5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester United

Mason Mount bakal menyusul?

Manchester United selalu menjadi klub yang ramai diperbincangkan tiap bursa transfer. Sayangnya, pada musim panas 2023 per 29 Juni, Setan Merah belum mendatangkan pemain baru. Namun, mereka dikabarkan sedang mengincar beberapa pemain, termasuk Mason Mount.

Soal kualitas, Mount sebenarnya termasuk pemain papan atas. Gelandang muda Chelsea itu bisa jadi aset berharga bagi Manchester United. Terlebih, ia berasal dari Inggris, sehingga bisa membantu Setan Merah memenuhi aturan kuota homegrown player.

Manchester United sendiri memang kerap mendatangkan pemain lokal dalam beberapa musim terakhir. Apakah hasilnya memuaskan? Coba lihat pemain Inggris terakhir yang diboyong permanen Manchester United ini!

1. Lee Grant

5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester UnitedLee Grant (manutd.com)

Pertama, ada Lee Grant, pemain asal Inggris berposisi kiper. Grant didatangkan Manchester United dari Stoke City pada musim panas 2018. Saat itu, Manchester United tak begitu aktif pada bursa transfer. Selain Grant, Setan Merah hanya memboyong dua pemain baru.

Lee Grant sendiri diplot sebagai kiper pelapis di Manchester United. Ia amat minim kesempatan bermain, bahkan akhirnya tampil dua kali saja bagi Setan Merah. Namun, Grant bertahan di Manchester United hingga 2022 sebelum memutuskan pensiun.

2. Harry Maguire

5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester UnitedHarry Maguire (instagram.com/harrymaguire93)

Pada musim panas 2019, Manchester United belanja beberapa pemain mahal. Paling menguras kantong tentu saja Harry Maguire. Ia diboyong dari Leicester City dengan mahar 87 juta euro atau Rp1,43 triliun. Maguire pun menjadi pemain Inggris termahal dalam sejarah Manchester United.

Awalnya, Maguire sempat terbukti bisa diandalkan di lini belakang Manchester United. Bahkan, ia dipercaya menjadi kapten sejak Januari 2020. Namun, penampilan Maguire belakangan menurun. Ia kerap membuat blunder hingga banyak dikritik.

Puncaknya, Maguire kehilangan tempat di tim utama pada 2022/2023. Ia masih menjadi kapten, tetapi kesempatan bermainnya jauh menurun. Bahkan, Maguire kabarnya bakal dilepas Manchester United pada musim panas 2023 jika ada klub yang berminat.

Baca Juga: Buka-bukaan Ten Hag Terpaksa Mainkan Harry Maguire

3. Aaron Wan-Bissaka

5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester UnitedAaron Wan-Bissaka (instagram.com/awbissaka)

Manchester United juga memboyong Aaron Wan-Bissaka pada musim panas 2019. Harganya pun cukup mahal, yaitu 55 juta euro atau Rp905 miliar. Beruntung, pembelian mahal Wan-Bissaka terbilang sama sekali tak sia-sia bagi Manchester United.

Wan-Bissaka terbukti bisa diandalkan di pos bek kanan. Ia sempat kalah bersaing dengan Diogo Dalot, tetapi belakangan kembali merebut tempat di tim utama. Bisa dibilang, Wan-Bissaka adalah salah satu pembelian pemain Inggris yang cukup jitu bagi Manchester United.

4. Jadon Sancho

5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester UnitedJadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Berikutnya, ada Jadon Sancho, winger Inggris yang sempat bersinar di Borussia Dortmund. Kiprah Sancho yang apik selama bermain di Jerman membuat Manchester United berusaha memboyongnya sejak lama. Ia akhirnya ditebus pada musim panas 2021 dengan harga 85 juta euro atau Rp1,4 triliun.

Sayangnya, Sancho belum juga membuktikan kepantasan harga mahalnya tersebut. Sudah 2 musim membela Setan Merah, sinarnya seperti saat membela Dortmund amat jarang terlihat. Sejauh ini, Sancho baru mencetak 12 gol dan 6 assist dalam 79 laga bersama Manchester United.

Imbasnya, Manchester United dikabarkan siap melepas Sancho pada musim panas 2023. Jika ada klub yang bersedia membayar 70 juta euro atau Rp1,14 triliun, maka ia bakal dilego. Aston Villa dilaporkan tertarik, tetapi mereka menginginkan harga yang lebih rendah.

5. Tom Heaton

5 Pemain Inggris Terakhir yang Diboyong Permanen Manchester UnitedTom Heaton (manutd.com)

Pemain Inggris terakhir yang didatangkan Manchester United adalah Tom Heaton. Ia diboyong Setan Merah dari Aston Villa pada musim panas 2021 secara gratis. Heaton adalah jebolan akademi Manchester United, tetapi sempat dilepas karena tak dapat kesempatan bermain.

Sebagai kiper, Heaton hanya diplot sebagai pelapis David De Gea. Ia pun baru bermain tiga kali bagi Manchester United. Meski minim kesempatan, Heaton belum lama ini memperpanjang kontraknya bersama Setan Merah hingga musim panas 2024.

Dari lima pemain Inggris di atas, hanya Aaron Wan-Bissaka yang terbilang memiliki peran penting bagi Manchester United. Menarik ditunggu bakal seperti apa kiprah Mason Mount jika nanti bergabung dengan Manchester United.

Baca Juga: Jadon Sancho Menghadap Erik Ten Hag, Diminta Lebih Punya Peran di MU

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya