3 Pemain Kamerun yang Pernah Juara Premier League, Onana Menyusul?

Ada yang juara tanpa terkalahkan

Sejarah English Premier League (EPL) pernah diwarnai oleh banyak pemain asal negara Afrika. Salah satunya adalah Kamerun, negara Afrika yang menonjol di dunia sepak bola. Cukup banyak pemain asal Kamerun yang pernah berkiprah di EPL sejak dulu hingga sekarang.

Pada musim panas 2023 pun ada lagi pemain asal Kamerun yang datang ke Premier League. Andre Onana resmi merapat ke Manchester United dan bakal jadi kiper andalan baru mereka. Membela klub sebesar Manchester United, Onana tentu diharapkan bisa turut membawa klubnya berprestasi.

Bukan mustahil Onana bisa membantu Setan Merah mengakhiri puasa gelar juara EPL yang mereka alami sejak 2013. Jika mampu melakukannya, Onana bakal menyusul capaian tiga pemain Kamerun berikut yang pernah mengangkat trofi EPL.

1. Lauren termasuk skuad invincible Arsenal

3 Pemain Kamerun yang Pernah Juara Premier League, Onana Menyusul?Lauren (arsenal.com)

Pemain Kamerun pertama yang berhasil mengangkat trofi EPL adalah Lauren. Eks bek kanan ini dua kali menjuarai EPL bersama Arsenal. Yang pertama diraih pada musim 2001/2002, alias musim kedua Lauren di EPL. Tak hanya EPL, gelar juara Piala FA pun direngkuh Arsenal pada musim tersebut.

Trofi EPL kedua diraih Lauren beserta catatan gemilang. Ia adalah bagian skuad Arsenal yang juara EPL 2003/2004 secara invincible alias tanpa terkalahkan. Lauren berperan besar dalam rekor hebat tersebut karena ia tampil 32 kali di Premier League.

Lauren bertahan membela Arsenal selama 6,5 musim hingga Januari 2007. Ia melakoni total 241 laga di semua ajang dan meraih 7 trofi. Lauren pun dianggap sebagai legenda Arsenal dan kini berperan sebagai duta besar Arsenal untuk Afrika.

2. Geremi Njitap dua kali juara Premier League bersama Chelsea

3 Pemain Kamerun yang Pernah Juara Premier League, Onana Menyusul?Geremi Njitap (twitter.com/ChelseaFC)

Keberhasilan Lauren kemudian sukses disamai oleh Geremi Njitap. Geremi juga meraih dua gelar juara EPL. Namun, ia memenanginya bersama rival sekota Arsenal, Chelsea. Geremi menjadi bagian skuad Chelsea yang juara Premier League 2004/2005 dan 2005/2006.

Selain itu, Geremi juga turut memenangi 1 Piala FA, 2 Piala Liga, dan 1 Community Shield. Semua itu ia raih selama periode membela Chelsea pada 2003–2007. Selain bersama Chelsea, karier Geremi juga dihiasi trofi bareng Real Madrid dan Timnas Kamerun.

3. Joel Matip turut bawa Liverpool akhiri puasa gelar juara liga

3 Pemain Kamerun yang Pernah Juara Premier League, Onana Menyusul?Joel Matip (liverpoolfc.com)

Pemain Kamerun terbaru yang sukses meraih trofi EPL adalah Joel Matip. Bek tengah kelahiran Jerman itu menjadi bagian sejarah Liverpool saat menjuarai Premier League untuk pertama kali pada 2019/2020. Itu sekaligus gelar liga pertama bagi The Reds dalam 30 tahun.

Matip sendiri sebenarnya tak berperan banyak bagi Liverpool pada musim tersebut. Pasalnya, ia dua kali dihajar cedera panjang sehingga hanya bisa tampil 13 kali. Namun, Matip tetap berhak mendapat kalungan medali juara EPL setelah melakoni sembilan partai di liga.

Trofi EPL bukan satu-satunya raihan Matip sejak berseragam Liverpool pada 2016. Ia juga telah mengangkat lima trofi lain dari lima ajang berbeda. Matip saat ini masih setia membela Liverpool, tetapi kontraknya akan segera habis tahun depan.

4. Bagaimana prospek Andre Onana susul tiga pemain di atas?

3 Pemain Kamerun yang Pernah Juara Premier League, Onana Menyusul?Andre Onana (manutd.com)

Andre Onana berpeluang menjadi pemain Kamerun keempat yang memenangi trofi EPL. Namun, bisa jadi hal itu belum akan terjadi pada musim 2023/2024 mendatang. Pasalnya, Manchester United masih dalam proses membangun tim yang memadai untuk bersaing jadi juara.

Onana sendiri diproyeksikan sebagai salah satu bagian penting tim baru tersebut. Ia dikenal sebagai kiper yang piawai mengolah bola dengan kakinya. Kedatangan Onana menunjukkan bahwa Setan Merah bakal mulai memakai strategi membangun serangan dari belakang.

Tentu proses adaptasi terhadap gaya bermain yang baru tersebut akan membutuhkan waktu. Hal itu bakal jadi faktor penentu kiprah Manchester United di EPL 2023/2024. Jika berjalan mulus, bukan mustahil Onana bakal segera mengangkat trofi EPL pertamanya.

Tiga pemain Kamerun sudah berhasil mengharumkan nama negaranya dengan meraih gelar juara EPL. Akankah Andre Onana berhasil menyamai prestasi mereka? Patut ditunggu!

Baca Juga: Polemik Omelan Andre Onana ke Maguire, Layak Gak Sih?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya