5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSG

Ada yang bisa menyusul musim ini

Paris Saint-Germain (PSG) pernah memiliki banyak pesepak bola asing dalam sejarah mereka. Salah satu yang ternyata cukup sering mengisi skuad PSG adalah pemain asal Italia. Sejauh ini, sudah ada 12 pemain Italia yang pernah berseragam PSG.

Sebagian pemain Italia tersebut juga tak sekadar menumpang lewat di PSG. Mereka jadi pemain kunci, bahkan sukses membawa Les Parisiens meraih trofi Ligue 1 Prancis. Siapa saja mereka?

1. Marco Verratti catat rekor pemain tersukses di Ligue 1 bersama PSG

5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSGMarco Verratti berfoto dengan koleksi trofinya selama membela PSG. (instagram.com/marco_verratti92)

Marco Verratti adalah pemain Italia tersukses yang pernah membela PSG. Plus, ia juga merupakan pemain tersukses dalam sejarah Ligue 1. Verratti memperkuat PSG pada 2012–2023. Selama 11 tahun, ia memenangi 30 trofi bersama Les Parisiens, termasuk 9 trofi Ligue 1.

Itu adalah rekor trofi Ligue 1 terbanyak bagi seorang pemain dalam sejarah Liga Prancis. Namun, kemungkinan Verratti tak lagi punya kesempatan untuk mempertajam rekor tersebut. Ia sudah meninggalkan PSG pada musim panas 2023 dan berlabuh di klub Qatar, Al-Arabi FC.

Baca Juga: 3 Eks Manchester City yang Menjadi Pilar Girona pada 2023/2024

2. Thiago Motta menangi lima trofi Ligue 1 dan pensiun bersama PSG

5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSGThiago Motta (psg.fr)

Thiago Motta juga lama bermukim di Parc des Princes bersama PSG. Tepatnya, ia berseragam PSG selama 6,5 musim pada 2012–2018. Gelandang Italia kelahiran Brasil itu bermain dalam 231 penampilan bareng PSG di semua ajang.

Kontribusi Motta vital dalam 18 trofi yang dimenangi PSG. Termasuk di dalamnya adalah lima trofi Ligue 1. Motta bahkan pensiun bersama PSG, lalu sempat dipercaya membesut tim junior mereka. Kini, Motta melanjutkan karier kepelatihannya di Serie A Italia bersama Bologna.

3. Salvatore Sirigu empat kali juara Ligue 1 dan dua kali jadi kiper terbaik

5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSGSalvatore Sirigu (twitter.com/PSG_English)

Penjaga gawang asal Italia juga pernah jadi kunci sukses PSG di Ligue 1. Salah satunya Salvatore Sirigu yang membela PSG selama 2011–2017. Bersama PSG, Sirigu empat kali menjuarai Ligue 1. Ia bahkan terpilih jadi kiper terbaik Ligue 1 musim 2012/2013 dan 2013/2014.

Selain itu, ada sembilan trofi tambahan yang dimenangi PSG bareng Sirigu. Peran Sirigu pun vital dalam seluruh keberhasilan tersebut. Ia bermain 189 kali bagi PSG di semua ajang dan membuat 84 clean sheet.

4. Gianluigi Buffon hiasi satu musim di Ligue 1 dengan gelar juara

5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSGGianluigi Buffon (psg.fr)

Kiper Italia berikutnya yang sukses di Ligue 1 bersama PSG adalah Gianluigi Buffon. Namun, Buffon tak lama memperkuat PSG, tepatnya hanya satu musim pada 2018/2019. Saat itu, Buffon merapat ke PSG setelah menghabiskan 17 tahun kariernya bersama Juventus.

Bersama PSG, Buffon pun hanya tampil 17 kali di Ligue 1 dan mencatat enam clean sheet. Namun, kontribusi itu sudah cukup untuk membawa PSG berjaya. Satu trofi Piala Super Prancis pun sempat ia raih. Setelah itu, Buffon kembali ke Juventus untuk bermain 2 musim lagi di sana.

5. Gianluigi Donnarumma sudah raih dua trofi Ligue 1 dan bisa bertambah

5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSGGianluigi Donnarumma (instagram.com/gigiodonna99)

Saat ini, PSG juga sedang dibela kiper asal Italia. Ia adalah Gianluigi Donnarumma yang bergabung sejak 2021. Donnarumma sempat dipasang bergantian dengan Keylor Navas pada musim pertamanya. Namun, sejak musim lalu, ia sudah resmi jadi penjaga gawang utama PSG.

Sejauh ini, Donnarumma sudah bermain 87 kali bagi PSG. Ia juga sudah mengangkat dua trofi Ligue 1 dan satu Piala Super Prancis. Kontrak Donnarumma sendiri masih tersisa hingga 2026 di PSG. Maka, ia masih bisa terus menambah koleksi trofi Ligue 1 miliknya.

Selain Donnarumma, Cher Ndour juga mengisi skuad PSG musim 2023/2024. Ndour adalah gelandang muda Italia yang baru bergabung dengan PSG pada musim panas 2023. Jika musim ini PSG juara Ligue 1, Ndour akan menyusul capaian lima pemain di atas.

Baca Juga: Kiprah OGC Nice 5 Musim Terakhir di Ligue 1, Musim Ini Membaik?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya