6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020

Tiga di antaranya merupakan pemain Inggris

Piala Eropa 2020 sudah hampir berakhir. Selain performa hebat tim-tim peserta yang bisa melaju cukup jauh, penampilan apik para pemain sejauh ini juga menjadi sorotan. Tak hanya para pemain yang mencapai babak final, sejumlah pemain yang sudah tersingkir bersama negaranya pun juga patut dipuji karena tampil bagus.

Beberapa pemain yang sukses tampil gemilang di Piala Eropa 2020 ini adalah pemain Manchester City. Hal itu tak mengherankan karena Manchester City memang terkenal punya banyak pemain top. Inilah 6 pemain Manchester City yang sukses bersinar di Piala Eropa 2020.

1. Raheem Sterling

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020Raheem Sterling (independent.co.uk)

Raheem Sterling menjadi salah satu pemain City yang paling menonjol di Piala Eropa 2020. Ia sukses mencetak 3 gol hingga babak semifinal dan bahkan sempat 2 kali menjadi pencetak satu-satunya gol kemenangan Inggris. Di babak semifinal melawan Denmark, ia juga punya peran besar dalam dua gol Inggris, termasuk aksi 'licik' yang mengawali gol kedua.

Performa Sterling tersebut sebenarnya agak mengejutkan, terutama soal ketajamannya. Pasalnya, musim lalu performa Sterling sempat menurun dibanding musim sebelumnya meski berhasil membawa City meraih 2 gelar. Namun, Sterling berhasil menemukan kembali performa terbaiknya pada waktu yang sangat tepat.

2. John Stones

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020John Stones (mirror.co.uk)

Keberhasilan Inggris melaju ke babak final Piala Eropa 2020 diwarnai sebuah catatan mengejutkan. The Three Lions baru sekali kebobolan dalam 6 partai hingga babak semifinal. Padahal, selama ini Inggris tidak terkenal sebagai tim yang punya pertahanan rapat. Salah satu aktor di balik catatan hebat tersebut adalah bek Manchester City, John Stones.

Duet Stones bersama Harry Maguire di jantung pertahanan Inggris benar-benar membuat lawan kesulitan mencetak gol. Bahkan, Stones sudah tampil dalam dua laga awal Inggris saat Maguire belum bisa tampil. Inggris kini sudah dipastikan menjadi tim dengan clean sheet terbanyak di Piala Eropa 2020 dan Stones punya andil besar di dalamnya.

3. Kyle Walker

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020Kyle Walker (breakingnews.ie)

Sementara itu, pemain yang hampir selalu dipasang di pos bek kanan Inggris di Piala Eropa 2020 adalah Kyle Walker. Bek kanan Manchester City itu hanya sekali absen di laga melawan Skotlandia di fase grup. Selebihnya, ia tampil full dan menjadi salah satu benteng kokoh yang membuat Inggris baru kebobolan satu gol.

Di laga melawan Jerman, Walker juga sempat dipasang sebagai bek tengah dalam formasi tiga bek. Fleksibilitas itu sangat berharga bagi Inggris karena membuat pelatih Gareth Southgate bisa bebas menentukan formasi yang paling cocok. Di laga final nanti, kemungkinan besar Walker masih akan menjadi andalan Inggris untuk menahan serangan Italia.

Baca Juga: 5 Bek Kanan dengan Harga Tertinggi di Dunia Saat Ini, Ada Kyle Walker

4. Ferran Torres

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020Ferran Torres (manchestereveningnews.co.uk)

Selain tiga pemain Inggris, penggawa Manchester City di Timnas Spanyol, Ferran Torres, juga berhasil menunjukkan sinarnya. Torres turun dalam seluruh laga yang dimainkan Spanyol hingga semifinal meski tak selalu tampil full. Ia juga sukses menyumbang 2 gol dan 1 assist saat melawan Slovakia dan Kroasia.

Meski akhirnya Spanyol tersingkir di semifinal, Torres tetap bisa berbangga karena penampilan apiknya. Statistiknya bersama timnas sejauh ini pun sangat mengilap, yaitu 17 caps dengan sumbangan 8 gol dan 1 assist. Untuk ukuran pemain yang baru berusia 21 tahun, catatan itu sangat luar biasa.

5. Oleksandr Zinchenko

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020Oleksandr Zinchenko (supersport.com)

Oleksandr Zinchenko juga adalah pemain Manchester City yang tampil cukup apik di Piala Eropa 2020. Membela negara yang tak terlalu diunggulkan, Ukraina, Zinchenko turut membawa timnya lolos ke perempat final untuk pertama kalinya. Performa hebat Zinchenko terutama terlihat di perempat final melawan Swedia.

Di laga tersebut, Zinchenko mencetak 1 gol dan 1 assist yang membuat Ukraina menang 2-1 dan ia dinobatkan sebagai Star of the Match di akhir pertandingan. Performa bagus Zinchenko pun berimbas pada perbaikan hasil yang diraih Ukraina dibanding Piala Eropa 2016 saat mereka tersingkir di fase grup setelah 3 kali kalah.

6. Kevin De Bruyne

6 Pemain Manchester City yang Sukses Bersinar di Piala Eropa 2020Kevin De Bruyne (90min.com)

Terakhir, ada Kevin De Bruyne, gelandang Manchester City asal Belgia yang kerap disebut-sebut sebagai gelandang terbaik dunia saat ini. De Bruyne banyak diramalkan akan bersinar di Piala Eropa 2020 dan itu terbukti. Meski sempat tak bisa bermain di laga pertama grup karena cedera, ia langsung menunjukkan sinarnya ketika bisa tampil.

De Bruyne tampil 4 kali hingga Belgia tersisih di perempat final dan 2 kali tampil full. Namun, ia sukses membuat 1 gol dan 2 assist sepanjang turnamen. Sayang sekali ia tak bisa membawa timnya mengalahkan Italia di perempat final sehingga tim generasi emas Belgia pun lagi-lagi harus mengubur mimpi menjadi juara.

 

Itulah 6 pemain Manchester City yang sukses bersinar di Piala Eropa 2020. Menurutmu, siapa di antara mereka yang penampilannya paling menonjol?

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola Ini Mengakui Kehebatan Kevin De Bruyne

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya