3 Pemain Inggris yang Pernah Jadi Top Skor Chelsea, Palmer Menyusul?

Frank Lampard jelas masih jadi yang tertajam

Cole Palmer tampil gemilang bersama Chelsea pada 2023/2024. Baru didatangkan dari Manchester City pada awal musim, Palmer langsung menjadi andalan di lini tengah Chelsea. Ia juga sukses tampil tajam, bahkan menjadi top skor sementara The Blues musim ini dengan koleksi sembilan gol.

Sebagian besar gol Palmer memang tercipta melalui tendangan penalti. Namun, hal itu tak mengubah fakta bahwa Palmer adalah pemain tersubur Chelsea sejauh ini. Jika terus konsisten, gelandang berusia 21 tahun itu bisa mengakhiri musim ini sebagai top skor Chelsea.

Palmer pun bisa menjadi pemain Inggris berikutnya yang mencetak gol terbanyak bagi Chelsea. Dalam 2 dekade terakhir, Chelsea memang lebih sering mengandalkan pemain asing untuk mendulang gol. Namun, ada pula tiga pemain lokal yang sempat menjadi pemain tertajam The Blues dalam semusim.

1. Frank Lampard pernah menjadi top skor Chelsea dalam 4 musim

3 Pemain Inggris yang Pernah Jadi Top Skor Chelsea, Palmer Menyusul?Frank Lampard (chelseafc.com)

Frank Lampard adalah salah satu legenda terbesar yang pernah dimiliki Chelsea. Eks gelandang Timnas Inggris itu menikmati karier bertabur sukses bareng Chelsea medio 2001–2014. Meski berposisi gelandang, Lampard punya ketajaman yang luar biasa. Ia bahkan masih berstatus pencetak gol terbanyak dalam sejarah Chelsea.

Tak heran jika Lampard pernah beberapa kali menjadi top skor Chelsea. Ia bahkan menyandang status tersebut empat kali. Momen pertama terjadi pada 2004/2005 dengan torehan 19 gol di semua ajang. Ketajaman Lampard saat itu pun berbuah trofi English Premier League (EPL) pertama bagi Chelsea.

Lampard juga menjadi top skor sembari membawa Chelsea juara EPL pada 2005/2006.  Selanjutnya, ia kembali menjadi pemain tertajam The Blues pada 2007/2008 dan 2011/2012. Secara keseluruhan, Lampard mencetak 211 gol selama membela Chelsea, rekor yang masih belum terpecahkan hingga saat ini.

Baca Juga: Profil Samuel Iling-Junior, Tolak Beasiswa dari Chelsea demi Juventus

2. Tammy Abraham mencetak gol terbanyak bagi Chelsea pada 2019/2020 dan 2020/2021

3 Pemain Inggris yang Pernah Jadi Top Skor Chelsea, Palmer Menyusul?Tammy Abraham (chelseafc.com)

Setelah kepergian Lampard, Chelsea makin jarang memiliki pemain lokal yang bisa menjadi pendulang gol utama. Barulah pada 2019/2020, The Blues menemukan sosok Tammy Abraham. Abraham sebenarnya sudah muncul dari akademi Chelsea sejak 2015. Namun, ia baru mulai dipercaya menjadi ujung tombak utama mereka pada 2019/2020.

Hasilnya ternyata tidak sia-sia. Abraham menjadi pemain tersubur Chelsea pada musim tersebut dengan 18 gol di semua ajang. Ketajaman Abraham turut membawa The Blues menjadi runner-up EPL dan Piala FA. Pada 2020/2021, Abraham lagi-lagi menjadi top skor Chelsea. Ia mencetak 12 gol di semua ajang, setara dengan torehan Timo Werner.

Sayangnya, performa Tammy Abraham dianggap tidak cukup baik untuk terus menjadi striker andalan Chelsea. Ia pun dilepas ke AS Roma pada 2021. Abraham kemudian juga sempat menjadi top skor AS Roma pada musim pertamanya. Namun, belakangan jumlah golnya menurun akibat ia lebih sering menepi dampak cedera.

3. Raheem Sterling menjadi top skor Chelsea pada 2022/2023 dengan sembilan gol

3 Pemain Inggris yang Pernah Jadi Top Skor Chelsea, Palmer Menyusul?Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Pada 2022/2023, pemain yang menjadi top skor Chelsea juga berasal dari Inggris. Ia adalah Raheem Sterling, winger yang saat itu baru didatangkan dari Manchester City. Meski baru bergabung, Sterling langsung menjadi pemain inti Chelsea. Ia tampil 38 kali di semua ajang dan mencetak 9 gol.

Sterling masih membela Chelsea pada 2023/2024. Ketajamannya pun masih bertahan karena sejauh ini ia sudah menorehkan 7 gol dalam 24 penampilan. Selain itu, ia juga membuat tujuh assist bagi rekan-rekannya. Sayangnya, seperti pada 2022/2023, produktivitas Sterling musim ini belum mampu mengangkat Chelsea dari papan tengah EPL.

Hanya ada segelintir pemain Inggris yang bisa menjadi top skor Chelsea dalam 2 dekade terakhir. Setelah tiga pemain di atas, Cole Palmer berpeluang besar untuk menjadi yang berikutnya. Mampukah Palmer konsisten mempertahankan ketajaman hingga akhir 2023/2024 sambil mengerek peringkat Chelsea ke posisi yang lebih terpandang di Premier League 2023/2024?

Baca Juga: 6 Pemain Chelsea yang Akhirnya Membela Tottenham Hotspur

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya