5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Semuanya bermain di Piala Dunia 2022

Prestasi Timnas Kroasia sedang menanjak di Piala Dunia. Mereka sukses meraih medali dalam dua edisi teranyar, yaitu Piala Dunia 2018 Rusia dan Piala Dunia 2022 Qatar. Sukses Kroasia tentu tak lepas dari andil para pemain kunci yang mereka miliki.

Itu termasuk lima pemain berikut yang punya peran vital di Piala Dunia 2018 dan 2022. Bahkan, kini mereka berstatus pemain Kroasia dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

1. Luka Modric (19 penampilan)

5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala DuniaLuka Modric (fifa.com)

Luka Modrid pantas disebut legenda hidup sepak bola Kroasia. Modric adalah pemain Kroasia pertama yang meraih Ballon d'Or pada 2018. Prestasi itu tak lepas dari keberhasilan Modric mengapteni Timnas Kroasia ke final Piala Dunia untuk pertama kali pada tahun tersebut.

Meski tak jadi juara, Modric terpilih jadi pemain terbaik Piala Dunia 2018. Selang 4 tahun kemudian, Modric kembali berperan penting bagi Kroasia di Piala Dunia 2022. Ia tampil 7 kali di Qatar dan sukses membawa negaranya meraih medali perunggu.

Secara total, Modric tampil dalam 19 pertandingan di Piala Dunia. Sebelum 2018 dan 2022, ia sudah berlaga di Piala Dunia 2006 Jerman dan Piala Dunia 2014 Brasil. Sudah berusia 37 tahun, kemungkinan besar Modric sudah memainkan laga terakhirnya di Piala Dunia.

2. Ivan Perisic (17 penampilan)

5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala DuniaIvan Perisic (instagram.com/ivanperisic444)

Ivan Perisic juga memegang peranan kunci dalam sukses Kroasia di Piala Dunia 2018 dan 2022. Winger 33 tahun ini mencetak 3 gol dan 1 assist di Piala Dunia 2018. Pada edisi 2022, torehannya berkebalikan, yaitu 1 gol dan 3 assist.

Sebelumnya, Perisic juga sempat tampil di Piala Dunia 2014. Jumlah penampilannya di Piala Dunia pun mencapai 17 laga dengan 6 gol dan 5 assist. Dengan demikian, Perisic juga menjadi pemain Kroasia tertajam di Piala Dunia, sejajar dengan Davor Suker.

Baca Juga: 6 Momen Gol Ivan Perisic di Piala Dunia Bersama Timnas Kroasia

3. Dejan Lovren (16 penampilan)

5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala DuniaDejan Lovren (instagram.com/dejanlovren06)

Di lini belakang, Kroasia sering mengandalkan Dejan Lovren. Mantan bek tengah Liverpool ini menorehkan total 16 penampilan di Piala Dunia. Rinciannya adalah 3 penampilan di Piala Dunia 2014, 7 laga pada edisi 2018, serta 6 kali bermain di Piala Dunia 2022.

Meski berposisi bek, Lovren sempat membuat assist di babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Jepang. Berusia 33 tahun, Lovren masih memiliki kemungkinan tampil lagi di Piala Dunia 2026 jika belum pensiun dari timnas.

4. Mateo Kovacic (15 penampilan)

5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala DuniaMateo Kovacic (fifa.com)

Kerja hebat Luka Modric bagi Timnas Kroasia tentu tak lepas dari andil rekannya di lini tengah. Salah satunya Mateo Kovacic, gelandang yang kini membela Chelsea. Kombinasi Modric dan Kovacic selalu tersaji dalam seluruh pertandingan Kroasia di Piala Dunia 2022.

Kovacic juga tampil di Piala Dunia 2014 dan 2018. Total penampilannya di Piala Dunia pun mencapai 15 laga. Kemungkinan besar Kovacic masih akan tampil di Piala Dunia 2026 karena saat ini baru berusia 28 tahun.

5. Andrej Kramaric (14 penampilan)

5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala DuniaAndrej Kramaric (instagram.com/andrejkramaric)

Satu lagi pemain Kroasia dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia adalah Andrej Kramaric, striker Kroasia yang berusia 31 tahun. Kramaric sempat mencetak dua gol di Piala Dunia 2022, keduanya ke gawang Kanada di fase grup.

Satu gol juga sempat dicetak Kramaric di Piala Dunia 2018. Statistik Kramaric di Piala Dunia sejauh ini pun jadi 3 gol dalam 14 penampilan. Sementara itu, rekornya secara keseluruhan adalah 22 gol dalam 81 caps bersama Timnas Kroasia.

 

Di antara lima pemain di atas, Mateo Kovacic memiliki usia paling muda. Kovacic pun berpeluang terus menambah jumlah penampilan di Piala Dunia. Bisa jadi, suatu saat ia akan menyalip rekor Luka Modric yang telah mendakati masa pensiun.

Baca Juga: 5 Top Skor Hoffenheim Sepanjang Sejarah, Ada Kramaric hingga Firmino!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya