4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?

Tony Woodcock masih memegang rekor

Harry Kane akhirnya meninggalkan Tottenham Hotspur pada musim panas 2023. Bahkan, ia juga sekaligus hijrah dari Inggris. Kane memilih untuk berlabuh di raksasa Jerman, Bayern Munich. Bersama Bayern, Kane punya peluang besar untuk meraih trofi pertama dalam kariernya.

Namun, kepergian Kane ke Jerman membuat ia terancam tak bisa memecahkan rekor gol terbanyak di English Premier League (EPL). Padahal, rekor itu sudah cukup dekat dengan Kane. Ia sudah mengoleksi 213 gol di EPL, hanya kalah dari Alan Shearer yang mencetak 260 gol.

Meski demikian, Kane bisa mengincar rekor lain di Bundesliga Jerman. Menjadi top skor sepanjang masa Bundesliga mungkin terlalu sulit. Namun, Kane bisa jadi pemain Inggris dengan gol terbanyak di Bundesliga. Syaratnya, ia harus melampaui torehan gol empat pemain Inggris berikut.

1. Tony Woodcock (39 gol)

4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?Tony Woodcock (bundesliga.com)

Tony Woodcock masih memegang rekor pemain Inggris tersubur di Bundesliga Jerman. Woodcock adalah eks striker yang bersinar bersama Nottingham Forest dan Arsenal. Ia adalah bagian skuad Nottingham Forest yang menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions.

Woodcock juga sukses tampil tajam saat bermain di Jerman bareng FC Koln. Ia mencetak total 39 gol dalam 131 penampilan di Bundesliga Jerman. Seluruhnya ia koleksi bersama Koln dalam dua periode, yaitu 1979–1982 dan 1986–1988. Sayangnya, Woodcock tak pernah meraih trofi selama di Jerman.

2. Jadon Sancho (38 gol)

4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?Jadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Lebih dari 35 tahun kemudian, rekor Tony Woodcock sebagai pemain Inggris tersubur di Bundesliga masih bertahan. Rekor itu sebenarnya sempat hampir disalip oleh Jadon Sancho. Namun, Sancho keburu meninggalkan Jerman setelah jumlah golnya di Bundesliga mencapai 38 gol.

Sancho mengoleksi seluruh golnya itu dalam 104 penampilan bersama Borussia Dortmund. Selain itu, ia juga sukses membuat 51 assist di Bundesliga. Produktivitas Sancho pun berbuah 1 trofi DFB-Pokal dan 1 Piala Super Jerman bagi Dortmund.

Saat sudah hampir melewati jumlah gol Tony Woodcock, Sancho memilih hijrah ke Manchester United pada 2021. Namun, winger 23 tahun itu punya kans melakukannya di masa depan andai ia kembali ke Bundesliga. Apalagi, Sancho sejauh ini kesulitan tampil maksimal bersama Manchester United.

Baca Juga: Sempat Mau Dijual, Jadon Sancho Sukses Yakinkan Ten Hag

3. Kevin Keegan (32 gol)

4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?Kevin Keegan (twitter.com/HSV)

Berikutnya, ada Kevin Keegan, striker Inggris yang bersinar bersama Hamburger SV pada 1977–1980. Keegan tampil 90 kali di Bundesliga bareng Hamburg dan mencetak 32 gol. Keegan mungkin bukan pemain Inggris tertajam di Bundesliga, tetapi ia jelas adalah salah satu yang tersukses.

Ketajaman Keegan bersama Hamburg SV sukses menghasilkan gelar juara Bundesliga pada musim 1978/1979. Bahkan, Keegan memenangi Ballon d'Or 1978 dan 1979 saat berseragam Hamburg. Ia pun menjadi satu-satunya pemain Inggris yang meraih Ballon d'Or saat bermain di luar negeri.

4. Jude Bellingham (12 gol)

4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?Jude Bellingham (instagram.com/judebellingham)

Satu lagi pemain Inggris yang tajam di Bundesliga Jerman adalah Jude Bellingham. Gelandang yang baru pindah ke Real Madrid itu membuat 12 gol dalam 92 penampilan di Bundesliga. Semuanya ia torehkan bersama Borussia Dortmund sebelum usianya genap 20 tahun pada 2020–2023.

Musim 2022/2023 lalu adalah musim tertajam Bellingham di Bundesliga. Ia mencetak delapan gol dan nyaris membawa Dortmund jadi juara. Sayangnya, trofi yang sudah di depan mata lepas dari tangan Die Borussen pada hari terakhir.

Harry Kane mengawali petualangannya di Bundesliga Jerman dengan apik. Pada debutnya di pekan pertama Bundesliga 2023/2024, ia sukses mencetak satu gol bagi Bayern Munich. Mampukah Kane terus tampil tajam hingga menjadi pemain Inggris tersubur di Bundesliga?

Baca Juga: Jude Bellingham Sudah Dapat Posisi Ideal dari Ancelotti

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya