5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig Turki

Fred menyusul jadi nama terbaru

Manchester United melepas cukup banyak pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Terbaru, Setan Merah melego Fred ke klub Super Lig Turki, Fenerbahce. Disinyalir, langkah tersebut diambil Manchester United demi memuluskan perekrutan gelandang asal Maroko, Sofyan Amrabat.

Fred pun menjadi pemain terbaru yang hijrah dari Manchester United ke Turki. Ia tentu bukan yang pertama karena langkah serupa pernah diambil beberapa pemain sebelumnya oleh kelima pemain terakhir yang meninggalkan Manchester United dan merapat ke klub Super Lig Turki berikut ini.

1. Kleberson pindah ke Besiktas setelah flop di Inggris

5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig TurkiKleberson (manutd.com)

Pertama, ada Jose Kleberson, gelandang Brasil yang turut membawa negaranya juara Piala Dunia 2002. Aksi apik Kleberson di turnamen tersebut membuatnya jadi incaran banyak klub. Akhirnya, Manchester United yang beruntung bisa memboyongnya pada musim panas 2003.

Sayangnya, Kleberson terbilang flop di Manchester United. Cedera menjadi salah satu faktor utama kegagalannya di Inggris. Kleberson hanya bertahan hingga 2005 di Manchester United. Ia dilepas ke Besiktas dengan mahar lebih rendah dibanding harga pembeliannya oleh MU.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain AC Milan yang Bermain di Super Lig 2022/2023

2. Luis Nani tampil apik di Turki bersama Fenerbahce

5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig TurkiLuis Nani (instagram.com/luisnani)

Pada musim panas 2015, Manchester United melepas dua pemain sekaligus ke Super Lig Turki. Salah satunya Luis Nani yang dijual ke Fenerbahce dengan harga 6 juta euro atau Rp100 miliar. Winger asal Portugal itu pun menyudahi kariernya di Manchester United yang membentang selama 8 tahun.

Bersama Manchester United, Nani meraih banyak sukses. Ia melakoni 230 laga dan mengangkat 12 trofi. Penampilan Nani bareng Fenerbahce pun moncer. Ia mencetak 12 gol dan 13 assist dalam 47 laga. Hal itu membuat Nani langsung digaet oleh Valencia hanya setelah 1 musim di Turki.

3. Robin van Persie tajam di Manchester United dan Fenerbahce

5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig TurkiRobin van Persie (twitter.com/ManUtd)

Robin van Persie juga dilepas Manchester United ke Fenerbahce pada musim panas 2015. Berbeda dengan Nani, Van Persie hijrah setelah hanya 3 musim bermukim di Old Trafford. Namun, 3 musim itu sudah cukup membuat Van Persie jadi idola fans Setan Merah.

Van Persie berperan besar membawa Manchester United juara English Premier League (EPL) 2012/2013. Ia bahkan merebut gelar top skor EPL musim tersebut. Ketajaman Van Persie selama 3 musim akhirnya berbuah total 58 gol dalam 105 penampilan bagi Manchester United.

Bersama Fenerbahce, Van Persie juga tampil tajam. Ia mencetak 36 gol dalam 87 penampilan selama 2 musim. Sayangnya, Van Persie gagal meraih trofi bareng Fenerbahce meski sempat membawa mereka ke final Piala Turki 2015/2016.

4. Juan Mata juara Super Lig bersama Galatasaray

5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig TurkiJuan Mata mengangkat trofi Super Lig Turki 2022/2023. (instagram.com/juanmatagarcia)

Berikutnya, ada Juan Mata, gelandang Spanyol yang memperkuat Manchester United pada 2014–2022. Mata sempat menjadi andalan di lini tengah Manchester United. Namun, keterlibatannya belakangan berkurang karena faktor usia dan kehadiran Bruno Fernandes.

Mata pun dilepas Setan Merah secara gratis pada 2022 ke Galatasaray. Ia melakoni 18 penampilan sepanjang 2022/2023, lalu hengkang karena kontraknya tak diperpanjang. Meski singkat, Mata sempat mengangkat trofi Super Lig Turki 2022/2023 bareng Galatasaray.

5. Fred dilepas setelah mulai tersisih di lini tengah Manchester United

5 Pemain Manchester United Terakhir yang Pindah ke Super Lig TurkiFred (instagram.com/fred08oficial)

Fred adalah nama terbaru yang meninggalkan Manchester United untuk merapat ke Super Lig. Gelandang Brasil itu bergabung dengan Fenerbahce, klub yang pernah dibela Nani dan Van Persie. Nilai transfer Fred terbilang murah, yaitu 9,74 juta euro atau Rp163 miliar.

Fred dilepas karena sudah mulai tersisih dari lini tengah Manchester United. Ia memang masih banyak tampil musim 2022/2023 lalu, tetapi sebagian besar sebagai pemain pengganti. Secara total, Fred bermain 213 kali bareng Manchester United dan memenangi satu trofi Piala Liga.

Fred menyusul empat pemain lain yang lebih dulu hengkang dari Manchester United ke klub Super Lig Turki. Sebagian besar dari mereka terbilang cukup sukses setelah pindah. Apakah Fred juga bakal menikmati hal serupa?

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Eropa yang Jadi Pelatih di Super Lig 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya