5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan Arsenal

Bahkan, Sead Kolasinac ada di daftar ini

Arsenal adalah salah satu klub terbesar dan tersukses di Inggris. The Gunners punya koleksi 13 trofi divisi utama Liga Inggris dan 14 Piala FA. Namun, bukan rahasia bahwa Arsenal kesulitan berjaya di kancah Eropa. Satu-satunya trofi Eropa yang bisa dibanggakan Arsenal adalah Piala Winners 1993/1994.

Sementara itu, di Liga Champions Eropa maupun Liga Europa, mimpi juara Arsenal belum pernah terwujud. Seorang pemain pun seolah harus meninggalkan Arsenal jika ingin meraih trofi tersebut. Hal itu sudah berkali-kali terjadi. Ada banyak pemain yang baru bisa menjuarai Liga Champions setelah hengkang dari Arsenal.

Fenomena serupa juga terjadi di Liga Europa. Lima pemain berikut ini akhirnya bisa mengangkat trofi Liga Europa usai meninggalkan Arsenal. Salah satunya baru saja mengalaminya pada 2023/2024.

1. Jose Antonio Reyes memenangi lima trofi Liga Europa setelah tinggalkan Arsenal

5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan ArsenalJose Antonio Reyes saat mengangkat trofi Liga Europa keempatnya pada 2015. (x.com/SevillaFC)

Pertama, ada Jose Antonio Reyes, gelandang Spanyol yang membela Arsenal pada 2004–2007. Bersama Arsenal, Reyes cukup bersinar. Ia menjadi pemain penting Arsenal dalam memenangi tiga trofi domestik. Reyes juga sempat membawa The Gunners ke final Liga Champions 2005/2006. Sayangnya, mereka gagal juara.

Selesai membela Arsenal, barulah Reyes bisa meraih kejayaan di Eropa. Ia memang tetap tidak menjuarai Liga Champions, tetapi sukses di Liga Europa. Tak tanggung-tanggung, Reyes lima kali memenangi kompetisi tersebut. Rinciannya adalah 2 kali juara bersama Atletico Madrid dan 3 kali bersama Sevilla. Dengan demikian, Reyes menjadi pemain dengan raihan trofi Liga Europa terbanyak.

Baca Juga: 3 Pelatih Tertua yang Pernah Juara Europa League

2. Ashley Cole meraih trofi Liga Champions dan Liga Europa bersama Chelsea

5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan ArsenalAshley Cole (chelseafc.com)

Ada pula pemain yang sukses memenangi Liga Champions dan Liga Europa usai hengkang dari Arsenal. Salah satunya Ashley Cole yang hijrah dari Arsenal ke Chelsea pada 2006. Kepindahan Cole memang memantik kemarahan fans Arsenal. Namun, bagi Cole sendiri, langkah itu terbukti tepat demi mimpi sukses di Eropa.

Bersama Chelsea, Cole memenangi Liga Champions 2011/2012 dan Liga Europa 2012/2013. Ia pun menjadi satu dari sedikit pemain yang mampu meraih dua trofi itu secara beruntun. Secara total, Cole memenangi sembilan trofi selama berbaju Chelsea. Jumlah itu lebih unggul dua trofi dibanding raihannya bersama Arsenal.

3. Olivier Giroud juga sukses di Eropa usai hengkang dari Arsenal ke Chelsea

5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan ArsenalOlivier Giroud (chelseafc.com)

Olivier Giroud berhasil menyamai raihan Ashley Cole usai pindah dari Arsenal ke Chelsea. Selama 6 tahun berseragam Arsenal pada 2012–2018, Giroud memang mampu meraih enam trofi. Namun, seluruhnya adalah trofi domestik. Setelah hijrah ke Chelsea, barulah Giroud bisa meraih gelar juara di kancah Eropa.

Giroud langsung menjuarai Liga Europa 2018/2019 pada musim debutnya di Chelsea. Selang 2 musim kemudian, ia sukses merebut trofi Liga Champions. Andil Giroud bagi Chelsea pun tidak main-main. Dalam kedua kesuksesan tersebut, Giroud menjadi pemain tertajam Chelsea.

4. Francis Coquelin membawa Villarreal juara Liga Europa 2020/2021

5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan ArsenalFrancis Coquelin (x.com/EuropaLeague)

Berikutnya, ada Francis Coquelin, gelandang Prancis jebolan akademi Arsenal. Coquelin cukup lama membela Arsenal, tepatnya pada 2008–2018. Namun, ia lebih banyak menjadi pelapis dan beberapa kali dipinjamkan. Coquelin pun hanya sempat memenangi 2 trofi Piala FA dan 1 Community Shield bersama Meriam London.

Setelah meninggalkan Arsenal, Coquelin melanjutkan karier di Spanyol. Ia sempat membela Valencia dan kini berseragam Villarreal. Pada 2020/2021, Coquelin turut membawa Villarreal memenangi Liga Europa. Itu adalah trofi mayor pertama dalam sejarah Villarreal. Ia juga sempat mencapai semifinal Liga Champions pada 2021/2022.

5. Sead Kolasinac berperan penting bagi Atalanta saat memenangi Liga Europa 2023/2024

5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan ArsenalSead Kolasinac (atalanta.it)

Sead Kolasinac menjadi nama terbaru yang berjaya di kancah Eropa usai meninggalkan Arsenal. Kolasinac baru saja membawa Atalanta menjuarai Liga Europa 2023/2024. Sang bek tengah asal Bosnia-Herzegovina punya andil penting dalam kesuksesan Atalanta. Ia tampil sembilan kali, termasuk di laga final melawan Bayer Leverkusen.

Kolasinac pun sukses meraih trofi Eropa pertama dalam kariernya. Saat membela Arsenal pada 2017–2022, ia hanya memenangi tiga gelar domestik. Kolasinac juga sempat tampil di final Liga Europa 2018/2019 bersama Arsenal. Sayangnya, The Gunners gagal juara usai dikalahkan Chelsea.

Beberapa pemain sukses berjaya di Liga Champions dan Liga Europa usai meninggalkan Arsenal. Sementara, Arsenal sendiri belum pernah jadi juara di kedua ajang tersebut. Sampai kapan mitos yang cenderung ironis akan terus berlanjut?

sumber:

https://www.transfermarkt.com/jose-antonio-reyes/erfolge/spieler/7717

https://www.transfermarkt.com/jose-antonio-reyes/leistungsdaten/spieler/7717/saison/2005/plus/0/sort/tore.desc

https://www.statista.com/statistics/1378863/most-uefa-europa-league-titles-player/

https://www.transfermarkt.com/ashley-cole/erfolge/spieler/3182

https://www.transfermarkt.com/olivier-giroud/erfolge/spieler/82442

https://www.transfermarkt.com/olivier-giroud/detaillierteleistungsdaten/spieler/82442

https://www.transfermarkt.com/francis-coquelin/leistungsdaten/spieler/74869/plus/0?saison=2020

https://www.transfermarkt.com/francis-coquelin/leistungsdaten/spieler/74869/plus/0?saison=2021

https://www.transfermarkt.com/sead-kolasinac/leistungsdaten/spieler/94005

https://www.transfermarkt.com/sead-kolasinac/leistungsdaten/spieler/94005/plus/0?saison=2018

Baca Juga: 3 Manajer Spanyol yang Bawa Klub Non-LaLiga ke Final UEL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya