7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie A

Ada yang juara bersama dua klub

Kroasia merupakan negara yang cukup berprestasi di dunia sepak bola. Ada banyak pemain dari sana yang berkarier di liga top Eropa. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang berhasil membawa klubnya juara liga.

Serie A Italia adalah salah satu liga yang sering dijajal para pemain Kroasia. Karena kedekatan geografis, ada puluhan pemain Kroasia yang pernah berkarier di Serie A. Beberapa dari mereka akhirnya sukses meraih scudetto. Contohnya pemain Kroasia yang pernah meraih gelar juara Serie A ini.

1. Zvonimir Boban

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AZvonimir Boban (twitter.com/acmilan)

AC Milan adalah salah satu klub Serie A yang sering dibela pemain asal Kroasia. Beberapa dari mereka sukses memenangi scudetto. Salah satunya Zvonimir Boban, gelandang serang yang berseragam AC Milan pada 1991–2001.

Boban menikmati karier yang sukses bersama AC Milan. Ia bermain lebih dari 250 kali di semua ajang dan mencetak 30 gol. Total sembilan trofi juga berhasil ia raih selama membela Rossoneri. Itu termasuk 4 scudetto dan 1 trofi Liga Champions Eropa.

Selain di level klub, Boban juga sukses bersama timnas. Ia menjadi kapten Timnas Kroasia kala merebut medali perunggu Piala Dunia 1998. Hingga kini, Boban dianggap salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Kroasia.

2. Alen Boksic

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AAlen Boksic (sslazio.it)

Alen Boksic adalah pemain legendaris Kroasia yang sukses di Italia. Boksic pernah memenangi scudetto bersama dua klub berbeda, Juventus dan Lazio.

Ia berkontribusi membawa Juventus menjuarai Serie A 1996/1997. Kemudian, Boksic memenangi scudetto keduanya saat membela Lazio pada 1999/2000.

Secara keseluruhan, Boksic bermain di Serie A selama 7 musim. Statistiknya adalah 137 penampilan di Serie A dengan 34 gol.

3. Igor Tudor

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AIgor Tudor (twitter.com/juventusfc)

Berikutnya, ada Igor Tudor, bek yang memperkuat Juventus pada 1998–2007. Tudor mengangkat dua trofi Serie A bersama Juventus pada 2001/2002 dan 2002/2003. Ia juga sempat membawa Bianconeri ke final Coppa Italia dan Liga Champions meski gagal juara.

Pada 2006/2007, Juventus harus bermain di Serie B karena kasus calciopoli. Tudor adalah salah satu pemain yang memilih bertahan di Juve. Sayangnya, cedera parah memaksanya absen sepanjang musim. Tudor lalu kembali ke negaranya dan menutup karier pada 2008.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

4. Dario Simic

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie ADario Simic (twitter.com/acmilan)

Beberapa pemain Kroasia pernah membela dua klub besar Serie A. Dario Simic adalah satunya. Simic mulai bermain di Serie A pada 1999 bersama Inter Milan. Pemain berposisi bek kanan ini berseragam Inter selama 3 musim, tetapi gagal meraih trofi.

Pada 2002, Simic memutuskan hengkang ke tetangga Inter Milan, AC Milan. Keputusan itu terbukti tepat. Bersama AC Milan, Simic sukses meraih 6 trofi, termasuk 1 scudetto dan 2 Liga Champions.

5. Mario Mandzukic

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AMario Mandzukic (juventus.com)

Mario Mandzukic pernah menjajal Serie A bersama Juventus dan AC Milan. Ia membela Juventus pada 2015–2019. Saat itu, Juve sedang dominan di Serie A. Empat musim yang dihabiskan Mandzukic bersama Bianconeri pun selalu berujung scudetto.

Mandzukic juga sempat membawa Juventus ke final Liga Champions 2016/2017. Ia bahkan mencetak gol di final tersebut, tetapi gagal membawa Juve juara. Mandzukic lalu membela AC Milan selama setengah musim pada 2021 sebelum akhirnya pensiun.

6. Marcelo Brozovic

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AMarcelo Brozovic (inter.it)

Dalam 2 musim terakhir, selalu ada pemain Kroasia yang berhasil meraih scudetto. Pada 2020/2021, Marcelo Brozovic melakukannya bersama Inter Milan. Brozovic punya peran besar dalam kesuksesan Inter. Ia tampil 33 kali di Serie A pada musim tersebut.

Bagi Brozovic, itu adalah trofi pertama yang ia raih sejak bergabung dengan Inter Milan pada 2015. Setelah itu, 1 Coppa Italia dan 2 Piala Super Italia pun menambah koleksi Brozovic. Saat ini, ia masih setia membela Inter Milan, bahkan memiliki kontrak hingga 2026.

7. Ante Rebic

7 Pemain Kroasia yang Pernah Meraih Gelar Juara Serie AAnte Rebic (acmilan.com)

Musim 2021/2022 lalu, giliran Ante Rebic yang mengangkat trofi Serie A Italia. Ia meraihnya bersama AC Milan. Rebic lebih banyak jadi pelapis bagi lini serang AC Milan sepanjang musim lalu. Namun, ia punya kontribusi berupa 2 gol dan 2 assist dalam 24 laga Serie A.

Pada 2022/2023 ini, ketajaman Rebic di Serie A meningkat. Ia sudah mencetak 3 gol dalam 16 penampilan. Sayangnya, hasil yang diraih AC Milan justru menurun. Inkonsistensi membuat Rossoneri tertahan di peringkat keempat Serie A hingga pekan ke-26.

Selain tujuh pemain di atas, masih ada beberapa pemain Kroasia yang pernah menjuarai Serie A Italia. Terbukti jika para pemain Kroasia punya kualitas yang mumpuni. Siapa pemain Kroasia berikutnya yang bakal meraih scudetto?

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Paling Sering Main di Premier League, Ada Modric

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya