5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum Minamino

Ada yang masih bermain di Ligue 1 saat ini

Takumi Minamino dipastikan meninggalkan Liverpool. Gelandang asal Jepang itu sudah sepakat bergabung dengan salah satu klub top Prancis, AS Monaco.

Setelah membela Liverpool selama 2 tahun dan meraih tiga trofi, Minamino kini akan membuka lembaran baru dalam kariernya di Ligue 1 Prancis. Ligue 1 sendiri ternyata bukan liga yang asing bagi pemain asal Jepang.

Sebelum Minamino, sudah ada beberapa pemain Jepang yang pernah menjajal persaingan di Ligue 1 Prancis. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Daisuke Matsui

5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum MinaminoDaisuke Matsui (skysports.com)

Daisuke Matsui adalah mantan gelandang asal Jepang yang pernah membela empat klub Prancis. Yang paling lama ia bela adalah Le Mans, yaitu pada 2004–2008.

Setelah itu, berturut-turut ia berseragam Saint-Etienne, Grenoble, dan Dijon. Secara total, Matsui mencatat 148 penampilan di Ligue 1 dengan sumbangan 17 gol dan 25 assist.

Ia juga pernah tampil di kancah Eropa, tepatnya di Piala UEFA bersama Saint-Etienne. Selain di Prancis, Matsui pernah berkarier di Rusia, Bulgaria, dan Polandia.

2. Junichi Inamoto

5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum MinaminoJunichi Inamoto (skysports.com)

Junichi Inamoto adalah gelandang Jepang yang cukup populer. Ia pernah bermain di English Premier League bersama beberapa klub, salah satunya Arsenal.

Setelah itu, Inamoto sempat berkelana ke beberapa negara Eropa. Ligue 1 Prancis pun pernah ia jajal bersama Stade de Rennais alias Rennes pada 2009/2010.

Sayangnya, Inamoto berseragam Rennes hanya setengah musim. Ia tampil lima kali di Ligue 1 tanpa sumbangan gol maupun assist. Setelah itu, Inamoto melanjutkan karier di negaranya sendiri hingga kini.

Baca Juga: Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1

3. Hiroki Sakai

5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum MinaminoHiroki Sakai berseragam Marseille (instagram.com/hiroki.sakai_19)

Berikutnya, ada Hiroki Sakai, bek kanan yang pernah membela salah satu klub besar Prancis, Olympique Marseille. Sakai berseragam Marseille pada 2016–2021.

Ia tak hanya jadi pelapis, tetapi juga jadi andalan Marseille. Ia bisa mencatat 185 penampilan di semua ajang, termasuk 145 laga di Ligue 1.

Selama membela Marseille, Sakai memang tidak meraih trofi. Namun, ia pernah membawa Marseille ke final Europa League 2017/2018, meski akhirnya gagal juara. Saat ini, Sakai sudah kembali ke Jepang dan membela Urawa Red Diamonds.

4. Yuto Nagatomo

5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum MinaminoYuto Nagatomo berseragam Marseille (instagram.com/yutonagatomo55)

Yuto Nagatomo juga pernah membela Olympique Marseille. Nagatomo adalah fullback Jepang yang terkenal pernah lama membela Inter Milan di Serie A.

Setelah meninggalkan Inter Milan, Nagatomo sempat membela Galatasaray, sebelum bergabung ke Marseille pada 2020/2021. Nagatomo pada akhirnya hanya bertahan semusim di Marseille.

Ia bermain 29 kali bagi Marseille, termasuk 25 kali di Ligue 1. Kini, Nagatomo sudah kembali ke Jepang dan membela FC Tokyo.

5. Eiji Kawashima

5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum MinaminoEiji Kawashima berseragam Strasbourg (instagram.com/eijikawashima01)

Pemain Jepang berposisi kiper pun ada yang pernah berkarier di Ligue 1 Prancis. Ia adalah Eiji Kawashima, kiper berusia 39 tahun yang masih membela Timnas Jepang hingga kini.

Kawashima masih bermain di Prancis saat ini. Ia membela FC Metz pada 2016–2018, lalu berseragam Strasbourg sejak 2018 hingga sekarang.

Selama berkarier di Prancis, Kawashima telah mencatat 61 penampilan di Ligue 1 dengan 14 clean sheet. Kawashima masih memiliki kontrak bersama Strasbourg hingga 2023. Setelah itu, bisa jadi ia akan memutuskan pensiun atau kembali ke negaranya.

Takumi Minamino akan menyusul lima pemain Jepang di atas, yang pernah berkarier di Ligue 1 Prancis. Dari antara mereka, ada yang mencatat banyak penampilan, ada pula yang seperti sekadar lewat.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Terakhir yang Jadi Top Skor Ligue 1, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya