5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023

Dari Aubameyang hingga Dembele

Ousmane Dembele akhirnya resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Winger asal Prancis itu diboyong PSG dari Barcelona dengan dana 50 juta euro atau Rp840 miliar. Dengan kualitasnya, Dembele bakal jadi tambahan amunisi yang berharga di lini depan PSG.

Dembele pun bakal kembali bermain di Ligue 1 Prancis, liga tempat ia mengawali kariernya. Ternyata, Dembele bukan satu-satunya pemain yang memutuskan kembali ke Ligue 1 pada musim panas 2023. Termasuk Dembele, inilah lima pemain yang mengambil langkah tersebut.

1. Pierre-Emerick Aubameyang pernah tampil tajam di Ligue 1

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/olympiquedemarseille)

Pertama, ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon. Nama Aubameyang mulai populer berkat ketajamannya saat membela Borussia Dortmund pada 2013–2018. Namun, sebelum itu pun sebenarnya ia sudah tampil garang di Ligue 1 bersama Saint-Etienne.

Aubameyang sukses mencetak 41 gol dalam 97 laga selama 2,5 musim berseragam Saint-Etienne. Ia juga sempat membawa Saint-Etienne menjuarai Piala Liga Prancis 2012/2013. Setelah itu, barulah ia melanglang buana ke klub-klub besar Eropa di luar Prancis.

Kini, Aubameyang akhirnya memutuskan kembali ke Prancis. Ia bergabung ke Olympique Marseille secara gratis dan dikontrak 2 tahun. Meski musim lalu tumpul saat membela Chelsea, Aubameyang masih menyimpan potensi ketajaman bersama Marseille.

2. Geoffrey Kondogbia kembali ke Prancis setelah sukses di Spanyol

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023Geoffrey Kondogbia bergabung dengan Olympique Marseille. (instagram.com/olympiquedemarseille)

Geoffrey Kondogbia mengawali kariernya di Ligue 1 bersama RC Lens. Ia merupakan jebolan akademi Lens dan sempat bermain untuk tim senior pada 2010–2012. Namun, kesuksesan baru menghampiri Kondogbia saat ia bermain di Spanyol.

Kondogbia pernah memenangi Copa del Rey bersama Valencia dan LaLiga Spanyol bareng Atletico Madrid. Namun, gelandang asal Republik Afrika Tengah itu sudah kembali ke Ligue 1. Kondogbia hengkang dari Atletico Madrid dan kini menjadi rekan setim Aubameyang di Marseille.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Marseille dari LaLiga, Kondogbia Berikutnya?

3. Samuel Umtiti bergabung dengan LOSC Lille

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023Samuel Umtiti (losc.fr)

Ada pula Samuel Umtiti, bek Prancis yang turut menjuarai Piala Dunia 2018. Umtiti memang pernah memiliki karier yang cemerlang. Di level klub, ia memulai karier dengan meraih dua trofi bareng Olympique Lyon. Umtiti lalu diboyong Barcelona pada 2016 dan sempat jadi bek andalan.

Sayangnya, karier Umtiti lalu merosot gara-gara cedera lutut menahun. Ia mulai jarang tampil bagi Barcelona dan sempat dipinjamkan ke Lecce pada 2022/2023. Kontrak Umtiti akhirnya diputus Barca pada musim panas 2023. Ia lalu kembali ke Prancis dan bergabung dengan LOSC Lille.

4. Benjamin Mendy memulai kembali kariernya bersama FC Lorient

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023Benjamin Mendy (twitter.com/FCLorient)

Benjamin Mendy juga sempat mengalami masa-masa kelam dalam kariernya. Bukan karena cedera, melainkan karena terkena kasus tuduhan pemerkosaan. Bek kiri asal Prancis itu pun sempat dibekukan oleh klubnya, Manchester City, sehingga tak bisa bermain sejak 2021.

Namun, Mendy akhirnya dipastikan tak bersalah pada Juni 2023. Ia bisa bermain kembali, tetapi kontraknya di Manchester City sudah habis. Setelah dilepas secara gratis, Mendy lalu memutuskan untuk kembali ke Prancis dan membela FC Lorient.

Mendy pun bakal kembali bermain di Ligue 1 untuk pertama kali sejak 2017. Saat itu, ia merapat ke Manchester City setelah memenangi Ligue 1 2016/2017 bersama AS Monaco. Kini, Mendy berkesempatan untuk memulihkan kariernya bareng FC Lorient.

5. Ousmane Dembele bakal jalani musim kedua di Ligue 1

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2023Ousmane Dembele (psg.fr)

Ousmane Dembele menambah panjang deretan pemain yang kembali ke Ligue 1 pada musim panas 2023. Setelah cukup lama dirumorkan bakal hengkang dari Barcelona, Dembele akhirnya benar-benar pergi. Ia menyudahi pengabdian 6 tahun kepada Blaugrana yang berbuah tujuh trofi.

Bersama PSG, Dembele baru akan menjalani musim keduanya di Ligue 1. Ia mengawali karier bersama Stade de Rennais, tetapi hanya sempat bermain di Ligue 1 semusim. Dembele tampil 26 kali di Ligue 1 2015/2016 dan mencetak 12 gol serta 5 assist.

Performa apik itu membuat Dembele dinobatkan jadi pemain muda terbaik Ligue 1 musim tersebut. Ia pun langsung diboyong Borussia Dortmund dan kemudian Barcelona. Kini, Dembele harus membuktikan bahwa sentuhan hebatnya di Ligue 1 belum hilang.

Sempat hijrah ke liga lain, lima pemain di atas kembali ke Ligue 1 Prancis pada musim panas 2023. Apakah keputusan itu bakal membawa sukses bagi mereka?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane Dembele

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya