5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023

Tiga pemain merapat ke klub EPL

Sebagai salah satu liga top Eropa, lalu lintas transfer di Bundesliga Jerman tentu menarik disimak. Bundesliga kedatangan sejumlah pemain anyar bernama besar pada musim panas 2023. Namun, ada pula pemain top yang memilih meninggalkan Bundesliga dan hijrah ke negara lain.

Beberapa pemain yang pergi dari Bundesliga adalah pemain asal Jerman sendiri. Namun, sebagian besar masih melanjutkan karier di liga top Eropa. Inilah lima pemain Jerman yang meninggalkan Bundesliga pada musim panas 2023.

1. Mahmoud Dahoud dilepas Borussia Dortmund secara gratis

5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023Mahmoud Dahoud (instagram.com/modahoud8)

Mahmoud Dahoud adalah gelandang asal Jerman kelahiran Siria. Dahoud membela Borussia Dortmund dalam 6 musim terakhir. Sebelumnya ia cukup banyak tampil bagi Dortmund. Namun, menit bermainnya makin menurun pada 2022/2023 lalu, ditambah ia sempat absen lama karena cedera.

Dahoud pun tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2023. Ia memilih bergabung ke klub English Premier League (EPL), Brighton & Hove Albion. Dahoud mendapat kontrak 4 tahun di Brighton. Sejauh ini ia sudah tampil tiga kali bareng The Seagulls.

Baca Juga: 3 Pemain Inter Milan yang Datang dari Bundesliga pada Musim Panas 2023

2. Kevin Schade dipermanenkan Brentford dengan harga mahal

5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023Kevin Schade (instagram.com/kevinschade_)

Dahoud bukan satu-satunya pemain Jerman yang mencoba peruntungan di EPL. Ada pula Kevin Schade, eks winger SC Freiburg yang baru berusia 21 tahun. Schade dipermanenkan Brentford setelah dipinjam sejak Januari 2023. Selama dipinjam, Schade memang cukup diandalkan The Bees.

Nilai transfer Schade ke Brentford cukup mahal, yaitu 25 juta euro atau Rp412 miliar. Schade pun langsung tercatat sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan Brentford. Pada musim 2023/2024, Schade sudah bermain 5 kali bagi Brentford dan mencetak 1 gol.

3. Jordan Beyer bawa Burnley promosi ke EPL 2023/2024

5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023Jordan Beyer (instagram.com/louisjordanbeyer)

Ada pula Jordan Beyer, bek tengah Jerman berusia 23 tahun. Ia dibeli Burnley setelah jadi pinjaman pada musim 2022/2023. Selama dipinjam, Beyer sukses jadi pemain kunci Burnley. Ia punya andil vital membawa Burnley promosi ke EPL 2023/2024.

Sebelumnya, Beyer adalah pemain Borussia Monchengladbach. Ia bahkan merupakan jebolan akademi Monchengladbach pada 2018. Namun, Beyer memang minim kesempatan bermain bersama Monchengladbach. Maka, pindah ke Burnley adalah keputusan yang tepat bagi karier Beyer.

4. Niklas Schmidt hijrah ke Ligue 1 Prancis

5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023Niklas Schmidt (toulousefc.com)

Sementara, Niklas Schmidt memilih untuk bertualang ke Ligue 1 Prancis. Schmidt adalah gelandang 25 tahun yang sebelumnya berseragam Werder Bremen. Ia cukup berjasa bagi Bremen, termasuk turut mengantarkan Bremen promosi ke Bundesliga 2022/2023.

Namun, Schmidt telah dilepas ke FC Toulouse, klub papan bawah Ligue 1. Ia didatangkan dengan mahar 2,5 juta euro alias Rp41 miliar. Sejak bergabung, Schmidt telah bermain empat kali bagi Toulouse, tetapi sebagian besar sebagai pengganti.

5. Kerem Demirbay gabung klub raksasa Turki

5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023Kerem Demirbay (instagram.com/keremdemirbay.10)

Ada pula pemain Jerman yang hijrah dari Bundesliga ke Super Lig Turki. Ia adalah Kerem Demirbay, gelandang kelahiran Jerman yang memang memiliki darah Turki. Demirbay selama ini selalu berkarier di Jerman. Terakhir, ia berseragam Bayer Leverkusen pada 2019–2023.

Musim 2023/2024 adalah musim pertama Demirbay meninggalkan Bundesliga. Ia dibeli oleh raksasa Turki, Galatasaray, dengan harga 3,7 juta euro atau Rp61 miliar. Sejak bergabung, gelandang 30 tahun itu sudah bermain 5 kali bagi Galatasaray dan membuat 1 assist.

Lima pemain Jerman di atas memilih meninggalkan Bundesliga Jerman pada musim panas 2023. Keputusan yang cukup berani karena mereka sebelumnya tak perah berkarier di luar Jerman. Bisakah mereka sukses di klub dan liga yang baru?

Baca Juga: 5 Pemain Hijrah ke Bundesliga dari Klub Inggris pada Musim Panas 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya