Comscore Tracker

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022

Jeonbuk Hyundai Motors kirim pemain Korea Selatan terbanyak

Korea Selatan membawa para bintang mereka yang bermain di Eropa ke Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, Taegek Warriors tetap tak melupakan talenta di liga lokal. Sebanyak 14 dari 26 pemain yang mereka bawa bermain di K League 1, divisi teratas Liga Korea Selatan.

Perwakilan klub Jeonbuk Hyundai Motors adalah yang paling banyak, yaitu enam pemain. Klub pemilik sembilan gelar juara K League 1 itu pun jadi penyumbang pemain Korea Selatan terbanyak di Piala Dunia 2022. Inilah para penggawa Jeonbuk yang ikut ambil bagian di Qatar.

1. Kim Jin Su

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Kim Jun Su (instagram.com/jinsu_jung_a0531)

Pertama, ada Kim Jin Su, bek kiri berusia 30 tahun. Kim Jin Su sebenarnya saat ini adalah milik Al-Nassr, klub asal Arab Saudi. Namun, ia sedang dipinjamkan ke Jeonbuk sejak musim panas 2021. Bersama Timnas Korea Selatan, Kim Jin Su telah bermain sejak 2013.

Kim Jin Su tidak ikut Piala Dunia 2014 Brasil dan Piala Dunia 2018 Rusia karena saat itu selalu dilanda cedera. Piala Dunia 2022 pun jadi edisi perdananya. Ia tampil 90 menit pada laga pembuka Grup H melawan Uruguay sekaligus mencatat penampilannya yang ke-62 bersama timnas.

2. Kim Moon Hwan

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Kim Moon Hwan (instagram.com/hwan._.ii)

Bek kanan Korea Selatan saat melawan Uruguay di Grup H juga memiliki nama marga Kim. Ia adalah Kim Moon Hwan, pemain berusia 27 tahun yang juga penggawa Jeonbuk Hyundai Motors. Kim Moon Hwan sendiri baru memperkuat Jeonbuk pada 2022 setelah sebelumnya membela Los Angeles FC di MLS.

Kim Moon Hwan turut membentuk barisan pertahanan yang kokoh saat melawan Uruguay hingga Korea Selatan aman dari kebobolan. Laga itu sendiri adalah debutnya di Piala Dunia. Sejauh ini, Kim Moon Hwan sudah mencatat 23 caps dengan sumbangan 2 assists.

3. Cho Gue Sung

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Cho Gue Sung (instagram.com/whrbtjd)

Cho Gue Sung sempat merumput di partai melawan Uruguay, tetapi hanya dalam 16 menit terakhir. Cho adalah striker 24 tahun yang tampil tajam bersama Jeonbuk Hyundai Motors pada musim 2022. Ia mencetak 21 gol dalam 35 laga di semua ajang meski gagal membawa Jeonbuk juara liga.

Karier Cho bersama timnas belum lama dimulai. Ia debut pada 2021. Sejauh ini baru tampil 17 kali dengan koleksi 4 gol. Di Piala Dunia 2022, Cho tampaknya memang hanya dilplot jadi pelapis bagi Hwang Ul Jo, striker Korea Selatan yang lebih senior.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Korea Selatan

4. Paik Seung Ho

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Paik Seung Ho (instagram.com/seungho_paik)

Paik Seung Ho adalah gelandang berusia 25 tahun lulusan akademi Barcelona. Namun, Paik hanya pernah tampil bersama tim reserve Barcelona pada 2016–2017. Paik juga sempat membela Girona pada musim 2018/2019, tetapi hanya bermain tiga kali di LaLiga Spanyol.

Kini, Paik telah menjadi andalan Jeonbuk sejak 2021. Di sisi lain, bersama timnas ia baru tampil 14 kali meski sudah debut sejak 2019. Paik juga belum mencicipi atmosfer laga Piala Dunia langsung di atas lapangan karena ia hanya jadi cadangan pada laga melawan Uruguay.

5. Song Min Kyu

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Song Min Kyu berseragam Jeonbuk Hyundai Motors. (instagram.com/song.__.v)

Selain Paik, ada dua penggawa Jeonbuk lain yang tak turun di laga Korea Selatan melawan Uruguay. Salah satunya Song Min Kyu, winger yang baru berusia 23 tahun. Song baru bergabung dengan Jeonbuk pada 2021 dengan torehan 7 gol dalam 51 penampilan sejauh ini.

Karier Song bersama timnas juga baru dimulai sejak 2021. Catatannya sejauh ini adalah 1 gol dan 2 assists dalam 13 caps. Gol pertamanya bagi timnas tercipta pada awal November 2022 saat Korea Selatan menang 1-0 atas Islandia dalam laga uji coba.

6. Song Bum Keun

6 Pemain Jeonbuk di Skuad Korea Selatan Piala Dunia 2022Song Bum Keun berseragam Jeonbuk Hyundai Motors. (hyundai-motorsfc.com)

Satu nama lagi adalah Song Bum Keun, kiper ketiga Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Di Jeonbuk, Song adalah kiper utama dengan catatan lebih dari 200 penampilan sejak 2018. Namun, di Timnas Korea Selatan ia masih kalah saing dari Kim Seung Gyu dan Jo Hyeon Woo yang lebih berpengalaman.

Song Bum Keun pun baru mencatat satu penampilan bersama timnas sejauh ini, tepatnya pada Juli 2022 lalu. Padahal, ia pertama kali dipanggil timnas pada 2018. Kemungkinan besar, Song juga bakal sulit mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia 2022.

Jeonbuk Hyundai Motors sedang dominan di K League 1 dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran jika cukup banyak pemain mereka yang dipanggil Timnas Korea Selatan ke Piala Dunia 2022. Jika Korea Selatan berprestasi di Piala Dunia 2022, nama Jeonbuk pun pasti akan makin terangkat.

Baca Juga: Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung Min

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya