaya bareng Real Madrid. Jude Bellingham pun berpeluang menjadi yang berikutnya. Bahkan, ia bisa menjadi pemain kunci Real Madrid dalam mengincar trofi LaLiga ke-36.

Meski baru berusia 20 tahun, Bellingham sudah menunjukkan kematangan luar biasa. Ia menjadi andalan selama 3 musim berseragam Borussia Dortmund. Mental juara Bellingham juga sudah terbukti dengan membawa Dortmund menjuarai DFB-Pokal 2020/2021.

Musim 2022/2023 lalu, Bellingham bahkan nyaris mengantarkan Borussia Dortmund juara Bundesliga Jerman. Sayangnya, mereka batal juara setelah gagal menang di laga terakhir, di mana Bellingham absen. Meski tak juara, Bellingham tetap terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga 2022/2023.

Bersama Real Madrid, Jude Bellingham siap menjadi pemain Inggris kelima yang menjuarai LaLiga Spanyol. Akankah segera terwujud pada musim 2023/2024?

Baca Juga: Jude Bellingham Sudah Dapat Posisi Ideal dari Ancelotti

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya