4 Pemain Italia yang Merapat ke Klub Super Lig Turki pada Januari 2024

Ada yang bergabung ke klub besar Turki

Super Lig Turki disambangi cukup banyak pemain Italia pada 2023/2024. Beberapa pemain Italia sudah membela klub Super Lig sejak awal musim ini. Dua di antaranya adalah striker yang pernah cukup dikenal, yaitu Mario Balotteli dan Federico Macheda.

Memasuki bursa transfer Januari 2024, jumlah pemain Italia di Super Lig makin bertambah. Empat pemain resmi merapat ke klub Super Lig, baik secara permanen maupun sebagai pinjaman. Siapa saja keempat pemain tersebut?

1. Leonardo Bonucci bergabung ke Fenerbahce secara gratis

4 Pemain Italia yang Merapat ke Klub Super Lig Turki pada Januari 2024Leonardo Bonucci (twitter.com/Fenerbahce)

Pertama, ada Leonardo Bonucci, bek tengah top Italia. Bonucci melegenda bersama Juventus selama lebih dari 1 dekade terakhir. Pada musim panas 2023 lalu, ia akhirnya meninggalkan Juventus dan merapat ke Union Berlin. Namun, karier Bonucci di Jerman ternyata hanya berlangsung setengah musim.

Bonucci hanya mendapat kesempatan sepuluh kali tampil bersama Union Berlin di semua ajang. Ia pun hengkang pada Januari 2024 dan merepat ke raksasa Turki, Fenerbahce. Bek 36 tahun itu hanya dikontrak Fenerbahce hingga akhir 2023/2024. Namun, bukan mustahil kontraknya akan diperpanjang jika ia mampu tampil apik.

Sejak bergabung, Bonucci sudah tampil 5 kali bersama Fenerbahce, termasuk 3 kali di Super Lig. Ia juga sudah menyumbang satu assist bagi klub barunya. Fenerbahce sendiri sedang memimpin klasemen Super Lig 2023/2024 hingga pekan ke-24. Maka, Bonucci berpeluang mengakhiri musim pertamanya di Turki dengan trofi Super Lig.

Baca Juga: 3 Bek Tengah Italia Berkarier di Super Lig  2023/2024, Bonucci Terbaru

2. Salvatore Sirigu langsung dijadikan kiper utama Fatih Karagumruk

4 Pemain Italia yang Merapat ke Klub Super Lig Turki pada Januari 2024Salvatore Sirigu (instagram.com/karagumruk_sk)

Sementara, Fatih Karagumruk mengawali 2023/2024 dengan mendatangkan empat pemain Italia. Kini, Karagumruk sudah menambah lagi dua pemain baru asal Italia pada Januari 2024. Salah satunya adalah Salvatore Sirigu, kiper senior yang sarat pengalaman. Sirigu paling terkenal saat membela Paris Saint-Germain pada 2011–2017 dan meraih banyak trofi.

Sirigu bergabung ke Fatih Karagumruk secara gratis setelah dilepas OGC Nice. Bersama Nice, Sirigu tak sekali pun dapat kesempatan tampil. Namun, kini ia langsung dijadikan kiper utama Karagumruk. Sejak bergabung, kiper 37 tahun itu selalu tampil penuh dalam lima pertandingan bersama Karagumruk di semua ajang.

3. Andrea Bertolacci makin menambah stok pemain Italia di Fatih Karagumruk

4 Pemain Italia yang Merapat ke Klub Super Lig Turki pada Januari 2024Andrea Bertolacci (instagram.com/karagumruk_sk)

Stok pemain Italia di skuad Fatih Karagumruk juga ditambah kehadiran Andrea Bertolacci. Bertolacci bergabung ke Karagumruk pada Januari 2024 sebagai pinjaman dari Cremonese. Bagi Bertolacci, ini adalah periode ketiganya membela Karagumruk. Sebelumnya, gelandang 33 tahun itu sudah pernah berseragam Karagumruk pada 2020–2021 dan 2022–2023.

Sejak resmi dipinjam, Bertolacci sudah tampil tujuh kali bersama Fatih Karagumruk, sebagian besar sebagai starter. Ia turut meloloskan Karagumruk ke babak perempat final Piala Turki. Hingga saat ini, Karagumruk masih terpuruk di peringkat 17 klasemen sementara Super Lig.

4. Riccardo Saponara merapat ke MKE Ankaragucu dari Hellas Verona

4 Pemain Italia yang Merapat ke Klub Super Lig Turki pada Januari 2024Riccardo Saponara (instagram.com/ankaragucu)

Satu lagi pemain Italia yang hijrah ke Super Lig pada Januari 2024 adalah Riccardo Saponara. Ia menjadi gelandang serang anyar MKE Ankaragucu setelah didatangkan dari Hellas Verona. Saponara sendiri baru bergabung ke Hellas Verona pada musim panas 2023. Namun, ia hanya bertahan separuh musim bersama Verona setelah hanya dijadikan pelapis.

Saponara bergabung ke MKE Ankaragucu jelang bursa transfer Januari 2024 ditutup. Sejak itu, ia sudah tampil dua kali bersama klub barunya, tetapi belum mencetak gol maupun assist. Oleh Ankaragucu, Saponara diberikan kontrak 1,5 tahun alias hingga musim panas 2025.

Empat pemain di atas makin menambah jumlah pemain Italia di Super Lig Turki 2023/2024. Tak sekadar meramaikan, ada yang bahkan langsung menjadi andalan di klub barunya. Kehadiran mereka juga bisa mendorong para pemain Italia untuk terus berdatangan ke Super Lig pada musim-musim mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Bersinar di Turkish Super Lig 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya